RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA 2 SUKU KATA DALAM KALIMAT MELALUI PEMBUATAN BUKU DARI KAIN FLANEL DENGAN PERMAINAN LOMPAT KATA PADA POJOK BACAKU
TK IT UTSMAN BIN AFFAN
KECAMATAN LAKARSANTRI KOTA SURABAYA
Oleh :
ZULIATUL SUSIANAH, S.Pd
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN (DALJAB)
KATEGORI 2 ANGKATAN 2
TAHUN 2023
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Hasil pengamatan yang dilakukan di TK IT Utsman Bin Affan Jl. Lakarsantri Selatan no. 31 kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya pada kelompok B yang berjumlah 15 anak ada 5 anak yang mengalami kesulitan dalam membaca 2 kata dalam kalimat sederhana, kesulitan yang di temukan adalah anak masih belum mampu membaca 2 kata dan masih kesulitan untuk menggabungkan abjad menjadi satu kata dalam kalimat sederhana, dalam hal ini anak masih belum antusias dalam melakukan kegiatan “aku suka bukuku” . salah satu penyebabnya adalah metode yang digunakan masih konvesional, dan masih monoton menggunakan buku bacaan yang tidak menarik buat anak, dan juga di temukan tempat yang tidak nyaman dalam metode pembelajarannya dengan melakukan pembelajahan individual di mana anak masih mendatangi guru untuk membaca buku yang di bawa.
- Hai ini ini yang membuat guru membuat perbaikan -perbaikan yang mampu mengatasi kesulitan dalam hal kemampuan membaca 2 suku kata, untuk meningkatkan kemampuan tersebut guru membuat projek dan media serta tempat yang nyaman serta tepat untuk lebih membuat kegiatan semakin bervariasi
- Praktik ini penting untuk di bagikan karena di harapkan praktik baik ini bisa memotivasi diri menjadi lebih baik dan membuat kemanfaatan buat guru yang lain.
- Adapaun tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai guru dan sebagai model belajar anak agar semakin lebih baik dalam memberikan pengajaran dan contoh yang baik dengan memperbaiki akhlaq danmeningkatkan kemampuan dalam berfikir kritis untuk pembelajaran yang lebih baik.
PEMBAHASAN
- Tujuan
Tujuan dillakukannya RTL untuk guru adalah :
- Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelolah kelas
- Meningkatkan kemampuan guru dalam mengkalisfikasikan kemampuan belajar anak sesuai dengan cara bealajar
- Meningkatkan guru dalam kemampuan melihat situasi dan masalah yang ada di kelas
- Meningkatkan kemapuan guru untuk mengavaluasi kegiatan yang sdh di lakukan
- Meningkatkan kemampuan untuk membuat perencanaan yang sesuai dengan anak
- Memberikan pengalaman yang menarik untu anak
Tujuan untuk anak adalah :
- Suasana kelas menjadi semakin kondusif
- Permainan akan lebih terstruktur
- Memberikan Susana yang menarik yang membuat anak semakin antusia
- Meningkatkan kemampuan bertanggung jawab anak
- Anak akan semakin antusias dalam mengikuti permainan dan pembelajaran.
Langkah langkah
- Langkah-langkah yang saya lakukan dalam menghadapi tantangan ini adalah :
- Melakukan perbaikan dengan penyediaan tempat yang nyaman dan menyenangkan dalam hal ini menyiapkan pojok baca yang menarik
- Melakukan projek Bersama (PJBL) dalam pembuatan buku dari kain flanel yang berfungsi untuk menambah koleksi buku sehingga lebih bervariatif
- Melakukan kegiatan menghias Bersama dari projek best learning (PJBL) yang dilakukan mandiri dalam keiatan membuat pigora foto keluarga yang di tempel pada kertas bufalo dan di hias dengan sedotan berwarna yang akan menjadi hiasan pada pojok baca
- Strategi
- Strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan RTL antara lain :
- Merubah bahan yang awalnya menggunakan doble tip. Di rubah menjadi menggunakan lem yang aman buat anak
- Membuat perencanaan terlebih dahulu dan memperhatikan ketentuan waktu yang harus di siapkan
- Pemakain media lompat kata di rubah menjadi lebih besar sehingga anak leluasa bermain dan melompat di permainan lompat kata
- Dalam mempersiapkan kegiatan melibatkan ana
- Penambahan di ruag pojok baca agar semakin lebih bervariasi
- Proses pelaksaan
- Perencaan di lakukan
KESIMPULAN
- Refleksi
- refleksi yang di lakukan mempunya ke efesienian dan keefektifan sehingga membawa dampak baik untuk anak-anak. Dalam hal ini yang menjadi faktor keberhasilan dari kegiatan praktik baik ini karena kegiatan di lakukan sesuai dengan perencanaan yang di buat
- Dalam melakukan refleksi ini banyak pengalaman yang bisa di peroleh dalam pengembangan RTL antara lain :
- Prencanaan yang di lakukan selanjut nya akan semakin terarah dan komperhensip
- Menambah pengalaman dalam melakukan Rencana tindak lanjut (RTL)
Manfaat penyusunan RTL adalah :
- Hal baik atau manfaat bagi anak yang ditemukan dalam inovasi pembelajaran yang di lakukan antara lain :
- Anak semakin semangat dalam melakukan kegiatan membaca
- Dalam kegiatan pembuatan buku secara berkelompok mampu menumbuhkan rasa gotong royong
- Memberikan pengalaman anak dalam membuat projek yang anak sukai
- Kegiatan lompat angka mempu melatih keseimbangan tubuh anak dan memiliki dan korelasi terhadap kognitif anak.
- Menumbuhkan kemampuan dalam sosial emosional yang berkaitan dengan kesabaran anak dalam melakukan kegiatan yang menghasilkan projek mandiri
- Menumbuhkan kemampuan seni dengan menghias pojok baca dengan berbagai hiasan yang anak-anak membuat sendiri dari bahan yang di siapkan guru
DAFTAR PUSTAKA
- Pertiwi, A. D. (2016). Study deskriptif proses membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
- Alifah, M. J. N., Setyawan, P. F., Al Khusna, P. M., & Luzsanti, D. (2023). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Media Pojok Baca Di Ra Sunan Giri Dan Kb Sunan Giri Desa Ngebruk. Empowerment: Journal Of Community Service, 3(1), 19-29.
- Agustina, A. N., Yuliastuti, R. A., Safitri, D., Syafruddin, S., & Alfiyanto, A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Pada Anak Paud Kasih Ibu. Indonesia Berdaya, 4(2), 507-512
LK 3.1 MENYUSUN BEST PRACTICE
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode SAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi) Hasil dan dampak Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Anak Dalam Pembelajaran PAUD
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan /bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/apa saja sumber daya atau materi yang di perlukan untuk melaksanakan strategi ini.
Langkah-langkah yang saya lakukan dalam menghadapi tantangan ini adalah :
- Melakukan perbaikan dengan penyediaan tempat yang nyaman dan menyenangkan dalam hal ini menyiapkan pojok baca yang menarik
- Melakukan projek Bersama (PJBL) dalam pembuatan buku dari kain flanel yang berfungsi untuk menambah koleksi buku sehingga lebih bervariatif
- Melakukan kegiatan menghias Bersama dari projek best learning (PJBL) yang dilakukan mandiri dalam keiatan membuat pigora foto keluarga yang di tempel pada kertas bufalo dan di hias dengan sedotan berwarna yang akan menjadi hiasan pada pojok baca
- Memberikan fasilitas kepada guru untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan Literasi.
Semua kegiatan berhubungan dengan perbaikan melibatkan
- Teman sejawat, dengan berbagai solusi yang di sampaikan dengan membantu mengamati
- Para dosen dan pamong yang selalu memberikan masukan-masukan.
Refleksi hasil dan dampak :
Bagaimana dampak dari aksi dari langka-langkah yang dilakukan ? apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan. Apa yang menjadi factor keberhasilan atau ketidak berhasilan dan strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Dampak dari aksi Langkah-langkah yang saya laukan adalah :
- Kegiatan semakin menyenangkan karena tenpat anak untk melakukan kegiatan semakin nyaman dan menarik
- Projek PJBL menggunakan bahan-bahan yang mudah di gunakan oleh anak sehingga suasana anak semakin kondusif
- Penentuan waktu yang sesuai sehingga kegiatan PJBL terencana dengan baik
- Pelatihan guru yang di perolah semakin menambah profesinalisme guru sehingga keiatan semakin inovatif
Hasil dari refleksi yang di lakukan mempunya ke efesienian dan keefektifan sehingga membawa dampak
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H