DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3
"PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID"
OLEH: ABDULLAH SALAM, S.Pd.
CGP ANGKATAN 10 KABUPATEN JEPARA
DASAR FILOSOFI KHD
Pendidikan haruslah menyenangkan dan menanamkan kepribadian nasional
POIN/KOMPONEN PRFOFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN
- Beriman dan bertakwa pada Tuhan yang esa, berahlak mulia. Bahwa dengan menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman. Perbuatan tersebut merupakan ahlak atau perbuatan yang baik
- Gotong royong, mandiri. Berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengelola sampah. Berusaha menanamkan pada orang lain tentang pentingnya pengelolaan sampah. Merasa yakin dan percaya diri pada program ini dapat membawa perubahan skala besar
- Kreatif dan bernalar kritis. Pengolahan sampah berkelanjutan memerlukan ide kreatif agar sampah menjadi bernilai ekonomis. Menanamlan pemikiran tentang pentingnya pengelolaan sampah.
PRAKARSA PERUBAHAN
Gerakan Pengelolaan Sampah (GPS) yang ada di sekolah
TAHAPAN
PERTANYAAN
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA YANG DAPAT DIPERDAYAKAN PADA TAHAP INI
WAKTU YANG DIPERLUKAN
PENANGUNG JAWAB TAHAP INI
B-uat Pertanyaan Utama (Define)
Bagaimana kita dapat mengelola sampah yang berkelanjutan?
- Berdiskusi dengan kepala sekolah, rekan guru, tenaga kependidikan tentang pengeloaan sampah
- Menjalinkomunikasi dengan pihak terkait di luar sekolah yang sesuai dengan bidang ini
Melakukan wawancara dengan perwakilan tiap-tiap kelas untuk menguatkan ide di tahap awal
- Kepala sekolah
- Pendidik
- Tenaga kependidikan
- Puskesmas
- Dinas lingkungan hidup
- Orangtua/wali murid
- Semangat gotong royong
1 minggu
CGP dan tim GPS
A-mbil Pelajaran (Discover)
- Kegiatan apa saja yang telah dilakukan selama ini yang berhubungan dengan gerkan pengelolaan sampah?
- Bagaimana respon warga sekolah terhadap masalah sampah yang menjadi masalah nasional?
- Melakukan pengamatan secara langsung
- Mengumpulkan jawaban terkait melalui angket atau daftar isian
- Melakukan wawancara dengan pejabat fungsional di sekolah terkait program ini
- Mengamati secara langsung
- Curah pendapat/ brainstorming dengan murid terkait pengelolaan sampah
- Computer / laptop untuk mengolah data
- HP atau kamera untuk dokumentasi
- Semangat untuk maju
- Murid-murid
1 minggu
CGP dan tim GPS
G-ali Mimpi (Dream)
Bagaimana apabila murid sudah dapat mengelola sampah berkelanjutan?
Tindakan apa saja yang dapat dilakukan selanjutnya untuk mendukung program ini agar tetap berjalan / eksis?
Melakukan pengamatan secara langsung
Melakukan refleksi bersama terhadap program untuk meningkatkan kinerja/kwalitas
Melakukan diskusi dengan pendekatan coaching
Membina hubungan kemitraan agar tercipta hubungan yang harmonis
Melakukan diskusi dengan pendekatan coaching
Guru dan Murid
Semangat untuk maju
Gotong royong
1 minggu
CGP dan tim GPS
J-Abarkan Rencana (Design)
Apa yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset murid tentang pentingnya pengelolaan sampah?
Bagaimana mengolah sampah  secara berkelnajutan?
Apa saja tindakan lanjutan untuk mendukung kegiatan ini agar tetap eksis?
Berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat
Berkolaborasi dengan organisasi atau lembaga terkait pengelolaan sampah
Pendidikan atau pelatihan pengolahan sampah organic dan anorganik
Melakukan refleksi dan evaluasi
Melibatkan murid dalam merencanakan dan pelaksanaan program
Memberi kesempatan kepada murid yang ingin mengembangkan kemampuannya di bidang pengolahan sampah sebagai bekalilmu kelak
Tim GPS bersama murid berefleksi tentang kegiatan
Kepala sekolah
Guru (Tim GPS) dan murid
Dinas Lingkungan Hidup (DLH)
Puslesmas Mlonggo
Dunia usaha dan industri sekitar sekolah
1 bulan
CGP dan tim GPS
A-Tur eksekusi (Deliver)
Siapa saja yang dapat membantu saya dalam program gerakan pengelolaan sampah?
Berkolaborasi dengan kepala sekolah, teman sejawat, orangtua, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Puskesma dan organisasi lintas profesi
Open recruitment tim GPS tingkat murid sebagai kader-kader pengelolaan sampah
Open recruitment tim khusus pegolahan sampah organic dan anorganikÂ
Semangat dan gotong royong yang tiggi
Murid-murid
Temapat pengolahan sampah
1 tahun
CGP dan tim GPS
Murid-murid
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H