Film Di Ambang kematian terinspirasi dari kisah nyata yang dibagikan dalam utas viral di Twitter dengan judul yang sama yaitu "Di Ambang Kematian ".
Utas tersebut berasal dari @jeropoin dan di jadikan sebuah film yang di produksi oleh MVP pictures dan di sutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis lalu naskah filmnya ditulis oleh Erwanto Alpha Dullah.
Filem Di Ambang Kematian bercerita tentang Nadia (Taskya Namya) yang di ambang kematian setelah mengetahui banhwa ayahnya melakukan pesugihan yang menuntut nyawa manusia sampai pada hari di mana dia menyaksikan sang ibu meninggal secara tragis,demi mencegah kematian berikutnya Nabila,kakanya Yoga(Wafdan )dan sang ayah menmpuh ritual-ritual khusus ,namu iblis di balik pesugihan itu tetap terus mengintai  membuat Nabila dan keluarganya hidup di ambang kematian.
Sigmund FreudÂ
Sigmund Freud adalah seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran psikoanalisasi dalam bidang ilmu psikologi.
Menurut Freud kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran,yaitu sadar(preconscious),dan tak sadar (unconsious).Konsep dari teori Ferud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagai besar perilaku.Selain itu ,dia juga memberikan pernyataaan bahwa perilaku manusia di sadari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalny di lakukan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya.
Di antaranya ada :Â
Alam bawah sadarÂ
Freud berpendapat bahwa alam bawah sadar mengendalikan sebagian prilaku manusia.
Struktur KeperibadianÂ
Freud menyimpulkan bahwa keperibadian manusia terdiri dari tiga kompenen yaituÂ
- Id adalah komponen kepribadian yang primitif dan naluriah.Â
- Ego adalah komponen kepribadian yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan sadar.
- Superego dalah bagian dari jiwa manusia yang berfungsi sebagai kekuatan moral dan etik, serta mengatur bagaimana ego beroperasi.
Interaksi dan konflik antara tiga kompenen ini membentuk keperibadian seseorng.
Makanisme pertahananÂ
Freud mengidentifikasi beberapa makanisme pertahanan ego seperti represi ,sublimasi,proyeksi,displacment,rasionalisasi,dan membentuk reaksi.
Tahap perkembangan psikoseksual
Freud mengidentifikasi bebrapa tahap perkembangan pesikoseksual,yaituoral,anal,falik,laten,dan genital.
Mimpi
Freud menggunakan mimpi sebagai materi untuk mengupas memori pasien pada maslalu.
Pengaruh pengalaman awal
Freud menekankan bahwa pengalaman awal dapat memengaruhi perkembangan keperibadian dam kesehatan mentalseperti Id,Ego.Superego.Â
Sigmund Freud bisa menganalisis film "DI AMBANG KEMATIAN"
Sang ayah yang di landa hidup serba kekurangan mencari jalan cepat untuk mencapai kekayaan dengan memakai pesugihan
akhirnya sang ayah melakukan pesugihan  kandang bubrah di mana sang ayah harus  merenovasi, memperbaiki, atau membongkar rumah , tidak boleh membersihkan rumah,jika area yang direnovasi sudah selesai, pelaku harus menghancurkan beberapa tempat untuk direnovasi lagi.
Jika syarat-syarat tersebut tidak dipenuhi, maka salah satu anggota keluarga akan menjadi korban tumbal pesugihan.Â
pada awalnya semua berjalan dengan baik sampai hari di mana sang iblis meminta salah satu anggota keluarga dari sang ayah untuk di jadikan tumbal,tapi sang ayah menolak ,karna di ketahui sang ibu akhirnya sang ibu bersedia menumbalkan dirinya sampai hari di mana sang ibu meninggal secara teragis dengan menyiramkan air panas ke wajahnya.
Setelah kejadian tersebut Nadia,ayah dan sang kakak sangat terpukul,pada hari di mana ayah bercerita bahwa semua yang dia perbuat atas dasar rasa sayangnya pada keluarga ,ayah sangat sedih jika kelurganya  terus-menerus di hina oleh orang lain.
10 tahun beralalu di malam pergantian tahun sang iblis kembali datang dan mengambil sang kakak dengan cara yang tragis,karna merasa hidup nadia ada di ambang kematian akhirnya nadia dan ayah memutuskan untung mengakhiri pesugihan dengan melakukan berbagai cara,meraka melakukan perjalanan panjang mengelilingi pulau jawa tapi hasilnya tetap tidak ada.
Kesimpulan
film Di Ambang Kematian mengangkat isu psikologis,terutama dari perspektif pesikoanalisis Sigmund Freud .Dalam teori Freud pengalaman dekat kematian atau hal-hal yang mengancam nyawa seringkali membangkitkan dorongan dan ketakutan bawah sadar,yaitu insting kematian(Thanatos) dan dorongan hidup(eros) kedua insting ini berkonflik dalam diri manusia.
Dari kacamata freud tema utama dalam DI Ambang Kematian dapat di hubungkan dengan kecenderungan manusia untuk mendekati resiko dan bahaya sebagai bentuk pelampiasan atau pelepasan dari tekanan bawah sadar.karakter dalam film mengalami krisis yang mendalam sehingga mempengaruhi tindakan dan motivasi mereka,perjalanan ini menjadi refleksi bawah sadar mereka untuk memahami makna kehidupan ,mengatasi trauma masalalu dan melepaskan ketakutan tedalam mreka terhadap kematian.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H