A. Pendahuluan/Abstrak
Pendidikan karakter yang mencakup pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik
guna membangun karakter pribadi yang unik, baik sebagai warga negara Indonesia,
pengajaran bermutu dengan cara membuat peserta didik terlibat secara penuh dalam
pembelajaran di kelas, maka siswa akan berhasil mencapai tujuan pembelajaran secara
optimal, menekankan rasa toleran dengan cara menanamkan hubungan antar sesama manusia
yang berbeda ras, suku, agama agar nantinya dapat bersosialisasi dengan masyarakat yang lain
dengan baik, dan menghargai perbedaan dengan cara melalui pendidikan multikultural dan
pemahaman, akan menumbuhkan rasa kesadaran tentang pentingnya menghargai, mengakui,
dan menerima keberagaman yang ada. Di tingkat SMA & Kejuruan diselenggarakan program
pendidikan yang beragam dan seimbang secara akademis demi mempersiapkan siswa usia 16
hingga 19 tahun untuk sukses memasuki jenjang pendidikan lanjutan di tingkat universitas
ternama dan kehidupan di masyarakat.
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) rencana pengeluaran dan penerimaan negara tahun mendatang yang dihubungkan dengan rencana dan proyek jangka panjang. APBN adalah pengelolaan keuangan negara setiap tahun yang ditetapkan dengan undangundang. APBN dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab serta ditujukan untuk
sebesar-besar kemakmuran rakyat. APBN mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan,
pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi. Periode APBN meliputi 1 tahun kalender yang
dimulai 1 Januari dan berakhir 31 Desember. APBN mempunyai tujuan untuk mengatur
pendapatan dan pengeluaran negara, agar peningkatan produksi dan kesampatan kerja serta
peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat tercapai sehingga kesejahteraan masyarakat dapat
terwujudkan.
APBN adalah berfungsi sebagai otorisasi. Artinya anggaran negara menjadi dasar untuk
melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan. Selanjutnya fungsi
APBN adalah sebagai perencanaan. Maksudnya anggaran negara menjadi pedoman bagi
manajemen dalam merencanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan. Kemudian fungsi
APBN adalah pengawasan, yang berarti anggaran negara menjadi pedoman untuk menilai
apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetapkan. Lalu fungsi alokasi yaitu anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi
pengangguran dan pemborosan sumberdaya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas
perekonomian; Berikutnya fungsi distribusi yaitu bahwa kebijakan anggaran negara harus
memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan. Terakhir fungsi APBN adalah sebagai stabilisasi,
yakni anggaran pemerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan
fundamental perekonomian.
Pajak merupakan penerimaan negara yang memegang posisi strategi. Untuk APBN tahun
2022, penerimaan pajak ditargetkan Rp 1.506,9 triliun dari total pendapatan negara sebesar Rp
1.840,7 triliun atau sebsar 81,87% (www.kemenkeu.go.id). Ini adalah sebuah pekerjaan besar bagi Kementrian Keuangan untuk mencapai target yang telah ditetapkan, Kesadaran
membayar pajak sebagai salah satu kewajiban warga negara yang baik harus ditanamkan sejak
dini. Kesadaran ini akan bertumbuh dengan baik saat warga negara ini suatu saat menjadi
Wajib Pajak. Siswa-siswi SMA merupakan bagian masyarakat yang tidak lama lagi akan
menjadi Wajib Pajak karena akan mempunyai penghasilan, baik penghasilan dari pekerjaan,
usaha maupun dari modal.
B. Pembahasaan
Sebagai mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat dengan sosialisasi
bimbingan belajar kepada siswa-siswi di smk yang kesulitan belajar di sekolah karena
kendala iptek, penting untuk melakukan tinjauan pustaka untuk mendapatkan
pemahaman yang mendalam tentang isu ini. Tinjauan pustaka akan membantu
memperoleh informasi yang relevan, memahami penelitian terkait, dan menemukan
pendekatan yang efektif untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini.
Kesenjangan pendidikan dan akses terbatas: Tinjau literatur tentang kesenjangan
pendidikan yang dihadapi oleh siswa - siswi di smk, terutama yang disebabkan oleh
keterbatasan akses teknologi . Teliti studi atau laporan yang mengungkapkan dampak
kendala teknologi terhadap partisipasi dan prestasi siswa- siswi di sekolah.
Manfaat bimbingan belajar: Tinjau penelitian yang menyoroti manfaat bimbingan belajar
bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan belajar ilmu pajak . Amati bagaimana
bimbingan belajar dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan belajar, motivasi, dan
prestasi akademik mereka. Fokus pada penelitian yang melibatkan siswa -- siswi dengan
latar belakang ekonomi rendah.
Model sosialisasi bimbingan belajar: Teliti pendekatan dan model bimbingan belajar
yang telah digunakan dalam kegiatan serupa. Perhatikan bagaimana sosialisasi
bimbingan belajar telah berhasil diimplementasikan, termasuk metode pengajaran,
pengaturan kegiatan, dan dukungan yang diberikan kepada siswa-siswi.
Faktor sosial dan emosional: Tinjau penelitian yang mengidentifikasi faktor sosial dan
emosional yang mempengaruhi siswa-siswi di smk yang kesulitan belajar. Pahami
tantangan psikososial yang mereka hadapi, seperti rendahnya motivasi, perasaan rendah
diri, atau kurangnya dukungan emosional. Tinjau pula pendekatan yang telah dilakukan
untuk mengatasi faktor-faktor ini dalam kegiatan sosialisasi bimbingan belajar. Dengan
adanya kami sebagai Mahasiswa Universitas Pamulang yang peka terhadap perkembangan
siswa, disini kami melakukan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM)
mengenai sosialisasi bimbingan belajar kepada siswa-siswi di smk yang kesulitan belajar
di sekolah karena kendala teknologi, diharapkan agar tertaman budaya hemat untuk masa
depan yang lebih bermanfaat. PMKM kali ini memberikan kreatifitas baru bagaimana cara
belajar yang lebih efisien serta menarik agar siswa-siswi dapat pendidikan yang lebih baik.
Dan Pengabdian kepada Masyarakat (PMKM) dilaksanakan demi kebaikan siswa-siswi
disekitar kita agar lebih memilih kegiatan yang positif, dan mau melakukan kegiatan
sehingga bermanfaat bagi kehidupan mereka
C. Metode Pelaksanaan
1. Metode Pelaksanaan
a. Solusi pemecahan masalah
Untuk menanamkan semangat belajar, kami para mahasiswa memberikan penyuluhan serta
sosialisasi dalam bentuk pemaparan materi mengenai pentingnya pendidikan ilmu pajak.
b. Objek atau sasaran
Sasaran pkm yang diselenggarakan adalah siswa-siswi sekolah menengah kejuruan
dimana jika di lihat dari lingkungan sosial, objek ini kurangnya pengetahuan ilmu pajak .
c. Tempat
 PMKM diselenggarakan pada:
 Nama Tempat
: smk dwi putra
 Waktu
: jumat, 24 november 2023
 Alamat
: Jl. Aria putra bukit nusa indah, Serua., Kec.ciputat, Kota Tangerang
Selatan, Banten
d. Metode kegiatan:
1) Wawancara dengan objek sasaran PKM yaitu siswa-siswi smk dwi putra
mengenai kegiatan keseharian mereka. Hal ini membantu dalam identifikasi
seberapa besar presentase kesadaran penting nya pendidikan ilmu pajak dan
seberapa besar dampak positif dari lingkuangan sosial.
2) Melakukan sosialisasi mengenai pentingnya ilmu pajak dengan memberikan
materi presentasi serta memberikan contoh yang baik dan benar mengenai tips
belajar.
D. Hasil Yang di Capai
HASIL YANG DICAPAI
1. Hasil dan pembahasan
Sebelum kegiatan dilaksanakan maka dilakukan persiapan sebagai berikut :
* Menentukan lokasi pengabdian masyarakat
* Menentukan waktu pelaksanaan
* Menentukan persiapan materi melalui studi pustaka tentang apa yang akan disampaikan
Pelaksanaan program kegiatan berlangsung pada:
 Hari, Tanggal
: Jumat, 26 November 2023
Tempat
: SMK Dwi Putra.
Program tersebut dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam, mulai dari jam 13.00
sampai 16.00. Program kegiatan berlangsung dengan melakukan penyampaian materi
serta diselingi dengan beberapa games edukasi.
Berdasarkan dari penjelasan materi mengenai "Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat
Dengan Memberikan Bimbingan Belajar Bagi Siswa-Siswi Smk Dwi Putra Yang Akan
Susah Belajar Di Sekolah Dikarenakan Keterbatasan Teknologi", ada beberapa hal yang
kita sampaikan dalam pengabdian masyarakat ini, dari mulai memberi pengetahuan
tentang pendidikan ilmu pajak, alasan mengapa harus memiliki pendidikan yang baik,
manfaat belajar, serta kami memberi motivasi belajar dengan tujuan meng-edukasi siswasiswi sehingga kelak menjadi siswa yang hemat dan pintar dalam kehidupan social
bermasyrakat. Dan disini kami tidak lupa pula memberi tahu tentang dampak negatif tidak
belajar, sehingga yang kami harapkan siswa-siswi tidak melakukan hal tersebut dan
menjalani kehidupan yang layak dan bermanfaat.
kegiatan ini memberikan hasil sebagai berikut :
* siswa-siswa sudah memahami cara belajar yg efektif.
* siswa-siswi termotivasi untuk belajar guna mempersiapkan untuk masa depan.
* Menambah wawasan siswa-siswi tentang tema tersebut.
* siswa-siswi lebih berani untuk ekspor pemikiran dan wawasan mereka dan memberanikan
diri dalam melakukan segala hal
* siswa-siswi memahami pentingnya belajar dan memanfaatkan pendidikan dengan baik,
E. Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
Pemanfaatan ilmu Pajak kepada para siswa SMK Dwi Putra sudah terselenggara dengan baik dan lancar. Para siswa secara aktif mengikuti kegiatan ini dan dapat mejawab pertanyaan yang diajukan, sesuai dengan materi yang diberikan sebelumnya. Kesinambungan PKM seperti ini sangat dibutuhkan guna mempersiapkan para siswa. Diharapkan para siswa dapat selalu mengikuti perkembangan perpajakan. Topik yang terkait dengan perpajakan dapat dijadikan topik PKM selanjutnya.Para siswa sangat membutuhkan kegiatan semacam ini untuk menambah pegetahuan dan wawasan pengetahuan umum.
2. Saran
Saat pelaksanaan PMKM ini, tidak ada hambatan yang terlalu berarti. Hampir seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Kehadiran kami datang ke smk dwi putra disambut dengan sangat baik dan juga perilaku siswa-siswi yang tentram dan bersemangat.
Hambatan kecil yang mengganggu kami yaitu keterbatasan waktu dan juga kurangnya komunikasi sehingga terjadi miskomunikasi pada saat pelaksanaan PMKM ini. Secara kuantitas kegiatan, dapat diperluas dengan mengajak siswa- siswi mendengar pembawaan materi kami. Dengan demikian, akan semakin banyak siswa- siswi yang terbangun keinginan untuk mulai belajar dan membiasakan hal itu.
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H