Mohon tunggu...
Tri Sapta Mw
Tri Sapta Mw Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis untuk menambah pengetahuan. Amunisi menulis adalah membaca.

Bekerja di Sekolah Tetum Bunaya Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

LokalCorn Startup Lokal Go Nasional_Tri Sapta Marsiawati

5 Agustus 2021   23:34 Diperbarui: 14 Agustus 2021   18:02 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti kita ketahui Indonesia multi kultur. Keanekaragaman itu untuk mempersatukan dan menguatkan. Pengembangan ide startup lokal untuk berkembang. Untuk mencurahkan ide kreatifitas lebih maksimal. Sejalan dengan jiwa kreativitas masyarakat Indonesia.

Dua tahun ini berbeda, masyarakat Indonesia harus melakukan penyesuaian, tetapi tidak menyebabkan semangat untuk berkembang pudar.


TribunNews.com dan HP Indonesia melihat ini sebagai peluang Indonesia dimasa yang akan datang. Untuk akselerator transformasi digital Indonesia dengan menghadirkan LokalCorn.

Mengutip dari Ibu Fiona lee, managing director HP di Indonesia, HP Indonesia berkomitmen untuk mendukung startup dan UMKM. Dalam memajukan transformasi digital melalui berbagai teknologi, layanan dan platform dan inisitiaf. Sejalan dengan tagline HP keep reinventing, bekerja sama dengan TribunNews.com yang mempunyai tagline mata lokal menjangkau Indonesia. Jadilah program Lokalcorn.

LokalCorn adalah merupakan ajang startup lokal untuk go nasional yang diharapkan memberikan impact masa depan Indonesia. Melalui pilar teknologi. Sebagai pilar terpenting dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik. Selain mencari juara startup lokal memberikan kesempatan belajar dengan ahli startup lokal.

Belajar bagaimana pengembangan ide startup lokal untuk berkembang  dengan para nara sumber yang biasa disebut rocket. Melalui webminar dua hari berturut-turut tanggal 27-28 Juli 2021. Hari pertama temanya: Kembangkan Diri, Ide, & Potensi StartUp Lokal di Kancah Nasional! Para Roket William Sunito,  Gibran Huzaifah, Fransiska P.W .  Hari Kedua bertemakan: Maksimalkan Peluang Bisnis, Ini Saatnya StartUp Lokal Go Nasional! Roketnya Diajeng Lestari dan Juvenco Pelupessy. Moderator dalam dua hari webminar, Brenda Kwan

William Sunito founder dari TokoWahab merupakan toko bahan kue. Ada toko offlinenya. Pada saat pandemi ini disarankan belanja lewat online saja. William memahami untuk membangun startup tidak bisa berfokus hanya pada keuntungan.

Lulusan dari University of Washington, Massachussetts Institute of Technology. Bisnisnya adalah B2B E-commerce untuk bakery, pastry, cafe shop, restaurant, retail. Relasinya manufacture, importer, dan distributor. Bekerja dengan 4000 UMKM dan 25 brand baik nasional mau internasioanal.

Value dari TokoWahab dari tahun 2015, wholesale, trust, convenience, dan education.

William pada forum webminar bicara lebih jauh tentang journey entrepreneur- being an entrepreneur is the new cool thing.


7 mispersepsi

Entrepreneurs itu individual

Entrepreneurs itu kerja tim bukan individu

Entrepreneurs harus paling pintar

Sekolah tidak menjamin keberhasilan. William: sekolah di luar negeri sangat bagus tetapi ia merasa hanya 20 persen yang bisa digunakan, sebab di Indonesianya budayanya berbeda. Bisnis dan konsumen berbeda. Bukan berarti harus paling pintar, penting pelaksanaannya

Entrepreneurs are born not made- pada kenyataannya karir tergantung pada pilihan. Bila orang tua pekerja maka anaknya akan pekerja juga. Tidak pada William, kembali ke Indonesia menemukan peluang besar, pada entrepreneurs.

Entrepreneurs love risk- risiko harus dikalkulasi. Kerugian harus dihitung.
Entrepreneurs are succesful because they are charismatic-pelaku bisnis tidak bisa membuat semua konsumennya senang.

Entrepreneus are lucky- keberuntungan menurut William adalah persiapan dan peluang. Keberuntungan tidak datang begitu saja. 2016-2017, tidak ada yang kenal dengan TokoWahab.

Tahun 2019 datang pandemi. Peluang besar adalah pasar pandemi. TokoWahab Menggunakan user based, mendapatkan pertumbuhan 25 %. Tahun 2020 Market E-commerse besar. Mendapatkan opportunity seperti keberuntungan.

Entrepreneurs are undisciplined-Banyak yang bilang entrepreneurs mempunyai waktu yang fleksibel, padahal pelaku bisnis sangat disiplin. Orang menilai mereka bekerja jam 01.00 malam. Sebenarnya mereka sangat fokus dan mempunyai time prime sendiri. Kwan menambahkan ketika orang bekerja William sudah istirahat.

Apa yang Membuat Sukses?

Tim

Eksekusi

Pasar

Ide, cara menumbuhkan ide, lihat target market.  Amati Segmen. Hasilnya akan membuahkan ide. Seperti Piramida. Melihat paling umum. Paling bawah  target market. Hingga bisa dikerucutkan, paling atas adalah ide yang diimplementasikan. Pada awalnya ide masih mentah, mematangkannya melalui riset.

Cara memilah ide. Untuk menentukan proyeksi pengembangan startup. Seberapa penting konsistensi pengembangan ide.

Eksekusi harus ada matrik. Misalnya punya target market,  20 UMKM,  list demograpi, geografi, dan psikografis. TokoWahab selalu mempunyai matrik bila ingin mentargetkan juga ada return of investmen.

Bisnis Startup lebih luas dari itu, dituntut memiliki pola pikir yang panjang dan memiliki ide yang bisa diimplementasikan, dan bisa berdampak pada masyarakat luas.

Start up bukan semata-mata mencari uang tetapi value. Fokus pada value the money to come.

Memastikan keberlangsungan usaha dari UMKM lebih dari setahun. 10 persen dari 20 persen dari manucfature. 60-70 persen dari market share  bakery dan pastry adalah UMKM.

Tahun 2015-2016 tidak ada distributor yang menargetkan UMKM, berarti ada peluang bisnis.

Jadikan profit sebagai modal untuk mengembangkan bisnis secara efisien.

Titik terendah saat pandemik karena distributor menghentikan pengiriman barang. Beruntungnya target dari tokowahab adalah UMKM. Selama pandemi banyak orang terkena layoff, isterinya membuka bakery kecil. Dari targeting selama pandemi menjadikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Selama pandemi tokowahab, tidak memberhentikan karyawan. Malah menambah tenaga kerja terutama sales manager.

Mengambil data konsumen, supplier dan vendor.

Peran teknologi bagi startup penting sekali. Terutama untuk e-commerce (Ivan Lanin: niaga-el) bisa reach out/mencapai UMKM lebih luas lagi dengan cost minim. Bila tidak menggunakan teknologi maka akan menggunakan sales force yang harus door to door. 

Kemudahan saat pandemi ini bisa meeting secara online.

Teknologi memudahkan  proses  analisa data, untuk menentukan strategi bisnis. Memudahkan menggunakan data dengan benar. Contohnya untuk marketing dan ekspasi dengan cost yang lebih rendah.

Di Indonesia jarang orang mencari produk B2B secara online karena pandemi mereka tidak ada pilihan. Membuat toko seperti TokoWahab bertumbuh saat pandemik. Dengan teknologi pada saat pandemi harusnya growth-nya 5 tahun menjadi 2-3 tahun.

