Mohon tunggu...
Zulvia Arini
Zulvia Arini Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bil Awwali Bismillah 🤲

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices

8 Desember 2022   08:29 Diperbarui: 11 Desember 2022   19:33 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices


  • Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menjahit

pada Kelompok B di TK Muslimat NU 199 “AL-IKHLAS”

 

Lokasi

TK Muslimat NU 199 “AL-IKHLAS”

Lingkup Pendidikan

TK Kelompok B (5-6 Tahun)

Tujuan yang Ingin Dicapai

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus

Penulis

Zulvia Arini, S.Pd.

Tanggal

25 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Terdapat 3 dari 6 siswa kemampuan motorik halus dalam melakukan kegiatan menjahit rendah
  • Kegiatan menjahit jarang dilakukan
  • Tehnik penyampaian yang digunakan guru terlalu cepat
  • Media yang digunakan kecil

  • Dari poin-poin di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Pertama, selama ini siswa terlihat kesulitan dalam melakukan kegiatan menjahit.
  • Kedua, guru jarang mengajak siswa melakukan kegiatan menjahit karena kurang menguasai tehnik menjahit.
  • Ketiga, tehnik pembelajaran yang dilakukan guru adalah mendemonstrasikan cara menjahit yang terlalu cepat dan singkat sehingga siswa kurang memahami tehnik menjahit seperti yang dicontohkan guru.
  • Keempat, media yang digunakan guru terlalu kecil dan kertas yang digunakan tipis serta jarak lubang yang disediakan terlalu dekat sehingga tak jarang media menjahitnya robek.

Praktik pembelajaran ini menurut Saya penting untuk dibagikan karena ada banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri Saya sendiri juga bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan aspek motorik halus melalui kegiatan menjahit antara lain:

  • Kemampuan motorik halus siswa rendah
  • Jarang melakukan kegiatan menjahit
  • Media dan tehnik pembelajaran guru kurang tepat
  • Siswa kurang memahami teknik menjahit
  • Tingkat konsentrasi siswa rendah

Dari penyebab di atas, tantangan yang dihadapi guru adalah:

  • Guru harus lebih sering mengajak siswa melakukan kegiatan yang meningkatkan kemampuan motorik halus
  • Guru harus dapat menguasai tehnik-tehnik pembelajaran
  • Guru harus dapat menyediakan media pembelajaran yang sesuai dan kreatif
  • Guru harus dapat menguasai tehnik dalam memusatkan konsentrasi siswa saat pembelajaran

Dalam praktik pembelajaran ini melibatkan:

  • Guru
  • Peserta didik

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai dengan tantangan yang dihadapi antara lain:

  • Guru harus lebih sering mengajak siswa melakukan kegiatan yang meningkatkan kemampuan motorik halus.
  • Guru dapat mengajak siswa lebih sering melakukan kegiatan menjahit.
  • Guru harus dapat menguasai tehnik-tehnik pembelajaran.
  • Menguasai tehnik pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan menjahit. Misalnya tehnik drill atau praktik langsun.
  • Guru harus dapat menyediakan media pembelajaran yang sesuai dan kreatif.
  • Dengan menyediakan media menjahit yang berukuran besar atau tidak terlalu kecil, kemudian menjahit bisa dengan membentuk keranjang buah, bentuk ikan, bentuk dau, dll. Sesuaikan dengan tema.
  • Guru harus dapat menguasai tehnik dalam memusatkan konsentrasi siswa saat pembelajaran.
  • Guru dapat memberikan ice breaking yang bervariasi sehingga pembelajaran dapat berjalan tidak monoton dan dapat memusatkan konsentrasi siswa.
  • Langkah-langkah dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut:
  • Guru menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan menjahit bentuk “keranjang buah”
  • Alat dan bahan yang dibutuhkan:
  • Piring kertas yang sudah berbentuk keranjang
  • Jarum plastik
  • Benang wol
  • Gambar macam-macam buah
  • Isolasi
  • Guru mendemonstrasikan langkah-langkah menjahit:
  • Masukkan jarum yang sudah dikaitkan dengan benang pada lubang-lubang yang tersedia dari arah bawah
  • Tarik benang ke arah atas dan masukkan pada lubang lainnya secara horizontal
  • Ulangi langkah pada poin a dan b sampai semua lubang terisi dengan benang
  • Masukkan gambar macam-macam buah ke dalam keranjang buah yang sudah dibuat

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat terlihat diantaranya:

  • Dengan menjahit bentuk “keranjang buah” dari piring kertas anak-anak menjadi tertarik melakukan kegiatan
  • Dengan mendemonstrasikan langkah-langkah menjahit yang tepat dan secara perlahan membuat anak-anak lebih memperhatikan dan lebih paham

Dampak dari aksi PPL Siklus 4 ini adalah dari 6 anak yang belum mampu melakukan kegiatan menjahit dengan tepat ada 5 anak yang mengalami peningkatan yaitu mendapatkan nilai BSB (Berkembang Sangat Baik) dan 1 anak mendapatakan nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan menjahit sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan motork halus anak usia dini.

Respon kepala sekolah dan teman sejawat terkait dengan strategi yang dilakukan yaitu sangat positif dan mendukung dengan praktik pembelajaran ini, dan meminta terus mempertahankan walaupun nanti sudah tidak melaksanakan PPG. Guru mampu memberikan pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi anak agar mampu memahami pembelajaran dengan baik, respon dosen dan guru pamong sangat baik dan memberi masukan untuk pembelajaran ke depannya agar lebih baik lagi.

Faktor keberhasilan dari aksi ini adalah perencanaan yang matang, persiapan yang dilakukan maksimal dan dilakukan jauh-jauh hari, serta pelaksanaan dilakukan secara optimal dan sebaik mungkin.

Pembelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan  proses ini adalah persiapan itu penting dalam membuat RPP, guru harus memiliki kemampuan pedagogik yang baik, pemilihan solusi yang tepat dalam mengedintifikasis masalah.

 

 

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kelompok B)

 

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.

Nama             : ZULVIA ARINI

Instansi         : TK MUSLIMAT NU 199 AL-IKHLAS

 Prodi             : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Menyusun

RPP

Senin, 14 Nov 2022

Ruang

Guru

Guru, Guru Sejawat

dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

Membuat Bahan Ajar

Selasa,15 Nov 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

Membuat Media

Rabu, 16 Nov 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

Membuat PPT

Kamis, 17 Nov 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

Membuat Instrumen

Penilaian

Jum’at, 18 Nov 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

 

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

 

Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.

Nama             : ZULVIA ARINI

Instansi         : TK MUSLIMAT NU 199 AL-IKHLAS

 Prodi             : PAUD

Rencana

Kegiatan

Waktu

Tempat

Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Pembuatan skenario video

RPP 1

Selasa, 22 Nov 2022

Ruang Kelas B4

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

Setting kelas untuk rekam video

Rabu, 23 Nov 2022

Ruang Kelas B4

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 11.00 WIB

Rekaman

video

Kamis, 24 Nov 2022

Ruang Kelas B4

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00 WIB

Editing video

Jum’at, 25 Nov 2022

Di Rumah

Guru

Menyesuaikan

Finalisasi

video

Senin, 28 November

2022

Di Rumah

Guru

Menyesuaikan

RTL-3 (Menyusun Best Practise)

 

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan

Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

Nama             : ZULVIA ARINI

Instansi         : TK MUSLIMAT NU 199 AL-IKHLAS

 Prodi             : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Koordinasi

persiapan Best Practise

Senin, 28 Nov

2022

Ruang Kelas B4

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00 WIB

Pelaksanaan Best Practise

Rabu, 30 Nov

2022

Ruang Kelas B4

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.20 WIB

Analisis Data

Kamis, 1 Des

2022

Ruang Kelas B4

Guru

Pukul 10.00 WIB

Pembuatan laporan Best

Practise

Jum’at, 2 Desember

2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.30 WIB

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun