Mohon tunggu...
Aisyah Rahma
Aisyah Rahma Mohon Tunggu... Bankir - Mahasiswa

I really like watching movies or dramas, reading books, especially fiction novels and self-development books, which broaden my horizons. Other than that, I also like to cook. These hobbies make my life more balanced and always give me a new spirit.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Komunikasi Bisnis?

5 November 2024   11:10 Diperbarui: 13 November 2024   17:03 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi Bisnis : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran gagasan, pendapat  informasi antara individu, kelompok, atau organisasi yang dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti menyampaikan pesan, memecahkan masalah, atau mengambil keputusan, komunikasi ini dapat terjadi secara lisan, tertulis, maupun non-verbal, melalui berbagai media, baik itu email, rapat, laporan, ataupun presentasi.

Jenis-Jenis komunikasi bisnis 

1. Komunikasi Internal

Komunikasi internal merupakan interaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Sehingga, komunikasi ini hanya melibatkan anggota internal dari perusahaan tersebut, seperti bertukar gagasan secara langsung, atau juga telepon dan email.

2. Komunikasi Eksternal

Berbeda dengan sebelumnya, komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang terjadi dengan pihak luar, seperti bersama mitra, pelanggan, vendor, dan lain-lain. Namun, tidak seperti dalam tingkat internal, komunikasi eksternal cendrung bersifat lebih kompleks serta kurang teratur.

3. Komunikasi Vertikal

Jika komunikasi internal tidak memperhatikan tingkatan, maka kontak yang dilakukan vertikal ialah sebaliknya. Dalam hal ini, komunikasi dalam perusahaan terjadi secara timbal balik antar tingkatan saja. Misalnya, komunikasi antara direksi tanpa mengikutsertakan bawahan.

4. Komunikasi Horizontal

Salah satu jenis komunikasi dalam bisnis adalah tipe horizontal yang dilakukan antara satu tingkatan atau jabatan. Biasanya, jenis ini cendrung bersifat non-formal dan lebih santai dibandingkan komunikasi vertikal.

Tujuan Komunikasi Bisnis

1.Memberikan Informasi

Tujuan komunikasi bisnis secara umun adalah memberi informasi yang berkaitan dengan bisnis kepada pihak lain, biasanya tujuan ini dilakukan saat partisipasi audiensi rendah dan pengendalian komunikatornya tinggi.

2. Mempersuasi (melakukan persuasi)

Komunikasi bisnis ditunjukan mempersuasi pihak lain agar pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan baik dan benar. Persuasi adalah komunikasi yang berguna untuk mempengaruhi serta menyakinkan orang lain. Persuasi dilakukan dengan menyampaikan informasi saat kedua belah pihak telah memahami dan sepakat untuk melakukan hal yang penting.

3. Melakukan Kolaborasi

Tujuan komunikasi bisnis secara umum adalah melakukan kolaborasi atau kerja sama bisnis. Kolaborasi terjadi ketika partisipasi audiensi tinggi serta pengendalian komunikator rendah.

Manfaat komunikasi bisnis

1. Pemahaman yang lebih baik

Komunikasi yang jelas dan terbuka membantu pihak-pihak terkait untuk memehami tujuan, kebijakan, dan prosedur perusahaan dengan lebih baik.

2. Peningkatan produktivitas

Karyawan yang menerima arahan dan umpan baik yang jelas cendrung lebih produktif karena meraka tau apa yang diharapkan oleh mereka.

3. Pengambilan keputusan yang lebih baik

Informasi yang tepat waktu dan akurat memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

4. Kepercayaan pelanggan

Komunikasi yang baik dengan pelanggan menciptakan kepercayaan, yang merupakan faktor kunci dalam mempertahankan pelanggan dan menciptakan loyalitas.

5. Kemitraan yang kuat

Dalam bisnis, hubungan kemitraan yang kuat degan pemasok dan mitra bisnis lainnya sangat penting. Komunikasi yang efektif mendukung pembentukan dan pemeliharaan hubungan ini.

6. Reputasi yang baik

Perusahaan yang memiliki komunikasi yang transparan dan positif cendrung memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan dan masyrakat umum.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun