Negeri Tirai Bambu memiliki estetika tersendiri dari alam dan budayanya. Namun, tahukah kalian bahwa salah satu ujian masuk perguruan tinggi tersulit di dunia ada di China? Gao kao atau biasa disebut Ujian masuk perguruan tinggi nasional di China. Gao-kao dimulai sebagai ujian masuk perguruan tinggi nasional pada tahun 1952.
Berbagai faktor mulai dari persiapan pribadi hingga dukungan dan motivasi orang lain memengaruhi prestasi akademik siswa dalam Gao Kao. Adapun faktornya sebagai berikut:
Latar belakang dan keterlibatan keluarga
Karakteristik keluarga yang memengaruhi pendidikan siswa termasuk pendapatan keluarga, pendidikan orang tua, struktur keluarga, agama, etnis, kasta, dan keterlibatan orang tua (Chudgar & Shafiq, 2010).
Orang tua dengan latar belakang pendidikan yang rendah tidak dapat memberikan dukungan pendidikan yang efektif kepada anak mereka. Keterlibatan orang tua tidak hanya mencakup tentang pengawasan saja, tetapi juga mencakup keterlibatan langsung dan instrumental dalam urusan akademik siswa.
Motivasi dan dukungan dari orang tua berdampak pada rasa tanggung jawab atas apa yang dia sedang lakukan. Seperti mendorong sisawa untuk belajar lebih giat lagi. Sehingga memungkinkan siswa dalam mencapai keberhasilan di Gao kao.
Latar belakang sekolah
Sekolah berkontribusi pada kesenjangan sosial-ekonomi terkait lebih dari orang tua, dengan mengubah hierarki sosial menjadi hierarki akademik. Hirarki ini dapat diungkapkan dalam variabel sekolah yang berbeda terkait dengan organisasi, lingkungan sekolah, dan kualitas sumber daya.
 Variabel sekolah termasuk kualitas guru dan metodologi pengajaran di sekolah yang berkontribusi pada prestasi siswa dalam berbagai cara yang saling berhubungan seperti dengan memelihara pembelajaran partisipatif, motivasi internal serta bimbingan dan evaluasi studi
Les privat tambahanÂ
Les privat tambahan (Pendidikan Bayangan) pada dasarnya bertujuan untuk melengkapi kegiatan siswa dalam pendidikan umum. Les privat telah menjadi bagian yang sangat penting dari kurikulum berbasis ujian. Orang tua dan siswa lebih memperhatikan les privat untuk mendapatkan nilai ujian yang lebih tinggi
Menurut Bray (2013) dan Dang (2007) les privat dapat menciptakan kegiatan di luar sekolah yang konstruktif bagi siswa. Kegiatan luar sekolah yang konstruktif ini dapat meningkatkan kemungkinan siswa dalam mencapai peringkat akademik yang baik dan sangat baik.
Belajar Kelompok Â
Belajar kelompok merupakan faktor penting bagi keberhasilan siswa di Gao-kao. Karena siswa adalah penerima manfaat utama dalam diskusi mengenai materi Gao-kao, melatih kerja sama mereka dalam menggunakan keterampilan yang berbeda dan saling membantu adalah hal terpenting.
Keberhasilan siswa di Gao-kao adalah hasil dari upaya banyak pihak yang terlibat seperti siswa, teman sebaya, sekolah, dan orang tua. lembaga pendidikan harus memelihara rasa pembelajaran partisipatif dan kooperatif kepada siswa.
Hal ini, membuat para siswa lebih giat dalam belajar untuk mengapai mimpinya. Dampak positif pun dirasa semakin meluas diantara siswa untuk menyemangati satu sama lain. Jadi apakah kalian sudah puas akan usaha yang kalian lakukan dalam mengapai Perguruan Tinggi impian?
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI