Komunikasi Bisnis : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran gagasan, pendapat  informasi antara individu, kelompok, atau organisasi yang dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti menyampaikan pesan, memecahkan masalah, atau mengambil keputusan, komunikasi ini dapat terjadi secara lisan, tertulis, maupun non-verbal, melalui berbagai media, baik itu email, rapat, laporan, ataupun presentasi.
Jenis-Jenis komunikasi bisnisÂ
1. Komunikasi Internal
Komunikasi internal merupakan interaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Sehingga, komunikasi ini hanya melibatkan anggota internal dari perusahaan tersebut, seperti bertukar gagasan secara langsung, atau juga telepon dan email.
2. Komunikasi Eksternal
Berbeda dengan sebelumnya, komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang terjadi dengan pihak luar, seperti bersama mitra, pelanggan, vendor, dan lain-lain. Namun, tidak seperti dalam tingkat internal, komunikasi eksternal cendrung bersifat lebih kompleks serta kurang teratur.
3. Komunikasi Vertikal
Jika komunikasi internal tidak memperhatikan tingkatan, maka kontak yang dilakukan vertikal ialah sebaliknya. Dalam hal ini, komunikasi dalam perusahaan terjadi secara timbal balik antar tingkatan saja. Misalnya, komunikasi antara direksi tanpa mengikutsertakan bawahan.
4. Komunikasi Horizontal
Salah satu jenis komunikasi dalam bisnis adalah tipe horizontal yang dilakukan antara satu tingkatan atau jabatan. Biasanya, jenis ini cendrung bersifat non-formal dan lebih santai dibandingkan komunikasi vertikal.
Tujuan Komunikasi Bisnis
1.Memberikan Informasi
Tujuan komunikasi bisnis secara umun adalah memberi informasi yang berkaitan dengan bisnis kepada pihak lain, biasanya tujuan ini dilakukan saat partisipasi audiensi rendah dan pengendalian komunikatornya tinggi.
2. Mempersuasi (melakukan persuasi)
Komunikasi bisnis ditunjukan mempersuasi pihak lain agar pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan baik dan benar. Persuasi adalah komunikasi yang berguna untuk mempengaruhi serta menyakinkan orang lain. Persuasi dilakukan dengan menyampaikan informasi saat kedua belah pihak telah memahami dan sepakat untuk melakukan hal yang penting.
3. Melakukan Kolaborasi
Tujuan komunikasi bisnis secara umum adalah melakukan kolaborasi atau kerja sama bisnis. Kolaborasi terjadi ketika partisipasi audiensi tinggi serta pengendalian komunikator rendah.
Manfaat komunikasi bisnis
1. Pemahaman yang lebih baik
Komunikasi yang jelas dan terbuka membantu pihak-pihak terkait untuk memehami tujuan, kebijakan, dan prosedur perusahaan dengan lebih baik.
2. Peningkatan produktivitas
Karyawan yang menerima arahan dan umpan baik yang jelas cendrung lebih produktif karena meraka tau apa yang diharapkan oleh mereka.
3. Pengambilan keputusan yang lebih baik
Informasi yang tepat waktu dan akurat memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.
4. Kepercayaan pelanggan
Komunikasi yang baik dengan pelanggan menciptakan kepercayaan, yang merupakan faktor kunci dalam mempertahankan pelanggan dan menciptakan loyalitas.
5. Kemitraan yang kuat
Dalam bisnis, hubungan kemitraan yang kuat degan pemasok dan mitra bisnis lainnya sangat penting. Komunikasi yang efektif mendukung pembentukan dan pemeliharaan hubungan ini.
6. Reputasi yang baik
Perusahaan yang memiliki komunikasi yang transparan dan positif cendrung memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan dan masyrakat umum.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H