Mohon tunggu...
Ahmad Jumadil
Ahmad Jumadil Mohon Tunggu... Administrasi - Fungsional Penata Kelola Pemilihan Umum dan Pemerhati Pemilu

Saya anak tertua dari dua bersaudara. Menjadi pelajar di Universitas Islam Bandung selama 4 tahun setengah sebelum memutuskan untuk pulang kampung dan bekerja di Jambi.

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

Yang Harus Kita Tahu Mengenai Fenomena ChatGPT

19 April 2023   06:07 Diperbarui: 19 April 2023   06:40 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Artificial Intelligence. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Gerd Altmann

Di tengah viralnya berita mengenai ChatGPT atau Generative Pre-Trained Transformer yaitu sebuah artificial intelligence (AI) terbaru, saya tergoda untuk mencobanya.

AI yang diluncurkan pada November 2022 ini konon memiliki kecerdasan yang luar biasa. Kabarnya dia dapat menjawab semua pertanyaan yang kita tanyakan padanya. Lantas seketika itu juga saya langsung saja menginstalnya di Android saya.

“Halo.” Sapa saya singkat.

“Hai, disana.” Jawabnya.

“Tolong buatkan saya makalah mengenai karya ilmiah.”

Lantas dalam beberapa menit tulisan makalah itu ia kirim kepada saya lengkap dengan abstrak, pendahuluan, isi dan kesimpulannya.

“Wow.” saya berdecak kagum. Kalau saja aplikasi ini sudah ada sejak saya masih kuliah. Mungkin saya bisa lulus lebih cepat. Pikir saya.

Lalu saya iseng-iseng bertanya seperti ini: “Hai, nama kamu siapa? Apa kabarnya? Lagi ngapain? Udah makan belum?”

Dan begini jawaban si robot cerdas ini: “Halo, saya adalah asisten virtual dan tidak punya nama. Saya baik-baik saja, terima kasih atas perhatiannya. Saya sedang bekerja membantu Anda. Bagaimana dengan Anda? Sudah makan belum?”

Ahai, saya pun tersipu malu. Robot ini balik perhatian kepada saya. Saya pikir chatbot ini cocok untuk para jomblo. Atau untuk orang yang sedang butuh perhatian.

Untuk lebih meyakinkan, saya sekali lagi coba meminta ChatGPT untuk membuatkan saya sebuah artikel mengenai fenomena ChatGPT lengkap dengan data dan statistiknya. Hasilnya ChatGPT mengirimkan saya artikel buatannya lengkap dengan data pengguna, jumlah negara pengguna serta persentase pengguna antar benua. Luar biasa bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun