Lev Vygotsky : Teori Sosiokultural
Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif seseorang sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya . Teorinya sering disebut teori sosiokultural , dengan poin-poin penting berikut:
Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)
ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain (seperti guru atau teman sebaya).
Bantuan disebut scaffolding , bimbingan yaitu bimbingan sementara yang diberikan hingga anak mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.
Bahasa sebagai Alat Penting
Bahasa adalah kunci dalam perkembangan kognitif karena memungkinkan anak untuk berpikir secara lebih kompleks dan berbagi ide dengan orang lain.
Pemikiran internal (inner Speech) berkembang dari percakapan sosial.
Interaksi Sosial
Anak belajar melalui interaksi dengan orang yang lebih ahli, seperti orang dewasa atau teman yang lebih kompeten.
Contoh:
Seorang anak belajar berhitung dengan bantuan guru yang memberikan petunjuk. Dengan latihan dan waktu, anak itu akhirnya bisa menghitung sendiri.
Jean Piaget : Teori Perkembangan Kognitif
Piaget fokus pada bagaimana anak-anak membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman langsung dengan dunia. Teorinya terdiri dari 4 tahap perkembangan:
Sensorimotor (0-2 Tahun)
Anak belajar melalui aktivitas fisik dan pengalaman langsung.
Ciri utama : Kepermanenan objek (kesadaran bahwa benda tetap ada meskipun tidak terlihat).
Praoperasional (2-7 Tahun)
Anak mulai menggunakan simbol (bahasa dan gambar) untuk mewakili objek.
Ciri utama : Egosenrisme (kesulitan memahami sudut pandang orang lain).
Operasional Beton (7-11 Tahun)
Anak mulai berpikir logis tentang benda nyata dan situasi konkret.
Ciri utama : Konservasi (kesadaran bahwa kuantitas benda tetap sama meskipun bentuknya berubah).
Operasional Formal (11 Tahun ke Atas)
Anak mampu berpikir abstrak dan hipotesis.
Ciri utama : Pemikiran ilmiah dan pemecahan masalah kompleks.
Perbedaan Utama: Vygotsky vs Piaget
AspekBahasa VygotskyPiaget
Fokus UtamaInteraksi sosial dan budayaPerkembangan individu
Peran Orang LainPenting (scaffolding dan ZPD)Jangan terlalu ditekan
Urutan TahapTidak kaku, bergantung pada konteksTahapan universal dan berurutan
BahasaKunci dalam perkembangan kognitifSalah satu aspek perkembangan
Teori kedua ini merangkum pemahaman tentang bagaimana anak-anak belajar dan berkembang, baik melalui interaksi sosial (Vygotsky) maupun
 pengalaman individu (Piaget).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H