A.Definisi Perkembangan Kognitif
- perkembanganmanusiadapatdidefinisikansebagaisuatuyang merujukpadaperubahan-perubahantertentuyang terjadidalamsepanjangsikluskehidupanmanusiasejakmasakonsepsi,sampaimatitidakdapatberulang,tidakdapatdiputarkembali.
B.Teori Perkembangan Kognitif
1.Lev Vygotsky
- Vygotsky(2012) Teoriiniadalahteoriyang sesuaidenganmodel pembelajarankooperatif,yang terjadiinterkasisocial antarapesertadidikdenganpesertadidikdanpesertadidikdanpendidik.
- Vygotskyyakinpembelajaranterjadisaatanakmengerjakantugas-tugas““zoneof proximal development”.
2. Teori Gestalt
TeoribelajarGestalt berlakuuntuksemuaaspekpembelajaranmanusia,sepertiyang diuraikanAkhmadSudrajat(2012) sebagaiberikut:
- Pengalaman tilikan (insight)
- Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning)
- Perilaku bertujuan (purposive behavior)
- Prinsipruang hidup (life space)
- Transfer dalam Belajar
3. Jean Piaget
- (JeanPiaget 2016) Pengalamanadalahfactor pentingyang mendasariproses berfikiranak.Pengalamanyang hanyamelibatkanmataberbedadenganpengalamanyang melibatkanseluruhinderadanakanlama jugaotakakanmenyimpandanakanlebihlama danmembekasdalamhati.
(Piaget 2012) setiap individu mengalami tingkatan-tingkatan perkembangan intelektual sebagai berikut:
1.Tingkat sensorimotor (lahirsampai2 tahun)
2.Tahappraoporasional(2-7 tahun)
3.Tahapkonkrit(7-11 tahun)
4.Tahapoperasiformal (11 tahunkeatas)
4. Teori jerome S.bruner
- Tahapinformasi(tahappenerimaanmateri)
- Tahaptransformasi( tahappengubahanmateri)
- Tahapevaluasi
C. Proses kognitif pada anak usia dini
Anakdilahirkandengankecenderunganberadaptasidanberorganisasi.Komponenadaptasiadadua
1.Asimilasiyaitukecenderunganorganismeuntukmengubahlingkungangunamenyesuaikandengandirinya
2.Akomodasiyaitukecenderunganorganismeuntukmerubahdirinyasendiriuntukmerubahdirinyasendirigunamenyesuaikandiridengankelilingnya.
D.Hal-hal yangpenting di Perkembangan Kognitif
(Sugihartono,dkk2007) proses pembelajaranyang menekankanbeberapatujuanpembelajarandanpendidikan.
- Memilikikemampuanberfikirdalammenyelesaikanmasalah.
- Berfikirkonstruksidalambelajar.
- Kurikulumyang dirancanguntukmenghasilkansiswayang dapataktifdalamproses pembelajaran.
- Gurusebagaiperancangproses pembelajarananak.
E.Penerapan teori kognitf dalam pembelajaran
- Siswa bukan sebagai orang dewasa yang mudah dalam proses pembelajaranya. Anak usia prasekolah dan awal sekolah dasar belajar menggunakan benda-benda konkrit
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H