https://anyflip.com/rcfnt/vjrp/
                                                                        Â
Rancangan Program yang Berdampak  Positif pada Murid
Ade Mamah Suryamah,S.Ag
CGP Abngkatan 6 kota Serang
Tujuan Pembelajaran Khusus:Â
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Program Yang Akan dikembangkan
"TASUPRI"
(Tarjamah Surah Pendek Setiap Hari)
Latar Belakang
Tarjamah merupakan proses mengganti dari Bahasa satu ke Bahasa lain agar dapat mudah difahami.Jika anak mampu memahami tarjamah atau arti surah al-Qur'an yang telah dibacanya akan dapat membantu kekhusyuan dalam solatnya.
Selama ini sudah ada pembiasaan membaca surah pendek diawal pembelajaran berjalan dengan baik,namun agar anak lebih menghayati apa yang telah dibacanya perlu diadakan kegiatan Co-kurikuler sebagai Penguatan terhadap materi mapel PAI & Budi Pekerti untuk menumbuhkan pembiasaan yang positif kepada siswa.
Tujuan
Sebagai penguatan terhadap mapel PAI & BP,agar siswa bertambah keimanannya
Meningkatkan kemampuan keterampilan tarjamah al-Qur;an
Agar siswa lebih menghayati dan hikmat dalam membaca al-qur'an
Agar siswa dapat menerapkan akhlak yang baik
Â
Alasan Pemilihan Program
Dalam membaca al-Qur'an surah pendek terkadang anak bermain-main.
Ketika shalat anak-anak tidak khusyu dan bercanda
Deskripsi Singkat
Tasupri atau tarjamah surah pendek setiap hari merupakan kegiatan co-kurikuler,sebagai peguatan mapel PAI & BP pada aspek Al-Qur'an salah satunya pada kompetensi mengartikan.
Kegiatan Tasupri ini dilakukan setiap hari diawal pembelajaran,salah satu siswa sesuai dengan kesepakatan dikelasnya membacakan arti surah pendek yang telah dipilihnya dengan intonasi sesuai kesepakatan yang dapat menyentuh hati para siswa.Hal ini agar siswa dapat memahami surah-surah pendek dari segi artinya sehingga dalam setiap membaca al-Qur'an dapat hikmat atau menghayati dan dapat menambah keimanan para siswa.
1.Dasar Filosofi KHD
"Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang."
2.Poin Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan
 Beriman, bertaqwa Kepada Tuhan YME,
 Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan  berbagai sikap- sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.
Bernalar kritis,
Menumkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi program ini.
Mandiri
Secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap hasil kesepakatan kelas.
3. Karakteristik Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkangkan
Lingkungan yang mengembangkan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif,diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan siswa untuk melakukan hal-hal secara positif untuk dirinya sendiri serta memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.
4. Prakarsa Perubahan
"Menumbuhkembangkan Karakter Siswa yang Religius dan Meningkatkan Imtaq melalui kegiatan "Tasupri".
  5. Tahapan Prakarsa
     Untuk memudahkan program ini dengan menggunakan tahapan BAGJA
 Â
B ( Buat Pertanyaan)
Buat Pertanyaan utama :
(1). Bagaimana cara menumbuhkembangkan  pola pikir dan emosi yang positif serta melakukan hal-hal positif pada siswa yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
(2). Bagaimana cara menumbuhkan  tarjamah surah pendek setiap hari melalui program "Tasupri"?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban:
1.Dialog bersama kepala sekolah serta rekan sejawat tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.
2.Mengajak diskusi murid-murid kelas 4,5 dan 6 tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan MuridÂ
Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa membahas tentang program yang berdampak positif yang perlu mendapatkan perhatian dan menampung ide dan aspirasi mereka.
Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:
(a). Murid
(b). Rekan Guru
(c). Kepala Sekolah
Waktu yang diperlukan :
Satu Hari
Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :
CGP
Guru Agama
Wali Kelas
A (Ambil Pelajaran)
PertanyaanÂ
(1) Kegiatan apa saja yang dapat mengembangkan pola pikir,emosi serta hal-hal positif di sekolah ?
(2) Apa yang dirasakan siswa jika dapat melakukan hal-hal yang positif bagi dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
(3) Kegiatan sekolah apa yang dapat membantu menumbuhkan pola pikir,emosi serta hal-hal positif untuk dirinya,orang lain dan sekelilingnya?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(a). Mengidentifikasi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan di sekolah bersama Kepala Sekolah dan rekan guru
(b). Survai melalui wali kelas dengan memberikan pertanyaan yang telah diidentifikasi sebelumnya denagn murid
(c).Dengan bantuan guru agama dan wali kelas memotivasi murid dan menyampaikan manfaat kegiatan tarjamah surah pendek setiap hari ketika awal pembelajaran.
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan MuridÂ
Curah pendapat dengan murid tentang kegiatan tarjamah surah pendek setiap hari yang menumbuhkembangkan emosi positif dan pembiasaan positif.
Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:
Murid
Guru Agama
Wali Kelas
Waktu yang diperlukan :
Satu Hari
Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :
CGP
Guru Agama
Wali Kelas
G ( Gali Mimpi)
Buat pertanyaan
(1) Apa kebiasaan-kebiasaan baru yang kami bayangkan ketika pembiasaan positif mentarjamahkan surah pendek terwujud?
(2) Apa hal-hal baru yang kami lakukan setelah terwujudnya imtaq,akhlak mulia,mandiri dan bernalar kritis terwujud?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(1). Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini sebelum dan sesudah Program" TASUPRI"terwujud
(2). Memajang harapan-harapan murid tersebut dikelasnya masing-masing
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan MuridÂ
(1). Berdialog dengan murid mengenai daftar harapan dan evaluasi tentang program ini
(2). Setiap murid ditugaskan untuk memberikan ide/gagasan harapan dengan terlaksananya program TASUPRI.
Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :
(a). Murid
(b). Wali Kelas
 (c). Kelas
Waktu Yang diperlukan  :
Satu hari
Penanggungjawab Kegiatan
Guru Agama
Wali Kelas
J- Jabarkan Rencana
Buat pertanyaanÂ
(1) Langkah pertama yang harus dilakukan seperti apa?
(2) Apa tindakan/usaha yang dapat mendukung agar program "TASUPRI" dapat mencapai sikap religius?
(3) Bagaimana mengukur kemajuan dan keberhasilan program tersebut?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(1) Mendiskusikan rancangan program kegiatan yang terdiri dari wali kelas,perwakilan murid dan guru agama
(2) Membentuk tim dari perwakilan siswa dan guru
(3) Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan MuridÂ
(1). Membentuk tim dan penanggungjawab bersama siswa
(2). Membuat jadwal yang bertugas dalam setiap harinya kegiatan program TASUPRI bersama siswa
(3). Menentukan surah  yang akan ditarjamahkan bersama siswa
Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :
(a). Murid
(b). Wali Kelas dan guru agama
(c) Kelas
(d) Al-Qur'an atau Juz amma
Waktu yan diperlukan:
Satu hari
Penanggungjawab Kegiatan
Guru CGP/Guru Agama
A - Atur Eksekusi
Buat pertanyaan
(1)Siapa saja yang dilibatkan dalam kegiatan ini?
(2)Â Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa saja yang mengisi peran tersebut?
(3) Siapa yang bertanggungjawab agar program ini tetap berkelanjutan ?
(4)Kapan kegiatan ini akan dimulai?
Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :
(1) Menyusun Tim Pelaksana program " TASUPRI"dan tim pemantau
(2) Membuat daftar nama siswa yang bertugas pada setiap harinya
(3) Melakukan evaluasi program dalam seminggu sekali
Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan MuridÂ
(1). Bersama murid guru memberikan kesempatan kepada murid untuk membagi tugas dan surah yang akan ditarjamahkan
(2) Setiap Kelas melaporkan perkembangan kegiatan program TASUPRI
Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :
(a). Murid
(b).Wali Kelas dan Guru Agama
(c) Al-Qur'an/Juz Amma
(d) Kelas
Waktu yang diperlukan :
Satu hari
Penanggungjawab Kegiatan
Guru Agama/CGP
Terima Kasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H