Tips yang sedang membangun startup. Bangunlah perusahan rintisan untuk berpikir jangka panjang. Startup bukan lari cepat tetapi lari maraton. Jangan fokus pada uang tetapi value apa yang bisa diberikan pada masyarakat, apa yang bisa bantu konsumen dan rekan bisnis. Bila sudah bisa 'create value' uang akan mengikuti. Harus bisa melihat bisnis dalam 5-10 tahun. apa yang bisa diberikan kepada konsumen rekan bisnis termasuk karyawan. Mengapa harus ikut lokalcorn? Jawaban William  membantu mengembangkan bisnis.

dokpri
dokpri
Fransiska P.W, co-founder WomenWorks, memahami ekosistem bagi pemula  terutama wanita, sangat menantang, dinamis membutuhkan arahan serta mentorship. Ingin sekali rintisannya menjadi jembatanan sekaligus rumah aman dalam pemberdayaan dan mendukung perempuan Indonesia dalam pengembangan bisnis.


Empowering Women

WomenWorks  adalah platform untuk memberdayakan perempuan untuk membantu personal life. 

Fransisca share tentang ide,latar belakangnya engineering. Coding. Selama 9 tahun tidak pernah punya mentor perempuan. 

Pentingnya mentor: sangat membantu untuk navigasi karir bila mempunyai masalah ada tempat untuk share. Ada role model yang bisa dilihat sampai fransica merasa i'm belong her merasa memiliki mentor.

Cara membangun startup.  

-Buat Tim member/ founder. Dalam startup sering terjadi hal seperti pertengkaran. Masalahnya karena perusahaan bukan karena masalah keluarga/pribadi.

Item yang lain,  memilih co founder, sebab  untuk hubungan jangka panjang, untuk saling melengkapi dan mengenal lebih dalam. Kenal cukup lama . 

Dalam webminar ini, Fransisca mengangkapkan tentang kesetaraan perempuan. Ia menyajikan data presentasi tentang perempuan. Gender ini lebih banyak presentasi dalam peluang nikah, presentasi perempuan  menikah. Masih bagus perbandingkannya dalam hal total perempuan sarjana 4 tahun. Juga dari segi sarjana yang bekerja.plus  perempuan yang memilih keluarga.

Aktif yang bekerja workforce perempuan hanya 55.5% sangat jauh perbandingannya dengn laki-laki. Ada yang sulit menentukan target karena bukan pilihannya

-Perhatikan Problem. Menemukan masalah visi misi yang jelas. Visi menentukan tim member.

Women workforce akan terlihat pada manajer ke atas. Presentasinya turun. Presentasi wanita paling rendah. Dicari solusi agar perempuan setara dengan laki-laki.

Dalam startup womenWork, laki-laki diberi kesempatan karena semuanya berkembang apabila bekerja sama bareng. Semua kolaborasi untuk mencapai tujuan.


Womenwork membuat kelas learning seperti master class, menjalani  yang telah mereka jalani. Diberikan koneksi agar orang di luar mengenal. Having a relatable figure to support. Listen and empower them.

-Resilience 

Produknya benar, marketingnya benar

Misalnya sebuah startup yang sangat terkenal sekarang, dulunya biasa saja, driver tidak mengenakan seragam. Sekarang aplikasi ini luar biasa. Banyakmembantu masyarkat luas. 
Produk pertama tidak sempurna tidak apa. Dikatakan  app-nya jelek, tak masalah. Masukkan saja dalam resilience.

Pesan Fransiska, sukses itu tidak berarti sukses terus. Sukses adalah orang yang jatuh langsung bangkit lagi.

Zero to one thousand

Gibran Huzaifah, founder dan CEO Efishery, membantu peternak ikan untuk mengontrol pakan ikan.

Memaparkan bukan hanya tentang starting idea tetapi hingga realisasi.

Awalnya kuliah aquakultur, dosen bercerita tentang Vietnam termasuk tertinggi catfishnya, difillet-rebranding dikirim ke USA. Dori fish adalah patin. Bukan ikan Dori. Gibran  terinspirasi. Pulang dari kelas itu langsung cari kolam 400 rb per tahun jauh lebih murah dari kost  Buat kolam jual ke tengkulak. 1 kolam jadi 24 kolam lulus jadi 76 kolam. 

Orang Indonesia banyak yang menganut sebuah motto good is enemy to great. Sudah senang jadi biasa-biasa saja. Kita sering lupa bisa menjadi something great. Belajar jadi besar. Ngobrol dengan petani. Dari obrolan ada masalah 70-90%  Kalau karyawan menjual pakan kepada orang. Solusinya berdoa. Solusinya tidak ada

Perjalanan Gibran dalam merintis usaha.

Dua bulan membuat prototype, banyak pre order. Mencari co founder. Menyewa rumah tinggal bersama isteri, karyawan, dan  engineering.

Hal yang perlu digaris bawahi orang untuk berinvestasi

Return

Risk

Likuidasi

Diajeng Lestari

Hal yang harus diperhatikan dalam startup:

Lean startup

Open dalam berkomunikasi dengan sesama

Result. Menetapkan KPI (Key Performance Indicators) sejak awal sudah  tahu seberapa efektif perusahaan mencapai tujuan.

Dinamis. Ketika rencana tidak berjalan, harus cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri

Singkatannya menjadi Lord kembalikan semua kepada Tuhan

Mengapa harus ikut LokalCorn, kesempatan untuk berkontribusi bagi Indonesia.

Scale up business untuk startup lokal, product value dan Differentiation

How to grow business? Value costumer proposition. Apa manfaat pelaku bisnis ditengah market. Banyak yang bertanya, saya mempunyai ide bisnis tetapi sudah banyak yang menngunakan, bagaimana mendiferensiasi. Bagaimana men-generate ide untuk membuat startup.

Pertama, hal  yang harus dibuat. Harus diskripsikan misalnya Hijup ingin menjadi yang pertama dan terbesar. Untuk apa? Untuk online Islamic fashion platform. Pada saat Hijup berdiri, hal itu di Indonesia belum ada. Juga mode fashion yang spesifik belum ada. Kalau general sudah ada. Di luar negeri, misalnya Inggris mempunyai ASOS, platform fashion khusus anak muda.

Di Amerika ada Nasty Gal  fashion khusus untuk perempuan yang suka pesta. Di Amerika segmennya banyak.

Di Indonesia untuk pasar Islamic fashion besar sekali. Mendiskripsikan hijup seperti apa? Membuat Hijup menjadi yang pertama dan memimpin pasar di Indonesia. Apa yang membedakan dengan yang lain? Hijup menawarkan produk-produk terbaru trendi dengan pilihan yang sangat banyak. Puluhan ribu produk..

Kedua: make high quality modest fashion affordable. Mengapa ini penting?

Selain harus bisa mendifinisikan.  Harus perhatikan Market fit, produk yang sesuai dengan pasar  yang  ada. Di Indonesia dari demografinya bisa disegmen  b, c, d bahkan e. agar terjangkau dibuat target ke b, b+, b-

Misi sekaligus nice-nya hijup dengan yang lain adalah menggunakan teknologi dan fashion untuk menghubungkan  lokal designer atau brand ke market yang lebih luas. Nasional dan global.

Market Potensial

Sebuah ide harus bisa di-scale-up/ditingkatkan. Untuk scale-up harus juga diperhatikan marketnya. Kalau marketnya kecil akan sulit di scale-up.

Bila tidak menggunakan teknologi pasarnya misalnya menyewa di mall sebulan 20 juta, orang yang datang ke mall tetap tidak meningkat. Bila menggunakan teknologi, harusnya uang digunakan untuk bayar sewa toko dialihkan menjadi menyewa server dan mempekerjakan tenaga IT untuk membuat website. Orang datang 200, siap. 2000 yang datang siap. Bahkan yang datang 2 juta pun masih bisa. Jadi dengan teknologi, market-nya pun bisa di-scale-up

Setelah melakukan riset, Indonesia termasuk negara ke tiga yang belanjanya tinggi. Trendnya naik dari tahun ke tahun.

Milestone Hijup

2011 dibentuk kemudian melakukan pendanaan mandiri.

2014 mendapat pendanaan untuk pertama kalinya.

Hijaup masih bibit.

Brand Positioning

Satu brand tidak bisa semuanya. Analogi dengan ikan yang di lautan. Ada ikan paus, ada ikan teri. Hijup diawalnya adalah kualitas tinggi, harganya tidak rendah. Untuk men-scale-up pasar yang harus dilakukan adalah menurunkan harga karena pasarnya banyak diposisi tersebut.

Strengthening

Jawaban dari pertanyaan customer value positioning, adalah dengan cara mengkomunikasikan brand. Bentuknya berupa Hijup produknya dari brand berkualitas tetapi harganya terjangkau.

Untuk lebih meyakinkan lagi brand-brand tersebut aktif dalam pergelaran dunia. Seperti fashion week dunia.

Tenant dan Produk

Tahun 2011 tenant ada 11, meningkat menjadi 2000 pada tahun 2018

Brand equity dan int exposure

Dari sosial media hingga international exposure, international media baik online maupun offline, juga lokal media.

Hijup new-partnership model. Hijup menjadi ekosistem muslim dan mode fashion, tak hanya diplatform di B2C tapi juga di loka pasarnya. Berupa finance, marketplace (loka pasar) dan marketing.

Skystarcapital membantu pelaku teknologi dan pengusaha Indonesia mendapatkan panggung dunia.

Juvenco Pelupessy

Banyak memberikan pendanaan terhadap startup di kawasan Asia pasifik.

Mulai tahun 2016 sudah berinvestasi pada 34 perusahaan. Tiga yang sudah mentas kudo, Carro, automotive . marketplace menjadi unicorn: Hijup dan Sirclo

Deal flow funnel

Biasanya hanya 5 persen bisnis plan yang diterima akan ditindak lanjuti. Masuk tahap screening biasa membicarakan chemestry, apakah founder-nya memahami hal yang dilakukan

Untung rugi dari startup. Due Diligence, ada proses masuk dalam data ROM. Semua data-data dilihat: data reveneu, sampai laba dan ruginya. Deal structuring. Post investement Activity dan terakhir exit plan.

Investment journey, pada bagian VC investor ini hanya market dan produk saja yang diperiksa.

Resiko yang tidak bisa dikontrol adalah karakter dari founder. Apakah mudah untuk bekerja sama. Dilihat juga bagaimana ia melihat produknya.

Kriteria investasi

Timing

Team

Product

Business Model

Funding

Mengapa Venture Capital mau menginvestasikan dananya? Menjawab pertanyaan ini: dari sumber keuangan VC. Venture Capital membuat suatu pembiayaan, jangka waktu 10 tahun. VC mendapat komisi (gaji, administrasi VC 2 %),  20 % untuk VC dan 80 % untuk investor VC. Biasanya masuk ke sebuah perusahaan dengan harga murah dan keluar sudah tinggi.

dokpri
dokpri

Mengapa startup harus mengajukan pendanaan ke VC? Kekurangan dana.

Waktu yang tepat untuk mencari Venture Capital,tidak ada yang mau menanam investasi pada perusahaan yang sudah kehabisan dana. Perusahaan yang bagus masih ada dana, akan dicari-cari oleh VC

Banyak tips dari Juvenco Pelupessy bisa dilihat di chanel Youtube #lokalCorn

Semoga ringkasan dari webminar ini menjawab pertanyaan tentang cara membedah ide startup? Membangun tim dan mengembangkan bisnis startup agar dapat konsisten. Terus membuka kesempatan baru serta mampu bersaing, dari Lokal Go Nasional. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun