Mohon tunggu...
Ade Mamah Suryamah
Ade Mamah Suryamah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI SDN Pipitan

Saya seorang guru agama islam dijenjang SD,tempat tugas saya di SDN Pipitan kecamatan Walantaka kota Serang.Saya juga seorang calon guru penggerak angkatan 6 yang sedang mengikuti pendidikan guru penggerak.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Program yang Berdampak Positif pada Murid

14 Maret 2023   21:31 Diperbarui: 14 Maret 2023   21:33 6424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

https://anyflip.com/rcfnt/vjrp/

                                                                                                                                                

Rancangan Program yang Berdampak  Positif pada Murid

Ade Mamah Suryamah,S.Ag

CGP Abngkatan 6 kota Serang

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Program Yang Akan dikembangkan

"TASUPRI"

(Tarjamah Surah Pendek Setiap Hari)

Latar Belakang

Tarjamah merupakan proses mengganti dari Bahasa satu ke Bahasa lain agar dapat mudah difahami.Jika anak mampu memahami tarjamah atau arti surah al-Qur'an yang telah dibacanya akan dapat membantu kekhusyuan dalam solatnya.

Selama ini sudah ada pembiasaan membaca surah pendek diawal pembelajaran berjalan dengan baik,namun agar anak lebih menghayati apa yang telah dibacanya perlu diadakan kegiatan Co-kurikuler sebagai Penguatan terhadap materi mapel PAI & Budi Pekerti untuk menumbuhkan pembiasaan yang positif kepada siswa.

Tujuan

Sebagai penguatan terhadap mapel PAI & BP,agar siswa bertambah keimanannya

Meningkatkan kemampuan keterampilan tarjamah al-Qur;an

Agar siswa lebih menghayati dan hikmat dalam membaca al-qur'an

Agar siswa dapat menerapkan akhlak yang baik

 

Alasan Pemilihan Program

Dalam membaca al-Qur'an surah pendek terkadang anak bermain-main.

Ketika shalat anak-anak tidak khusyu dan bercanda

Deskripsi Singkat

Tasupri atau tarjamah surah pendek setiap hari merupakan kegiatan co-kurikuler,sebagai peguatan mapel PAI & BP pada aspek Al-Qur'an salah satunya pada kompetensi mengartikan.

Kegiatan Tasupri ini dilakukan setiap hari diawal pembelajaran,salah satu siswa sesuai dengan kesepakatan dikelasnya membacakan arti surah pendek yang telah dipilihnya dengan intonasi sesuai kesepakatan yang dapat menyentuh hati para siswa.Hal ini agar siswa dapat memahami surah-surah pendek dari segi artinya sehingga dalam setiap membaca al-Qur'an dapat hikmat atau menghayati dan dapat menambah keimanan para siswa.

1.Dasar Filosofi KHD

"Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang."

2.Poin Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

 Beriman, bertaqwa Kepada Tuhan YME,

 Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan   berbagai sikap- sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

Bernalar kritis,

Menumkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi program ini.

Mandiri

Secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap hasil kesepakatan kelas.

3. Karakteristik Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkangkan

Lingkungan yang mengembangkan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif,diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan siswa untuk melakukan hal-hal secara positif untuk dirinya sendiri serta memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya.

4. Prakarsa Perubahan

"Menumbuhkembangkan Karakter Siswa yang Religius dan Meningkatkan Imtaq melalui kegiatan "Tasupri".

    5. Tahapan Prakarsa

         Untuk memudahkan program ini dengan menggunakan tahapan BAGJA

  

B ( Buat Pertanyaan)

Buat Pertanyaan utama :

(1). Bagaimana cara menumbuhkembangkan  pola pikir dan emosi yang positif serta melakukan hal-hal positif pada siswa yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

(2). Bagaimana cara menumbuhkan  tarjamah surah pendek setiap hari melalui program "Tasupri"?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban:

1.Dialog bersama kepala sekolah serta rekan sejawat tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.

2.Mengajak diskusi murid-murid kelas 4,5 dan 6 tentang bagaimana menumbuhkan pola pikir dan emosi positif serta melakukan hal-hal positif yang berpengaruh kepada dirinya,orang lain dan sekelilingnya.

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa membahas tentang program yang berdampak positif yang perlu mendapatkan perhatian dan menampung ide dan aspirasi mereka.

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:

(a). Murid

(b). Rekan Guru

(c). Kepala Sekolah

Waktu yang diperlukan :

Satu Hari

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :

CGP

Guru Agama

Wali Kelas

A (Ambil Pelajaran)

Pertanyaan 

(1) Kegiatan apa saja yang dapat mengembangkan pola pikir,emosi serta hal-hal positif di sekolah ?

(2) Apa yang dirasakan siswa jika dapat melakukan hal-hal yang positif bagi dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

(3) Kegiatan sekolah apa yang dapat membantu menumbuhkan pola pikir,emosi serta hal-hal positif untuk dirinya,orang lain dan sekelilingnya?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

(a). Mengidentifikasi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan di sekolah bersama Kepala Sekolah dan rekan guru

(b). Survai melalui wali kelas dengan memberikan pertanyaan yang telah diidentifikasi sebelumnya denagn murid

(c).Dengan bantuan guru agama dan wali kelas memotivasi murid dan menyampaikan manfaat kegiatan tarjamah surah pendek setiap hari ketika awal pembelajaran.

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

Curah pendapat dengan murid tentang kegiatan tarjamah surah pendek setiap hari yang menumbuhkembangkan emosi positif dan pembiasaan positif.

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan pada tahap ini:

Murid

Guru Agama

Wali Kelas

Waktu yang diperlukan :

Satu Hari

Penanggung Jawab Kegiatan pada tahap ini :

CGP

Guru Agama

Wali Kelas

G ( Gali Mimpi)

Buat pertanyaan

(1) Apa kebiasaan-kebiasaan baru yang kami bayangkan ketika pembiasaan positif mentarjamahkan surah pendek terwujud?

(2) Apa hal-hal baru yang kami lakukan setelah terwujudnya imtaq,akhlak mulia,mandiri dan bernalar kritis terwujud?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

(1). Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini sebelum dan sesudah Program" TASUPRI"terwujud

(2). Memajang harapan-harapan murid tersebut dikelasnya masing-masing

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

(1). Berdialog dengan murid mengenai daftar harapan dan evaluasi tentang program ini

(2). Setiap murid ditugaskan untuk memberikan ide/gagasan harapan dengan terlaksananya program TASUPRI.

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

(a). Murid

(b). Wali Kelas

 (c). Kelas

Waktu Yang diperlukan  :

Satu hari

Penanggungjawab Kegiatan

Guru Agama

Wali Kelas

J- Jabarkan Rencana

Buat pertanyaan 

(1) Langkah pertama yang harus dilakukan seperti apa?

(2) Apa tindakan/usaha yang dapat mendukung agar program "TASUPRI" dapat mencapai sikap religius?

(3) Bagaimana mengukur kemajuan dan keberhasilan program tersebut?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

(1) Mendiskusikan rancangan program kegiatan yang terdiri dari wali kelas,perwakilan murid dan guru agama

(2) Membentuk tim dari perwakilan siswa dan guru

(3) Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

(1). Membentuk tim dan penanggungjawab bersama siswa

(2). Membuat jadwal yang bertugas dalam setiap harinya kegiatan program TASUPRI bersama siswa

(3). Menentukan surah  yang akan ditarjamahkan bersama siswa

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

(a). Murid

(b). Wali Kelas dan guru agama

(c) Kelas

(d) Al-Qur'an atau Juz amma

Waktu yan diperlukan:

Satu hari

Penanggungjawab Kegiatan

Guru CGP/Guru Agama

A - Atur Eksekusi

Buat pertanyaan

(1)Siapa saja yang dilibatkan dalam kegiatan ini?

(2) Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa saja yang mengisi peran tersebut?

(3) Siapa yang bertanggungjawab agar program ini tetap berkelanjutan ?

(4)Kapan kegiatan ini akan dimulai?

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban :

(1) Menyusun Tim Pelaksana program " TASUPRI"dan tim pemantau

(2) Membuat daftar nama siswa yang bertugas pada setiap harinya

(3) Melakukan evaluasi program dalam seminggu sekali

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan Murid 

(1). Bersama murid guru memberikan kesempatan kepada murid untuk membagi tugas dan surah yang akan ditarjamahkan

(2) Setiap Kelas melaporkan perkembangan kegiatan program TASUPRI

Aspek sumber Daya yang dapat diberdayakan :

(a). Murid

(b).Wali Kelas dan Guru Agama

(c) Al-Qur'an/Juz Amma

(d) Kelas

Waktu yang diperlukan :

Satu hari

Penanggungjawab Kegiatan

Guru Agama/CGP

Terima Kasih

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun