Mohon tunggu...
Agustinus Gereda Tukan
Agustinus Gereda Tukan Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Hobi membaca dan menulis. Selain buku nonfiksi, menghasilkan tulisan narasi, cerpen, esai, artikel, yang termuat dalam berbagai media. Minat akan filsafat, bahasa, sastra, dan pendidikan. Moto: “Bukan banyaknya melainkan mutunya” yang mendorong berpikir kritis, kreatif, mengedepankan solusi dan pencerahan dalam setiap tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Cerbung

(Novel) Menapak Jejak di Kimaam: Episode 05-06

15 September 2024   06:05 Diperbarui: 15 September 2024   06:10 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pesta Adat Dambu juga mengingatkannya akan pentingnya menjaga identitas budaya dan alam. Tanah tempat ia berdiri bukan hanya warisan fisik, tetapi juga warisan spiritual yang perlu dilestarikan dan diberikan perhatian lebih. Keindahan alam Papua dan kearifan budayanya menjadi titik awal Josefa untuk mengeksplorasi lebih jauh, belajar, dan berkontribusi bagi masyarakatnya.

"Didimus, aku berjanji pada diriku sendiri, aku tidak hanya akan menjadi penikmat keindahan alam, tetapi juga agen perubahan yang mampu menggabungkan nilai-nilai tradisional dengan teknologi modern," kata Josefa penuh tekad.

"Aku akan mendukungmu, Josefa. Kita mulai dari hal kecil, dan kita lihat seberapa jauh kita bisa pergi," jawab Didimus dengan semangat yang sama.

Dengan langkah hati-hati, Josefa berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak hanya menjadi penikmat keindahan alam, tetapi juga agen perubahan yang mampu menggabungkan nilai-nilai tradisional dengan teknologi modern. Ia ingin membawa perubahan yang positif bagi komunitasnya, sekaligus menjaga keseimbangan antara masa lalu yang kaya dan masa depan yang cerah.

(Bersambung)

Merauke, 15 September 2024

Agustinus Gereda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerbung Selengkapnya
Lihat Cerbung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun