Mohon tunggu...
Ahmad Sofian
Ahmad Sofian Mohon Tunggu... Dosen -

Ahmad Sofian. senang jalan-jalan, suka makanan tradisional dan ngopi di pinggir jalan :)

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Kartelisasi Harga Tiket Pesawat?

13 Januari 2019   21:47 Diperbarui: 13 Januari 2019   21:58 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Belakangan terjadi polemik soal tingginya harga tiket pesawat dari berbagai wilayah di Indonesia sehingga menimbulkan protes publik. Bahkan atas inisiatif sekelompok orang, telah memberikan petisi kepada Kementerian Perhubungan untuk segera menurunkan harga tiket. 

Namun ketika saya membaca harian Tribun (13/1/2018) (meskipun sebagian dari kita sudah jarang baca koran cetak), saya sedikit tercengang, karena Menteri Perhubungan tidak mengetahui soal kenaikan harga tiket, dan dia akan cek. Bagi saya wajar Menteri Perhubungan tidak tahu, karena beliau memang tidak seperti saya atau anda, yang biasanya beli tiket melalui traveloka, tiket.com, atau penyedia belanja online lainnya. 

Pak Menteri kemungkinan besar tinggal duduk manis di Pesawat, dan tidak bertanya pada penumpang kiri kanan soal harga tiket yang mencekek urat leher kita. Berita ini belum selesai, masyarakat Aceh berbondong-bondong ke kantor Imigrasi untuk urus pasport, karena tiket Banda Aceh-Jakarta lebih mahal jika dibandingkan Banda Aceh-Malaysia-Jakarta.

Saya coba menelusuri harga tiket ini, dan menemukan harian Kompas. Hasil investigasi wartawan Kompas (13/1/2019) juga menemukan fakta tingginya harga tiket. 

Dalam penelusuran si wartawan di situs Traveloka, ditemukan perbandingan harga tiket yang mencengangkan untuk penerbangan Banda Aceh-Jakarta. Jika menggunakan Lion Air harganya 2,2 - 2,3 juta, dan Garuda 2,9 juta, tetapi jika menggunakan Air Asia yang transit di Kualalumpur harganya 1,05 juta, selisihnya 1,1 sampaikan 1,8 juta!!!.

Lalu apa sebenarnya yang terjadi? Karena keahlian saya dalam bidang hukum pidana, khususnya pidana korporasi/bisnis, maka saya coba mengkaitkan masalah ini dengan salah satu delik pidana dalam pidana bisnis yaitu delik kartel yang diatur dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. 

Delik kartel diatur dalam hanya 1 Pasal yaitu Pasal 11. Bunyi Pasal ini adalah :
"Pelaku usaha dilarang membuat perjanjian, dengan pelaku usaha pesaingnya yang bermaksud untuk mempengaruhi harga dengan mengatur produksi dan atau pemasaran suatu barang dan atau jasa, yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat."

Secara akademik kartel didefinisikan sebagai perjanjian antara pelaku usaha (yang umumnya adalah pesaing mereka) yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan. 

Kartel ini terjadi karena sebelumnya mereka melakukan perang harga sehingga menimbulkan ketidakstabilan pasar, oleh karena itu mereka (pelaku usaha) membuat perjanjian untuk mengatur harga dan mendapatkan keuntungan yang tinggi serta mengontrol pasar (Masisomo Motta, 2004).

Jadi sebenarnya kartel ini adalah kesepakatan (bisa tertulis bisa tidak tertulis), kolusi atau konspirasi yang dilakukan oleh palaku usaha yang berbentuk persengkolan tender, penetapan harga, atau pembagian wilayah pasar. 

Mereka telah melakukan permufakatan jahat dan merealisasikan permukatan jahat tersebut sehingga muncullah monopoli dana tau oligopoly sehingga dapat mematikan mekanisme yang natural dan merugikan konsumen, pelaku usaha lain serta negara. Dalam konteks hukum persaiingan usaha sering juga disebut dengan unfair competition.

Harga tiket penerbangan saat ini berada pada level batas atas yang berlaku pada semua maskapai penerbangan Indonesia. Kondisi ini dinilai masyarakat tidak wajar, karena perayaan tahun baru telah usai. Sehingga ketika maskapai penerbangan masih menempatkan atau mempertahankan harga tiket di level batas atas, maka harus ada penjelasan yang dapat diterima oleh pasar. 

Kementerian perhubungan terkesan "membela" para maskapai penerbangan yang mempertahankan harga tiket batas atas, bahkan meminta masyarakat memakluminya. Tentu saja masyarakat bisa maklum jika kondisi ini juga berlaku di maskapai lain di luar negeri, namun kenyataaanya tidak. 

Maskapai Malaysia telah menempatkan harga tiket pesawat di batas bawah (meskipun mereka tidak mengenal batas bawah dan batas atas). Oleh karena itu perbuatan maskapai penerbangan ini jelas-jelas menempatkan "permintaan pasar" untuk mengeruk keuntungan sebanyak mungkin. 

Pantas jika ada kecurigaan, jangan-jangan telah ada kesepakatan "price fixing"untuk harga tiket, lebih jauh lagi, ada potensi "kartelisasi" antar sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia untuk menempatkan harga tiket pada level batas atas.

 Price fixing pernah terjadi di Indonesia, ketika Honda dan Yamaha membuat kesepakatan untuk menetapkan harga penjualan produk mereka. Padahal mereka adalah pelaku usaha yang saling berkompetisi. 

Namun karena mereka tahu, masyarakat menyukai produk Honda dan Yamaha, maka merekapun akhirnya menetapkan harga jual yang hampir sama, dan tentu saja tidak ada kompetisi yang sehat, tetapi permufakatan jahat dalam menentukan harga, sehingga masyarakat dirugikan. Karena persengkolan ini, KPPU menetapkan Yamaha dan Honda bersalah dalam melakukan kartel (bersekongkol) dalam menetapkan harga.

Oleh karena itu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha, dan atau penegak hukum melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk menemukan sejumlah sebab (faktor) yang menimbulkan kenaikan harga serentak di sejumlah maskapai penerbangan, sehingga masalah ini terang benderang dan masyarakat tidak dirugikan atas yang fakta tingginya harga tiket yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun