Mohon tunggu...
ABDULLAH SALAM
ABDULLAH SALAM Mohon Tunggu... Guru - ASN PPPK/SMPN 1 MLONGGO

Saya adalah seorang pendidik di lingkungan pemerintahan Kabupaten Jepara yang bertugas di SMPN 1 Mlonggo sebagai Guru Bimbingan Konseling. Saya sangat konsen terhadap masalah sosial dan perkembangan intelektual sosial peserta didik. Hobi saya adalah traveling, membut konten, menulis, dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demostrasi Kontekstual Modul 3.3

9 September 2024   21:13 Diperbarui: 9 September 2024   21:14 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3

"PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID"

OLEH: ABDULLAH SALAM, S.Pd.

CGP ANGKATAN 10 KABUPATEN JEPARA

DASAR FILOSOFI KHD

Pendidikan haruslah menyenangkan dan menanamkan kepribadian nasional

POIN/KOMPONEN PRFOFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

  • Beriman dan bertakwa pada Tuhan yang esa, berahlak mulia. Bahwa dengan menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman. Perbuatan tersebut merupakan ahlak atau perbuatan yang baik
  • Gotong royong, mandiri. Berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengelola sampah. Berusaha menanamkan pada orang lain tentang pentingnya pengelolaan sampah. Merasa yakin dan percaya diri pada program ini dapat membawa perubahan skala besar
  • Kreatif dan bernalar kritis. Pengolahan sampah berkelanjutan memerlukan ide kreatif agar sampah menjadi bernilai ekonomis. Menanamlan pemikiran tentang pentingnya pengelolaan sampah.

PRAKARSA PERUBAHAN

Gerakan Pengelolaan Sampah (GPS) yang ada di sekolah

TAHAPAN

PERTANYAAN

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA YANG DAPAT DIPERDAYAKAN PADA TAHAP INI

WAKTU YANG DIPERLUKAN

PENANGUNG JAWAB TAHAP INI

B-uat Pertanyaan Utama (Define)

Bagaimana kita dapat mengelola sampah yang berkelanjutan?

  • Berdiskusi dengan kepala sekolah, rekan guru, tenaga kependidikan tentang pengeloaan sampah
  • Menjalinkomunikasi dengan pihak terkait di luar sekolah yang sesuai dengan bidang ini

Melakukan wawancara dengan perwakilan tiap-tiap kelas untuk menguatkan ide di tahap awal

  • Kepala sekolah
  • Pendidik
  • Tenaga kependidikan
  • Puskesmas
  • Dinas lingkungan hidup
  • Orangtua/wali murid
  • Semangat gotong royong

1 minggu

CGP dan tim GPS

A-mbil Pelajaran (Discover)

  • Kegiatan apa saja yang telah dilakukan selama ini yang berhubungan dengan gerkan pengelolaan sampah?
  • Bagaimana respon warga sekolah terhadap masalah sampah yang menjadi masalah nasional?
  • Melakukan pengamatan secara langsung
  • Mengumpulkan jawaban terkait melalui angket atau daftar isian
  • Melakukan wawancara dengan pejabat fungsional di sekolah terkait program ini
  • Mengamati secara langsung
  • Curah pendapat/ brainstorming dengan murid terkait pengelolaan sampah
  • Computer / laptop untuk mengolah data
  • HP atau kamera untuk dokumentasi
  • Semangat untuk maju
  • Murid-murid

1 minggu

CGP dan tim GPS

G-ali Mimpi (Dream)

Bagaimana apabila murid sudah dapat mengelola sampah berkelanjutan?

Tindakan apa saja yang dapat dilakukan selanjutnya untuk mendukung program ini agar tetap berjalan / eksis?

Melakukan pengamatan secara langsung

Melakukan refleksi bersama terhadap program untuk meningkatkan kinerja/kwalitas

Melakukan diskusi dengan pendekatan coaching

Membina hubungan kemitraan agar tercipta hubungan yang harmonis

Melakukan diskusi dengan pendekatan coaching

Guru dan Murid

Semangat untuk maju

Gotong royong

1 minggu

CGP dan tim GPS

J-Abarkan Rencana (Design)

Apa yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset murid tentang pentingnya pengelolaan sampah?

Bagaimana mengolah sampah  secara berkelnajutan?

Apa saja tindakan lanjutan untuk mendukung kegiatan ini agar tetap eksis?

Berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat

Berkolaborasi dengan organisasi atau lembaga terkait pengelolaan sampah

Pendidikan atau pelatihan pengolahan sampah organic dan anorganik

Melakukan refleksi dan evaluasi

Melibatkan murid dalam merencanakan dan pelaksanaan program

Memberi kesempatan kepada murid yang ingin mengembangkan kemampuannya di bidang pengolahan sampah sebagai bekalilmu kelak

Tim GPS bersama murid berefleksi tentang kegiatan

Kepala sekolah

Guru (Tim GPS) dan murid

Dinas Lingkungan Hidup (DLH)

Puslesmas Mlonggo

Dunia usaha dan industri sekitar sekolah

1 bulan

CGP dan tim GPS

A-Tur eksekusi (Deliver)

Siapa saja yang dapat membantu saya dalam program gerakan pengelolaan sampah?

Berkolaborasi dengan kepala sekolah, teman sejawat, orangtua, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Puskesma dan organisasi lintas profesi

Open recruitment tim GPS tingkat murid sebagai kader-kader pengelolaan sampah

Open recruitment tim khusus pegolahan sampah organic dan anorganik 

Semangat dan gotong royong yang tiggi

Murid-murid

Temapat pengolahan sampah

1 tahun

CGP dan tim GPS

Murid-murid

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun