Mohon tunggu...
Adi Abdullah
Adi Abdullah Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 2 Kraksaan

Hobi Motor tua

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

GRID A3 (Gerakan Murid Adiwiyata Adiwisata dan Adiusaha)

27 Juni 2023   19:08 Diperbarui: 27 Juni 2023   19:13 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya.

DASAR FILOSOFI KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

A. LATAR BELAKANG

Letak geografis SMK Negeri 2 Kraksaan yang berada di tengah Kota Kraksaan tepatnya daerah Sidomukti yang mana kalau musim penghujan rawan banjir serta luasan lahan yang cukup luas kurang lebih 3 hektar lebih.


Perjalanan dimulai pada tahun 2022 memperoleh penghargaan adiwiyata kabupaten, pada tahun itu pula maju ketingkat provinsi dan memperoleh penghargaan sebagai sekolah adiwiyata provinsi. Semangat adiwiyata dilanjutkan pada tahun 2023 konsentrasi menuju adiwiyata nasional.

Tentu dengan segera kami harus mengatasi genangan air Dalam prosesnya kami juga berpikir bahwasanya segala sumberdaya yang ada dapat menghasilkan sesuatu baik bernilai guna ataupun bernilai finasial.

Untuk itu saya berencana membuat program aksi nyata berdasarkan alasan yang dikemukakan di atas dengan judul “GRID A3 (Gerakan Murid untuk Adiwiyata,Adiwisata dan Adiusaha)

Dengan adanya aksi nyata tersebut diharapkan dapat memaksimalkan aset sumber daya sekolah dan lingkungan sekitar dengan baik untuk menunjang ketercapaian tujuan dari visi dan misi sekolah.

B. TUJUAN

  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemetaan potensi sumber daya alam sekitar
  2. Memupuk kepedulian terhadap lingkungan
  3. Memupuk jiwa kewirausahan dengan praktik secara langsung
  4. Penguatan nilai positif untuk menjadi manusia berintergritas

    1. Melatih kemandirian dalam hal finansial
    2. Pemberdayaan aset untuk kemajuan dan ketercapain visi misi sekolah
  5. C. TAHAPAN BAGJA

    Untuk Program GRID A3 agar dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sekolah serta untuh menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, Program GRID A3 direncanakan dan disusun dengan Pendekatan Inkuiri dengan memetakan kekuatan sekolah melalui tahapan BAGJA.  Tahapan BAGJA meliputi

    1.      BUAT PERTANYAAN

    ·           Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

    ·           Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

    a.     PERTANYAAN

    ·         Bagaimana kita dapat meningkatkan karakter berwawan lingkungan dalam mewujudkan pelaksanaan sekolah Adiwiyata,Adiwisata dan adiusaha secara positif, arif, dan bijaksana?

    b.      TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

    ·         Diskusi bersama kepala sekolah/rekan kerja bagaimana program GRID A 3 di sekolah selama ini dapat berhasil

    ·         Dialog dengan rekan kerja mengidentifikasi kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter berwawan lingkungan dan jiwa kewirausahaan

    c.       RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

    ·         Melakukan sesi dialog dengan perwakilan anak kelas besar dan kecil untuk menguatkan ide di tahap awal ini

    d.      ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

    ·         Murid-murid

    ·         Rekan Guru

    ·         Kepala Sekolah

    -           Industri

    e.      WAKTU YANG DIPERLUKAN

    ·         2hari

    f.        PENANGGUNG JAWAB TAHAPAN

    ·         CGP

    2.      AMBIL PELAJARAN  (DISCOVER))

    ·  Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;

    • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

    a.      PERTANYAAN

    ·         Aktivitas apa saja yang menarik minat kegiatan yang berwawasan lingkungan?

    ·         Apa yang murid sukai ketika berinteraksi dengan warga sekolah untuk kegiatan adiwiyata yang berwawan lingkungan?

    ·         Apa kegiatan sekolah yang telah menumbuhkan anak berwawasn lingkungan?

    ·         Apa kebijakan sekolah yang telah mendukung peningkatan warga sekolah berwawasn lingkungnan?

    b.      TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

    ·         Survei minat  anak dalam berwawasan lingkungan untuk orang tua

    ·         Wali kelas memberikan  'pertanyaan' (yg telah diindentifikasi sebelumnya) kepada murid di kelasnya tentang kegiatan untuk mengembangkan kelestarian lingkungan

    c.       RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

    ·         Melakukan sesi dialog dengan perwakilan anak kelas besar dan kecil untuk menguatkan ide di tahap awal

    d.      ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

    ·         Lahan yang dapat dikembangkan lingkungannya

    ·         Orangtua murid

    ·         Murid-murid

    ·         Waktu

    ·         Kebijakan sekolah

    ·         Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung menumbuhkembangkan wawasan lingkungan

    e.      WAKTU YANG DIPERLUKAN

    ·         1 minggu

    f.        PENANGGUNG JAWAB TAHAPAN

    ·         CGP dan Team Adiwiyata dan Team UPJ

    3.      GALI MIMPI (DREAM)

    • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

    • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).

    a.      PERTANYAAN

    ·         Seperti apa bentuk kegiatan program GRID A 3 yang menyenangkan sekaligus menguatkan kolaborasi yang berwawan lingkungan

    ·         Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

    b.      TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

    ·         Menyediakan ruang dialog untuk murid di tiap jenjang kelas membahas mimpi dan dampaknya dalam program GRID A3 ini

    ·         Menyediakan ruang dialog untuk guru, kepala sekolah, orang tua perwakilan kelas membahas jawaban-jawaban murid

    c.       RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

    ·         Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih banyak murid tentang program GRID A3  yang dapat menumbuhkan karakter murid yang berwawasan lingkungan menguatkan interaksi sosial antara warga sekolah  secara positif, arif, dan bijaksana.

    d.      ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

    ·         Lahan yang dapat dikembangkan lingkungannya

    ·         Orangtua murid

    ·         Murid-murid

    ·         Waktu

    ·         Kebijakan sekolah

    ·         Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung menumbuhkembangkan wawasan lingkungan

    e.      WAKTU YANG DIPERLUKAN

    ·         1 minggu

    f.        PENANGGUNG JAWAB TAHAPAN

    ·         CGP dan Wali Kelas

    4.      JABARKAN RENCANA (DESIGN)

    ·      Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

    ·      Menyusun definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran)

    a.      PERTANYAAN

    ·         Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum ada) dapat menguatkan program ini?

    ·         Bagaimana program ini dapat masuk dalam jadwal rutinitas di sekolah?

    ·         Sistem seperti apa yang sudah baik dalam menumbuhkan karakter wawasan lingkungan diaplikasikan/disesuaikan untuk program ini?

    ·         Bagaimana kita mengetahui karakter murid yang berwawasan lingkungan meningkat?

    ·         Bagaimana kita mengetahui kegiatan kolaborasi dan interaksi atar warga dalam pengelolaan dan wawasan lingkungan meningkat?

    b.      TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

    ·         Musyawarah-musyawarah kerja bersama: murid, guru-guru, orangtua perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung peningkatan kegiatan berwawasan lingkungan interaksidan kolaborasi  antarwarga sekolah  seperti:

    1).  Pengelolaan program GRID A3

    2). Pengelolaan kegiatan program GRID A3 yang menumbuhkan wawasan lingkungan

    3).  Penentuan kebijakan yang mendukung.

    c.       RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

    ·         Komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam kegiatan program GRID A3. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka dalam mewujudkan program GRID A3

    d.      ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

    ·         Lahan yang dapat dikembangkan lingkungannya

    ·         Orangtua murid

    ·         Murid-murid

    ·         Waktu

    ·         Kebijakan sekolah

    ·         Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung menumbuhkembangkan wawasan lingkungan

     e.      WAKTU YANG DIPERLUKAN

     2 minggu

    f.        PENANGGUNG JAWAB TAHAPAN

    CGP, Wali  kelas, murid yang mewakili

    5.      ATUR EKSEKUSI (DELIVER))

    Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

    Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol, rutinitas, knowledge management, monev/refleksi)

    a.      PERTANYAAN

    Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?

    Siapa yang dapat diajak mencari cara untuk menambah kegiatan program GRID A3  untuk menumbuhkan wawasan lingkungan pada warga sekolah

    b.      TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

    Membentuk kelompok kerja (Pokja) yang akan mengelola dukungan untuk peningkatan karakter yang berwawasan lingkungan pada warga sekolahserta interaksi dan kolaborasinya .

    c.       RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

    Menyediakan 'kursi' untuk murid duduk di dalam Pokja yang menumbuhkan karakter berwawasn lingkungan  sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan keputusan pada program GRID A3 untuk mewujudkan wawasan lingkungan pada warga sekolah

    d.      ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

    ·         Lahan yang dapat dikembangkan lingkungannya

    ·         Orangtua murid

    ·         Murid-murid

    ·         Waktu

    ·         Kebijakan sekolah

    ·         Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung menumbuhkembangkan wawasan lingkungan

    e.      WAKTU YANG DIPERLUKAN

    2 minggu

    f.        PENANGGUNG JAWAB TAHAPAN

    CGP, Wali  kelas, murid yang mewakili

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun