Mohon tunggu...
Abdullah MuhammadHammam
Abdullah MuhammadHammam Mohon Tunggu... Lainnya - Ngopi

Ora Ngopi Ora Ni'mat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tanya Jawab Seputar Pernikahan

28 November 2021   18:57 Diperbarui: 28 November 2021   19:04 16944
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

في بادئ الامر اريد ان اعرفكم اسمي عبد الله محمد همّام, انا من غاروت جاوة الغربية
في هذه الفرصة اريد ان اكتب المقالة عن النكاح لإقامة الوظيفة الجامعة

Nikah secara Bahasa yaitu mengumpulkan atau menerima kumpul, dan itu tetep dari nikah adapun Seperti Perkataan Arab: Pohon-pohon saling kumpul, Apabila pohon itu condong dan menerima kumpul Sebagiannya dari sebagia.

Nikah secara istilah adalah Akad yang membutuhkan pada waktu diperbolehkannya bersenggama dengan lafadz nikah atau memperistri. Dan lafadz nikah secara hakikat dalam akad itu Majaz dalam bersenggama secara perkataan ulama yang paling benar.

Nikah bukan semata melakukan apa yang dilakukan Rasullah SAW, tetapi nikah juga untuk menjaga pandangan kita dan menjaga kemaluan kita, untuk menjaga keturunan. Namun, Nikah juga bukan nafsu semata maka nikah anjuran bagi yang mampu dan apabila belum mampu Shaum seperti yang diajurkan oleh Rasullah SAW.

Pada zaman era modernisasi ini banyak yang terjadi dikalangan masyarakat yaitu problematika terkait pernikahan seperti pernikahan lewat video, dan lain lain. Ada perbedaan antara berkeluarga dan pernikahan, berkeluarga itu sesudah pernikahan dan Pernikahan itu lebih kepada apa yang terjadi sebelum berkeluarga.

Tanya Jawab Seputar Nikah:

1. Akad Nikah Lewat Telepon

Sahkah melangsungkan akad nikah melalui telepon atau video call?

Jawaban:

Tidak sah karena sighot nikah disyaratkan harus shorih. Sedangkan ucapan ijab qabul melaluه telepon dihukumi kinayah.


Referensi:


الفوائد المختارة لسالك طريق الأخرة المستفادة من كلام العلامة الحبيب زين بن إبراهيم بن سميط جمع و تقديم: على بن حسن باهارون (246) : اَلتِّلِفُوْنُ كِنَايَةٌ فِي العُقُوْدِ كَالبَيْعِ وَ السَّلَمِ وَ الْإِجَارَةِ فَيَصِحُّ ذلِكَ بِوَاسِطَةِ التِّلِفُوْنِ, أَمَّا النِّكَاحُ فَلَا يَصِحُّ بِا لتِّلِفُوْنِ لِأَنَّهُ يُشْتَرَطُ فِيْهِ لَفْظٌ صَرِيْحٌ, وَ التِّلِفُوْنُ كِنَايَةٌ, وَ أَنْ يَنْظُرَ الشَّاهِدُ إِلَى الْعَاقِدَيْنِ, وَ فُقِدَ ذلِكَ إِذَا كَانَ بِا لتِّلِفُوْنِ, أَوْ مَا هذَا مَعْنَاهُ.

2. Talak saat bermain film

Jatuhkah talak seseorang yang diucapkan dalam sebuah adegan sinetron atau film karena tuntutan peran?

Jawaban:

Tidak, karena dalam pengucapannya tersebut tidak ada niat menjatuhkan talak.

Referensi:

الباجورى (2-140) – وَ الطَّلَاقُ ضَرْبَانِ صَرِيْحٌ وَ كِنَايَةٌ (قَوْلُهُ ضَرْبَانِ) أَيْ نَوْعَانِ وَ فِي نُسْخَةٍ قِسْمَانِ وَ الْمَعْنَى وَاحِدٌ وَ قَوْلُهُ صَرِيْحٌ وَ كِنَايَةٌ بَدَلٌ مِنْ قَوْلِهِ ضَرْبَانِ أَوْ قِسْمَانِ وَ يُشْتَرَطُ فِي كُلٍّ مِنْهُمَا قَصْدُ اللَّفْظِ لِمَعْنَاهُ عِنْدَ وُجُوْدِ الصَّارِفِ وَ إِنْ كَانَ الْأَوَّلُ لَا يُشْتَرَطُ فِيْهِ قَصْدُ الْإِيْقَاعِ وَ الثَّانِي يُشْتَرَطُ فِيْهِ ذلِكَ كَمَا سَيَذْكُرُهُ الْمُصَنِّفُ فَلَا يَقَعُ عَلَى مَنْ سَبَقَ لِسَانُهُ إِلَيْهِ وَ لَا عَلَى مَنْ سَبَقَ لِسَانُهُ إِلَيْهِ وَ لَا عَلَى الْحَاكِي كَلَامَ غَيْرِهِ وَ أَمَّا عِنْدَ عَدَمِ الصَّارِفِ فَلَا يُشْتَرَطُ فِيْهِ قَصْدُ اللَّفْظِ لِمَعْنَاهُ

3. Jimak Istri Haid Dengan Kondom

Apakah diperbolehkan jimak dengan Wanita haid dengan menggunakan kondom?

Jawaban:

Tetap tidak diperbolehkan. Kecuali hal itu merupakan satu-satunya jalan menghindari perzinaan.

Referensi:

نِهَايَةُ الزَّيْنِ فِي إِرْشَادِ الْمُبْتَدِئِيْنَ (ص: 34) – وَ التَّاسِعُ الْوَطْءُ وَ لَوْ بِحَائِلٍ ثَخِيْنٍ وَ لَوْ بَعْدَ انْقِطَاعِ الدَّمِ وَ قَبْلَ الْغُسْلِ – إِلَى أَنْ قَالَ – وَمَحَلُّ حُرْمَتِهِ إِذَا لَمْ يَخَفِ الزِّنَا فَإِنْ خَافَهُ وَ تَعَيَّنَ الْوَطْءُ فِي الْحَيْضِ طَرِيْقًا لِدَفْعِهِ جَازَ لِأنَّهُ إِذَا تَعَارَضَ عَلَى الشَّخْصِ مَفْسَدَتَانِ قُدِّمَ أَخَفُّهُمَا وَ لَوْ تَعَارَضَ عَلَيْهِ الْوَطْءُ فِي الْحَيْضِ وَ الاِسْتِمْنَاءِ بِيَدِهِ فَالَّذِي يَظْهَرُ أَنَّهُ يُقَدَّمُ الْاِسْتِمْنَاءُ فَإِنَّ الْوَطْءَ فِي الْحَيْضِ مُتَّفَقٌ عَلَى أَنَّهُ كَبِيْرَةٌ بِخِلَافِ الاِسْتِمْنَاءِ فَإِنَّ بَعْضَ الْمَذَاهِبِ يَقُوْلُ بِجَوَازِهِ عَنْدَ هَيْجَانِ الشَّهْوَةِ وَ هُوَ عِنْدَ الشَّافِعِي صَغِيْرَةٌ وَ يُؤْخَذُ مِنْ ذلِكَ أَنَّهُ لَوْ تَعَارَضَ عَلَيْهِ الزِّنَا وَ الْاِسْتِمْنَاءُ بِيَدِّهِ قُدِّمَ الْاِسْتِمْنَاءُ لِمَا ذُكِرَ وَ كَمَا يَحْرُمُ الْوَطْءُ فِي الْحَيْضِ يَحْرُمُ وَطْءُ حَلِيْلَتِهِ فِي دُبُرِهَا فِي الْحَيْضِ وَ عَيْرِهِ وَ لَوْ تَعَارَضَ عَلَيْهِ الزِّنَا وَ وَطْءُ الحَلِيْلَةِ فِي دُبُرِهَا قُدِّمَ الْوَطْءُ فِي الدُّبُرِ وَ لَوْ تَعَارَضَ عَلَيْهِ الْوَطْءُ فِي الدُّبُرِ وَ الْاِسْتِمْنَاءُ بِيَدِّهِ قُدِّمَ الْاِسْتِمْنَاءُ.

4. Kisah malam pertama

Bagaimana padangan syariat mengenai hukum menceritakan malam pertama pernikahan?

Jawaban

Tidak baik (makruh), bahkan bisa menjadi haram jika diceritakan secara mendetil

Referensi:

أسنى المَطَالِبِ (15/229) – (وَ يَكْرَهُ أَنْ يَطَأَ زَوْجَتَهُ أَوْ جَارِيَتَهُ بِحَضْرَةِ أُخْرَى) فَإِنَّهُ دَنَاءَةٌ (وَ أَنْ يَذْكُرَ مَا جَرَى بَيْنَهُمَا) لِذلِكَ وَ لِخَبَرِ مُسْلِمٍّ (إِنَّ مِنْ أَشَرِّ النَّاسِ عِنْدَ اللهِ مَنْزِلَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ الرَّجُلُ يُفْضِيْ إِلَى امْرَأَتِهِ وَ تُفْضِيْ إِلَيْهِ ثُمَّ يَنْشُرُ سِرَّهَا) قَالَ فِي الْمُهِمَّاتِ كَذَا أُطْلِقَ الْكَرَاهَةُ هُنَا وَ فِي الشَّهَادَاتِ لَكِنْ جَزَمَ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ بِأَنَّهُ يَحْرُمُ عَلَيْهِ أَنْ يُظْهِرَ مَا جَرَى بَيْنَهُمَا مِنْ أُمُوْرِ الْاِسْتِمْتَاعِ وَ وَصَفَ تَفَاصِيْلَ ذلِكَ قَالَ وَ أَمَّا مُجَرَّدُ الْجِمَاعِ فَيُكْرَهُ ذِكْرُهُ إِلَّا لِفَائِدَةٍ انْتَهَى وَ قَدْ يُجَابُ بِحَمْلِ التَّحْرِيْمِ عَلَى التَّفْصِيْلِ وَ الْكَرَاهَةِ عَلَى خِلَافِهِ.

5. Obat Kuat

Bagaimana hukumnya mengkonsumsi obat kuat sebelum bersenggama?

Jawaban:

Diperbolehkan. Bahkan, dianjutkan selama obat tersebut terbuat dari bahan yang hal dikonsumsi dan sesuai aturan kedokteran (tidak membahayakan) dan disertai dengan tujuan yang baik.

Referensi:

حاشية إعانة الطالبين (3/316) – وَ يُنْدَبُ التَّقَوِّيْ لَهُ بِأَدَوِيَّةٍ مُبَاحَةٍ مَعَ رِعَايَةٍ الْقَوَانِيْنِ الطِّبِّيَّةِ وَ مَعَ قَصْدٍ صَالِحٍ كَعِفَّةٍ وَ نَسْلٍ لِأَنَّهُ وَسِيْلَةٌ لِمَحْبُوْبٍ فَلْيَكُنْ مَحْبُوْبًا وَ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ يَتْرُكُ التَّقَوِّيَ الْمَذْكُوْرَ فَيَتَوَلَّدُ مِنَ الْوَطْءِ مَضَارٌّ جِدًّا.

Mahasiswa Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam

Nama: Abdullah Muhammad Hammam

Kelas: PAI-B Semester 5
NPM: 24062119002

Dosen: Anton,S.Pd., M.E., Sy

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun