Mohon tunggu...
Inovasi

Perkembangan Kognitif AUD 3-6 tahun

24 November 2016   07:47 Diperbarui: 24 November 2016   10:06 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A.Definisi Perkembangan Kognitif

- perkembanganmanusiadapatdidefinisikansebagaisuatuyang merujukpadaperubahan-perubahantertentuyang terjadidalamsepanjangsikluskehidupanmanusiasejakmasakonsepsi,sampaimatitidakdapatberulang,tidakdapatdiputarkembali.

B.Teori Perkembangan Kognitif

1.Lev Vygotsky

- Vygotsky(2012) Teoriiniadalahteoriyang sesuaidenganmodel pembelajarankooperatif,yang terjadiinterkasisocial antarapesertadidikdenganpesertadidikdanpesertadidikdanpendidik.

- Vygotskyyakinpembelajaranterjadisaatanakmengerjakantugas-tugas““zoneof proximal development”. 

2. Teori Gestalt 

TeoribelajarGestalt berlakuuntuksemuaaspekpembelajaranmanusia,sepertiyang diuraikanAkhmadSudrajat(2012) sebagaiberikut:

- Pengalaman tilikan (insight)

- Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning)

- Perilaku bertujuan (purposive behavior)

- Prinsipruang hidup (life space)

- Transfer dalam Belajar

3. Jean Piaget

- (JeanPiaget 2016) Pengalamanadalahfactor pentingyang mendasariproses berfikiranak.Pengalamanyang hanyamelibatkanmataberbedadenganpengalamanyang melibatkanseluruhinderadanakanlama jugaotakakanmenyimpandanakanlebihlama danmembekasdalamhati.

(Piaget 2012) setiap individu mengalami tingkatan-tingkatan perkembangan intelektual sebagai berikut:
1.Tingkat sensorimotor (lahirsampai2 tahun)
2.Tahappraoporasional(2-7 tahun)
3.Tahapkonkrit(7-11 tahun)
4.Tahapoperasiformal (11 tahunkeatas)

4. Teori jerome S.bruner 

- Tahapinformasi(tahappenerimaanmateri)
- Tahaptransformasi( tahappengubahanmateri)
- Tahapevaluasi

C. Proses kognitif pada anak usia dini

Anakdilahirkandengankecenderunganberadaptasidanberorganisasi.Komponenadaptasiadadua

1.Asimilasiyaitukecenderunganorganismeuntukmengubahlingkungangunamenyesuaikandengandirinya

2.Akomodasiyaitukecenderunganorganismeuntukmerubahdirinyasendiriuntukmerubahdirinyasendirigunamenyesuaikandiridengankelilingnya. 

D.Hal-hal yangpenting di Perkembangan Kognitif

(Sugihartono,dkk2007) proses pembelajaranyang menekankanbeberapatujuanpembelajarandanpendidikan.

- Memilikikemampuanberfikirdalammenyelesaikanmasalah.

- Berfikirkonstruksidalambelajar.

- Kurikulumyang dirancanguntukmenghasilkansiswayang dapataktifdalamproses pembelajaran.

- Gurusebagaiperancangproses pembelajarananak.

E.Penerapan teori kognitf dalam pembelajaran

- Siswa bukan sebagai orang dewasa yang mudah dalam proses pembelajaranya. Anak usia prasekolah dan awal sekolah dasar belajar menggunakan benda-benda konkrit

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun