Mohon tunggu...
Ahmad Tubagus Muhtafi
Ahmad Tubagus Muhtafi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bulu tangkis dan memancing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan islam sebagai upaya menanggulangi kemiskinan, pengangguran dan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan kreatif

19 Desember 2024   10:44 Diperbarui: 19 Desember 2024   10:43 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A.Konsep Pendidikan Islam dan Kaitannya Dengan Pemberdayaan Masyarakat

1.Pendidkan Islam Secara Komprehensif

  Untuk menciptakan manusia yang berkarakter kuat dan mampu menjunjung tinggi kehormatan dan martabat negara , pendidikan komprehensif berupaya memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berkembang tidak hanya secara intelektual tetapi juga fisik dan spiritual. Seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara , " adalah manusia yang sepenuhnya mandiri yang hidupnya lahir dan batin tidak bergantung pada orang lain , tetapi bersandar pada kekuatannya sendiri . "manusia yang berkarakter kuat yang dapat menegakkan kehormatan dan martabat negara , pendidikan yang komprehensif berusaha memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berkembang tidak hanya secara intelektual tetapi juga secara fisik dan spiritual. Seperti yang pernah dikatakan Ki Hajar Dewantara , " adalah manusia yang benar - benar mandiri yang hidupnya lahir dan batin tidak tergantung pada orang lain ,mengandalkan kekuatannya sendiri . " "Pendidikan yang bertumpu berdasarkanberbagai pendekatan, seperti pendekatan psikologis , pendekatan karakter , pendekatan sosial , beberapa pendekatan,emosional, pendekatan spiritual, pendekatan intelektual , dan segenap spesifikasi atau komponen pendidikan , yaitu visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, " demikian yang didefinisikan Abuddin Nata sebagai pendidikan komprehensif , seperti pendekatan psikologis , pendekatan karakter , sosial, emosional , spiritual, intelektualdan seluruh spesifikasi atau komponen pendidikan ; visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar , " itulah yang didefinisikan Abuddin Nata sebagai pendidikan komprehensif . 

  Salah satu organisasi yang memimpin jalan dalam bidang ini adalah Yayasan Hiritage Indonesia di Jakarta , yang menggunakan pendekatan berbasis karakter yang komprehensif untuk mengajar siswa taman kanak-kanak (TK di dalamdan sekolah dasar ( SD ) .Area ini adalah Yayasan Hiritage Indonesia di Jakarta, yang menggunakan pendekatan berbasis karakter yang komprehensif untuk mengajar siswa taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar ( SD) . Teori sosial, emosional, kognitif, fisik,fisik teori moral dan spiritualsemuanya diterapkan dalam gaya pendidikan ini .semuanya diterapkan dalam gaya pendidikan ini . Diharapkan model ini akan meningkatkan kapasitas siswa untuk tumbuh menjadi individu yang utuh, kreatif , mandiri , mengantisipasi bahwabertanggung jawab yang terintegrasi secara spiritual, akademis, sosial, fisik, dan emosional.model ini akan meningkatkan kapasitas siswa untuk tumbuh menjadi individu yang utuh, kreatif , mandiri, dan bertanggung jawab yang terintegrasi secara spiritual, akademis, sosial, fisik, dan emosional.

  Dengan pendekatan mendekatiterhadap pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa , pendidikan holistik berbasis karakter ini berupaya mengembangkan semua kualitas manusia .untuk pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa , pendidikan holistik berbasis karakter ini berupaya mengembangkan semua kualitas manusia. dan pengetahuan praktis. Pengetahuan teoritis tentang ramah otaktentang pembelajaran yang ramah otak , kecerdasan emosional , komunikasi efektif , pembelajaran kooperatif , pembelajaran kontekstual , pembelajaran berbasis pertanyaan , penerapan eksplisit dari sembilan pendidikan karakter mengetahui, merasakan, dan melakukan kecerdasan ganda , manajemen kelas yang efektif , pembelajaran siswa aktif , bahasa utuh , penerapan modul pendidikan holistik berbasis karakter , teknik mendongeng , kreativitas, dan topik lainnya akan diberikan kepada para guru .Pembelajaran, kecerdasan emosional , komunikasi efektif , pembelajaran kooperatif , pembelajaran kontekstual , pembelajaran berbasis pertanyaan , penerapan eksplisit sembilan pendidikan karakter mengetahui, merasakan, dan melakukan kecerdasan berganda , pengelolaan kelas efektif , pembelajaran siswa aktif , bahasa utuh , penerapan modul pendidikan holistik berbasis karakter , teknik mendongeng , kreativitas, dan topik lainnya akan diberikan kepada guru.

  Education that begins with the philosophy of God, people, society, the universe, science, and high morals that are founded on religious principles is known as comprehensive holistic education. Berbagai komponen pendidikan , meliputi visi, misi, tujuan, kurikulum, tenaga pengajar dan pembelajar , peserta didik , prasarana, manajemen , pendanaan, lingkungan, kerjasama, dan penilaian, kemudian dikembangkan dengan menggunakan hasil kajian seluruh faktor tersebut . Hasilnya , reflektifitas, integrasi kurikulum , fokus pada pembelajaran yang menyenangkan , pengembangan sumber daya manusia , dan penggunaan semua strategi pengajaran dan pembelajaran hasil,yang memadukan pembelajaran berbasis guru dan siswa merupakan ciri dan gaya pendidikan holistik yang komprehensif .reflektifitas, integrasi kurikulum , fokus pada pembelajaran yang menyenangkan , pengembangan sumber daya manusia , dan penggunaan semua strategi pengajaran dan pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis guru dan siswa adalah semua ciri dan gaya pendidikan holistik yang komprehensif .

2.Nilai Nilai Pendidikan Islam Dengan Pemberdayaan

  Keseluruhan sistem tercermin dalam nilai - nilai dasarnya . Sesuatu yang menentukan atau kualitas suatu objek yang menentukan jenis atau apresiasi atau minat apa pun. Menurut Encyclopedia Britannica, " valm adalah penentuan atau kualitas suatu objek yang melibatkan jenis atau apresiasi atau minat apa pun . " bagi Milton dan James Bank , adalah sejenis kepercayaan yang termasuk dalam suatu sistem kepercayaan dan menentukan bagaimana seseorang harus bersikap atau tidak bertindak , serta apa yang pantas atau tidak pantas untuk dilakukan, dimiliki , atau dipikirkan . menunjukkan dirinya dalam tindakan seseorang , baik dilakukan atau tidak . Menurut definisi ini , ininilai adalah gagasan , pola pikir, dan keyakinan seseorang tentang segala sesuatu yang menurutnya berharga .Definisi, nilai adalah gagasan, pola pikir, dan keyakinan seseorang tentang apa pun yang menurutnya berharga. Paradigma , identitas , dan gagasan menyeluruh suatu sistem akan tercermin saat nilai diberikan padanya .semuanya akan tercermin saat nilai diberikan padanya . Dengan demikian, prinsip prinsip dasar bahasa inggrispendidikan Islam mengacu pada dasar - dasar etika , moral Pendidikan Agama Islamdan praktis pendidikan yang didasarkan pada ajaran Islam .merujuk pada dasar-dasar etika , moral , dan praktis pendidikan yang didasarkan pada ajaran Islam.

  Dalam hal ini perhatian, islamiprinsip inti pendidikan pendidikanmembedakannya dari pendekatan pendidikan lain dan menunjukkan ciri-ciri yang unik .Prinsip inti membedakannya dari pendekatan pendidikan lain dan menunjukkan ciri yang unik . Namun , penting untuk pentingdicatat bahwa Islam hanya disebutkan sebagai untuk dicatat,ciri khas " dalam pendidikan Islam .namun demikian , Islam hanya disebutkan sebagai sebuah "ciri khas " dalam pendidikan Islam . Hal ini berdampak pada setiap aspek pendidikan Islam seperti itusehingga akan melahirkan umat Islam yang mampu menjalankan peran yang diberikan oleh Allah , yaitu sebagai khalifah dan abid .jauhagar melahirkan umat Islam yang mampu menjalankan peran yang telah diberikan oleh Allah , yaitu sebagai pemimpin dan abid . 

3.Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Individu Yang Produktif Dan Berdaya Saing

  Pendidikan itu pentingIslam untuk mengembangkan daya saing dan produktif pribadi kualitas pribadi .. Dengan menanamkan prinsip prinsip moral dan etika-prinsip ditemukan dalam ajaran Islam , pendidikanyang ditemukan dalam ajaran Islam , pendidikan berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan karakter yang kuat dan bertanggung jawab di samping memberikan pengetahuan .berfungsi sebagai sarana mengembangkan karakter yang kuat dan bertanggung jawab selain memberikan pengetahuan . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun