Pemikiran Anthony Giddens : "Modality, dan Bisnis BANAGIH''
Anthony Giddens merupakan tokoh sosiolog yang berasal dari Britania Raya. Ia lahir pada tanggal 18 Januari 1938 di London Utara. Giddens terkenal dengan teorinya strukturisasi dan pandangan-pandangannya terhadap masyarakat modern. Strukturasi adalah suatu proses bagaimana  aktor  mereproduksi  struktur, melalui sistem  interaksi yang  muncul sebagai  hasil  dari penggunaan struktur (Achmad, 2020). Pemikiran Giddens mengenai interplay antara struktur dan agensi dalam teori ini memiliki kesamaan dengan konsep co-determination antara perkembangan teknologi dan praktik-praktik sosial dalam perspektif determinasi sosial (Octavianto, 2014). Teori strukturisasi menepis pertentangan dan upaya untuk menemukan pertautan setelah terjadinya pertentangan antara struktur fungsional dengan konstruksionisme-fenomenologis. Teori strukturisasi pada dasanya membahas terkait bagaimana manusia secara bebas dapat membentuk, menentukan, dan membangun lingkungan hidupnya sendiri.
Giddens menawarkan konseptualisasi ulang antara 'makro' dan 'mikro' berkaitan dengan cara bagaimana interaksi dalam konteks pertemuan muka dilibatkan secara struktural dalam sistem-sistem perentangan ruang dan waktu yang luas, dengan kata lain, bagaimana sistem-sistem seperti ini menjangkau sektor-sektor luas dari ruang dan waktu (Giddens dalam Syahri, 2015)
Teori strukturasi Anthony Giddens mendasarkan diri pada pengidentifikasian hubungan yang berlangsung antara individu dan institusi sosial. Teori ini meletakkan keseimbangan peran yang dimainkan aktor (manusia) dengan pilihan terbatas yang ada dalam sejarahnya dan yang ada dalam tatanan sosialnya. Di satu sisi, manusia memiliki pengetahuan yang dibatasi dan tidak memiliki seluruh preferensi atas tindakannya. Pada sisi yang lain, manusia adalah pencipta struktur sosial dan penyebab perubahan sosial (Giddens, 1984; Craib, 1992). Teori ini memperjelas bahwa agensi dan struktur adalah dua hal yang saling berkaitan erat karena merupakan dualitas struktur. Manusia sebagai actor dalam menciptakan struktur masyarakatnya sendiri melalui penciptaan norma dan nilai-nilai, serta rancangan penerimaan sosial. Namun selain penciptaan, manusia juga mendapatkan pembatasan dari struktur sosial. Giddens menggambarkan struktur sebagai modalitas, berupa seperangkat tata aturan dan berbagai sumber daya yang mengendalikan bahkan mengarahkan tindakan manusia. Tindakan manusia dibatasi oleh aturan, tetapi sumber daya menyediakan fasilitas bagi tindakan manusia (Giddens dalam Achmad, 2020)
Didalam teorinya, Giddens memperkenalkan konsep 3 struktur besar yaitu:
- Struktur signifikasi atau yang dapat disebut 'penandaan' merupakan skema simbolik yang berkaitan dengan komunikasi.
- Struktur Legitimasi berkaitan pada norma-norma dan aturan dalam tata hukum, sementara
- Struktur Dominasi terbagi menjadi struktur dominasi otoritatif yaitu berkenaan dengan penguasaan atas peran seseorang, sementara struktur dominasi alokatif berkaitan dengan penguasaan perekonomian atas suatu barang.
Strukturasi adalah suatu proses bagaimana aktor mereproduksi struktur, melalui sistem interaksi yang muncul sebagai hasil dari penggunaan struktur. Sistem hubungan yang menunjukkan bahwa aturan membatasi interaksi sosial aktor, sementara sumber daya memfasilitasi dan mereproduksi interaksi sosial aktor. Secara universal memang struktur yang berupa nilai-nilai moral, tradisi, impian ideal, bahkan institusi sosial bersifat stabil, namun demikian struktur dapat diubah apabila terdapat tindakan yang tidak disengaja. Misalnya, ketika manusia meninggalkan norma sosial, manusia akan mengganti atau mereproduksi norma sosial lainya dengan cara yang berbeda (Giddens dalam Achmad, 2020)
Pada konsep kali ini, kita akan berfokus pada konsep modalitas yang dikenalkan oleh Giddens dan apa kaitannya terpada bisnis BANAGIH. Konsep modalitas akan berguna dalam hal memberikan pemahaman untuk kita dapat mengetahui perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat
What : Apa itu konsep modalitas?
Modalitas menitikberatkan pada kemampuan seseorang untuk dapat menciptakan dan menentukan nasib mereka lewat keputusan-keputusan dan tindakan yang ambil. Konsep ini tentunya dapat dikaitkan terhadap pengambilan keputusan dalam bisnis dalam aspek strategi pemasaran, bahkan dalam inovasi dan kreatifitas produk. Â Modalitas terdiri atas tiga dimensi yaitu dimensi spasial, dimensi temporal, dan dimensi konstekstual. Dimensi spasial berkaitan bagaimana individu dapat melakukan interaksi dengan melibatkan komunikasi baik secara langsung maupun jarak jauh. Dimensi temporal berkaitan dengan bagaimana individu dapat mengelola kemampuannya dalam beradaptasi atas adanya perubahan yang akan dihadapi dan mampu memproyeksikan masa depannya. Sedangkan dimensi konstekstual berkaitan dengan bagaimana individu bertindak menyesuaikan normal-norma aturan dan nilai sosial yang ada.
Terkait strukturisasi yang telah dibahas sebelumnya, modalitas berperan penting untuk dapat memahami konsep strukturisasi sebenarnya. Modalitas menjelaskan bagaimana sifat-sifat struktur. Giddens menjelaskan bahwa modalitas ini yang menggambarkan ketergantungan pada dualitas struktur karena dapat menyajikan sebuah kasus dimana suatu individu yang memiliki pengetahuan akan dapat menggunakan sumber daya yang ada bagi mereka untuk mengubah kebijakan, standar, maupun norma yang diterapkan secara paksa oleh struktur tersebut kepada mereka.
How : Bagaimana kaitannya Modalitas terhadap bisnis BANAGIH?
BANAGIH merupakan Bakso Goreng Enak Bikin Nagih. Basreng ini sangat aman untuk di konsumsi oleh berbagai kalangan usia karena terbuat dari bahan-bahan yang terjaga kualitasnya tanpa penggunaan bahan pengawet. BANAGIH memiliki beberapa level pedas yaitu:
- Level 1 original daun jeruk;
- Level 2 Pedas Sedang Daun Jeruk;
- Level 3 Sangat Pedas Daun Jeruk.
BANAGIH diproduksi dan dipasarkan dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan diantaranya:
- BANAGIH merupakan makanan untuk semua kalangan, lezat, dan terbuat dari bahan-bahan yang di jamin berkualitas tinggi
- Harga jual dari BANAGIH termasuk kategori harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat sehingga siapapun dapat membeli dan menikmati produk BANAGIH.
- Pengemasan BANAGIH akan dilakukan dengan menggunakan Standing Pouch yang ramah lingkungan. Selain tujuan penggunaan mempermudah konsumen untuk dapat menyimpan produk setelah di konsumsi serta mempermudah konsumen untuk menyantap BANAGIH dimana saja, juga bertujuan sebagai bentuk komitmen BANAGIH dalam menjaga lingkungan hidup.
Analisis Segmenting, Targeting, dan positioning dalam bisnis BANAGIH adalah:
- Segmentasi:
Segmentasi pasar Basreng "BANAGIH"' adalah remaja sampai dewasa khususnya pada pelajar dan kalangan mahasiswa yang biasanya memiliki kebiasaan mengemil yang sangat tinggi. Harga BANAGIH dijual dengan menyesuaikan kemampuan kantong pelajar dan mahasiswa yang hanya dipatok seharga Rp23.000/pcs dengan ukuran 250gr. Penjualan yang dilakukan secara online tidak membatasi lingkup target penjualan, sehingga pemasaran tidak terpaku pada suatu daerah tertentu dan dapat menjangkau seluruh pelajar dan mahasiswa di seluruh daerah
- Targeting
Target utama penjualan produk "BANAGIH'' adalah kalangan masyarakat yang memiliki kesenangan untuk makanan dengan cita rasa gurih. Tidak hanya pada kalangan remaja dan dewasa, target produk BANAGIH adalah untuk semua kalangan usia. Dengan adanya 3 level tingkat kepedasan, hal ini membuat BANAGIH juga dapat dinikmati oleh anak-anak dan orang tua
- Positioning
BANAGIH adalah singkatan dari Basreng Enak Bikin Nagih. Sesuai dengan namanya, BANAGIH menciptakan citra produk yang selalu dicari oleh konsumen karena cita rasanya yang enak dan produknya yang berkualitas. Produk yang berkualitas, bersih dan proses produksi yang terjaga dan aman untuk dikonsumsi oleh seluruh kalangan usia, akan menciptakan pandangan bagi masyarakat bahwa 'ngemil' bukan hal yang sangat buruk bila mengkonsumsi makanan yang berkualitas baik dengan harga yang tidak harus mahal. Dengan mematok harga Rp23.000/pcs, produk BANAGIH dapat dijangkau oleh seluruh kalangan. Selain itu, BANAGIH akan menekankan pada kualitas pengiriman yang cepat, dan layanan pelanggan yang super tanggap. Sehingga BANAGIH akan mempu mempertahankan konsumen lama, dan dapat menarik konsumen baru lewat ulasan yang telah diberikan oleh konsumen lama.
Lalu bagaimana hubungan modalitas terhadap bisnis BANAGIH?
Modalitas terhadap bisnis BANAGIH berkaitan dengan aspek dalam menyediakan makanan yang berkualitas kepada pelanggan. BANAGIH berkomitmen untuk dapat menyajikan makanan yang sehat dan lezat dengan menggunakan bahan-bahan yang terjaga secara kualitas. Beberapa hal yang BANAGIH terapkan yaitu dengan menjaga penggunaan bakso ikan yang berkualitas tinggi dan lezat, penggunaan bubuk cabe asli yang bersih dan aman tanpa pewarna, minyak goreng dan bumbu yang tentunya berkualitas. Lewat komitmen ini, BANAGIH dapat dinilai mampu mengarahkan dan mencitpakan nasib bisnis dari BANAGIH sendiri lewat keputusan-keputusan dan berbagai tindakan untuk mencapai hal tersebut. Hal ini tentunya sejalan dengan konsep Modalitas yakni kemampuan untuk dapat menciptakan dan menentukan nasib mereka lewat keputusan-keputusan dan tindakan yang ambil.
Selain itu, dalam modalitas aspek inovasi dan kreatifitas sangat berperan penting. Sesuai dengan misi BANAGIH yaitu:
- Mengenalkan produk basreng BANAGIH kepada masyarakat luas
- Mempertahankan cita rasa khas dari BANAGIH yang gurih dan lezat dengan berkualitas tinggi serta melakukan pengembangan varian rasa dari BANAGIH seperti varian keju, balado, dan jagung.
- Terus melakukan berbagai inovasi dengan mengikuti trend dan kebutuhan masyarakat.
- Memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumen dengan menjunjung tinggi nilai sikap profesionalisme
BANAGIH senantiasa untuk terus melakukan peningkatan kualitas produk maupun kualitas pelayanan, serta selalu berupaya untuk terus melakukan pembaharuan. Pembaharuan ini dilakukan dengan terus menyesuaikan kebutuhan pelanggan serta tren yang ada dan berkembang secara luas dimasyarakat. Salah satunya lewat inovasi rasa varian dari BANAGIH seperti keju, balado, dan jagung. Bentuk kreatifitas juga dicerminkan lewat berbagai promo yang ditawarkan oleh BANAGIH. Seperti pembelian sejumlah produk akan mendapatkan hadiah mug, tumblr atau tas canvas. Hal ini salah satu bentuk ide kreatif yang akan diterapkan pada BANAGIH. Penyesuaian yang dilakukan BANAGIH tersebut merupakan salah satu bentuk cerminan dari penerapan modalitas dimensi temporal yakni berkaitan dengan kemampuan BANAGIH untuk dapat beradaptasi dengan adanya perubahan kebutuhan masyarakat serta mampu memproyeksikan masa depan lewat keputusan strategi bisnis yang diterapkan.
Selain berkaitan dengan pengambilan keputusan, inovasi, dan kreatifitas, modalitas juga berkaitan erat dengan model pemasaran dari bisnis BANAGIH. Bisnis BANAGIH akan melakukan strategi pemasaran secara online. Pemasaran ini dilakukan melalui berbagai platform digital yang memanfaatkan media sosial dalam menarik pelanggan. Beberapa media yang BANAGIH gunakan untuk penjualan diantaranya adalah TIKTOK Shop, Shopee, Tokopedia, Facebook dan Instagram. Toko online BANAGIH ini akan mempermudah pelanggan yang jauh untuk dapat juga menikmati cita rasa BANAGIH sehingga cakupan konsumen pada BANAGIH semakin luas dengan penerapan toko online sebagai media pemasaran. Namun tidak menutup kemungkinan pula dimasa depan BANAGIH akan membuka toko secara offline. Pembukaan toko offline ini juga menjadi bentuk strategi pemasaran untuk menarik konsumen dengan menciptakan pengalaman dan kenyamanan belanja bagi konsumen.
Selain itu, Edukasi dan pemberian informasi secara jelas juga menjadi bagian aspek modalitas yang berperan penting. Pelanggan berhak untuk menerima dan mengetahui informasi terkait komposisi bahan, gizi, dan manfaat kesehatan. Hal ini akan mempu membentuk kepercayaan pelanggan. Lewat kepercayaan ini penjualan BANAGIH akan dapat semakin meningkat dan mendatangkan keuntungan. Â
Sesuai dengan konsep modalitas dimensi spasial yakni berkaitan bagaimana individu dapat melakukan interaksi dengan melibatkan komunikasi baik secara langsung maupun jarak jauh. BANAGIH juga menerapkan hal ini dalam pelaksanaan bisnisnya. BANAGIH menyediakan layanan tempat pelanggan untuk dapat menyampaikan keluhannya melalui customer service yang siap sedia. Hal ini menunjukkan bahwa BANAGIH berkomitmen untuk dapat menjalin komunikasi dengan pelanggan secara baik, bertanggung jawab, serta melayani pelanggan dengan sepenuh hati.
Why : Mengapa konsep modalitas berperan penting dalam peningkatan penjualan BANAGIH?
Modality Anthony Giddens berperan penting dalam pelaksanaan Bisnis BANAGIH. Dimana modality membentuk pemahaman bagi suatu individu bahwa mereka memiliki peranan yang aktif dan otonom dalam pengambilan keputusan terkait makanan yang sehat dan lezat. Modality menunjukkan bahwa kontrol diri oleh suatu individu dalam mengelola hidup mereka dapat dilakukan termasuk dalam konteks bisnis makanan yang sehat dan lezat. Konsep modality memudahkan pebisnis untuk memahami bagaimana kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait makanan yang akan mereka konsumsi. Dengan menyediakan berbagai pilihan rasa dengan tingkat kepedasan yang berbeda menunjukkan bahwa BANAGIH ikut turut melibatkan pelanggan dalam membuat keputusannya sendiri. BANAGIH memberikan pelanggan kontrol secara penuh bagi mereka untuk memililih segala sesuatu sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing individu. Sehingga dapat membantu pebisnis untuk menciptakan hubungaan dan membentuk trust bagi pelanggan.
Modality Anthony Giddens juga menjadi alarm pengingat bahwa dalam pelaksanaan bisnis harus tetap menaati aturan hukum dan norma-norma yang berlaku. Hal ini dicapai lewat adanya pertimbangan dampak sosial dan aspek keberlanjutan dalam bisnis. BANAGIH akan senantiasa menjalankan bisnis usaha dengan meminimumkan potensi kerusakan lingkungan akibat bisnis yang dijalankan. Dalam praktik bisnis, BANAGIH akan memilih bahan-bahan yang aman, serta penggunaan bungkus yang aman dan ramah lingkungan. BANAGIH sadar benar bahwa dalam menjalankan bisnis, keuntungan bukanlah aspek satu-satunya yang berperan penting. Aspek kebermanfaatan bagi orang sekitar maupun lingkungan akan menunjukkan bagaimana citra dan bentuk komitmen BANAGIH dalam menunjukkan perhatiannya kepada masyarakat dan lingkungan.
Kesimpulan :
Anthony Giddens merupakan sosiolog terkenal yang memperkenalkan konsep dari modalitas agar dapat memahami perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Giddens menekankan pada bagaimana seorang individu dapat menciptakan dan menentukan nasib mereka lewat keputusan-keputusan dan tindakan yang mereka ambil. Giddens menggambarkan modality sebagai bentuk pemahaman bagi suatu individu bahwa mereka memiliki peranan yang aktif dan otonom dalam pengambilan keputusan dan menentukan nasib mereka sendiri. Setiap individu memiliki kontrol akan diri mereka sendiri.
Dalam bisnis BANAGIH, modality menekankan pada aspek bagaimana bisnis dalam melakukan pengambilan keputusan dan melakukan suatu Tindakan. Modality juga berkaitan dengan aspek kreatifitas dan inovasi yang akan dilakukan oleh bisnis dalam mengembangkan usahanya. Modality juga mendorong suatu bisnis untuk dapat menjalin komunikasinya dengan pelanggan yang dapat diwujudkan melalui penyediaan fasilitas layanan keluhan bagi pelanggan. Selain itu, modality dalam bisnis BANAGIH juga berperan sebagai kontrol bisnis dalam  komitmennya menjaga dan melestarikan lingkungan.
Daftar Pustaka:
Achmad, Z. A. (n.d.). ANATOMI TEORI STRUKTURASI DAN IDEOLOGI JALAN KETIGA ANTHONY GIDDENS. Jurnal Translitera, 9(2).
Octavianto, A. W. (n.d.). STRUKTURASI GIDDENS DAN SOCIAL CONSTRUCTION OF TECHNOLOGY (SCOT) SEBAGAI PISAU ANALISIS ALTERNATIF PENELITIAN SOSIAL ATAS TEKNOLOGI MEDIA BARU. VI(2).
Syahri, M. (2015). ANTHONY GIDDENS DAN TEORI STRUKTURASI. Retrieved Juni 2023, 15
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H