Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Ingin Pembaca Membagikan Konten Pemasaran? Berikut 5 Cara yang Memicu Pembaca Membagikan Kontenmu

13 Juni 2019   17:14 Diperbarui: 15 Juni 2019   14:21 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap pemasar menginginkan konten yang mereka terbitkan bisa dibaca dan dibagikan sebanyak mungkin oleh pembaca, semakin banyak konten yang dibagikan pembaca maka pengunjung situs pun yang semakin banyak. Konten pemasaran kini semakin giat diterbitkan sesuai dengan kebutuhan pemasaran daring saat ini. Semua merk berlomba-lomba menciptakan konten yang menarik untuk menarik konsumennya dan memperkenalkan produknya lebih luas. Strategi yang dianggap efektif membuat para pemasar mencari cara-cara kreatif untuk mengisi konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca untuk dibagikan kembali.

Konten pemasaran bisa dalam banyak bentuk seperti tulisan (artikel), gambar, infografis, video dan lain lain. Menerbitkan sebuah konten tidak serta merta membuat konten tersebut bisa bergerak sendiri untuk bisa dibaca oleh pembaca, butuh tindakan manusia untuk konten itu bisa dilihat oleh pembaca. Sebuah konten pemasaran harus menarik untuk bisa dilihat dan dibaca oleh pembaca dan dibagikan kembali oleh mereka, apabila konten tersebut tidak memberi nilai atau dampak lebih bagi pembaca sulit untuk konten tersebut dapat dibagikan. Pemasar harus tetap menghadirkan konten menarik yang dapat memicu konsumen untuk membagikannya,  dengan begitu memicu pembaca untuk membagikan kembali konten yang telah diterbitkan. Berikut ini adalah 5 pemicu pembaca untuk membagikan ulang konten yang telah diterbitkan.

1. Pastikan konten yang diterbitkan menarik dan memberikan manfaat

 

Content marketing pixabay.com
Content marketing pixabay.com

Konten pemasaran apapun yang terbitkan pastikan konten tersebut menarik pembaca untuk melihat, tidak hanya clickbait saja. Setiap pembaca memiliki referensi mengenai konten menarik yang akan dibacanya, kenali karakter pembaca yang dituju dan juga relevansi antara konten yang diterbitkan dengan solusi yang diberikan. Dengan relevansi yang dihadirkan akan memberikan manfaat bagi pembaca dan bila konten tersebut sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat bagi pembaca maka mereka pun tidak akan ragu untuk membagikannya kembali, agar orang lain pun mendapat manfaat dari konten tersebut. 

2. Isiliah konten dengan visual yang menarik

okdork.com
okdork.com
Membuat konten memang harus sepenuh hati tambahkan visual untuk menunjang konten agar tidak membosankan. Pembaca akan lebih senang melihat konten yang berikan sentuhan visual menarik seperti gambar atau video yang menunjang informasi yang ingin diberikan. Survei dari okdork.com menunjukkan 64,9% artikel yang ditambahkan gambar lebih banyak dibagikan dibanding dengan yang tidak ada gambarnya. Dengan tambahan visual gambar atau video yang diberikan, informasi yang ingin disampaikan melalui konten yang diterbitkan akan memudahkan konsumen membaca dan memahami pesan yang disampaikan.

3. Semakin panjang konten, semakin tinggi kemungkinan di share kembali

 

okdork.com
okdork.com

semakin panjang isi dari konten yang diberikan, semakin tinggi juga kemungkinan konten tersebut dibagikan. Semakin panjang isi dari konten yang terbitkan diyakini bahwa konten tersebut lebih berisi dan lebih komprehensif membahasa suatu hal dibanding konten yang pendek, dengan begitu pemabca lebih puas akan konten yang dibagikan karena konten tersebut benar-benar mendetil membahas mengenai informasi yang diberikan. Konsumen kerap membagikan konten-konten ringan seperti memes dan gambar-gambar lucu, tapi terkadang mereka pun tidak jarang membagikan konten-konten yang bermanfaat.

4. Konten dalam bentuk Infografis, grafik dan list sangat menarik pembaca

okdork.com
okdork.com
Infografis, grafik dan list lebih banyak dibagikan dibanding konten lainnya. Dengan adanya desain Infografis, grafik atau list konsumen lebih dapat melihat informasi lebih akurat dan juga informasi yang diberikan lebih menarik secara tampilan dan juga lebih mudah dimengerti. Hadirnya desain ini membuat konten yang terbitkan lebih cepat dibaca dan tidak menghabiskan banyak waktu pembaca. Dengan desain infografis menarik mendorong konsumen untuk membagikan kembali konten tersebut. Infografis menjadi konten desain yang paling besar untuk dibagikan.

5. Manfaatkan influencer untuk membagikan konten anda

econsultancy.com
econsultancy.com
Pemasaran menggunakan influencer kerap digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Penggunaan influencer dalam membagikan konten pun memiliki tujuan yang sama sesuai dengan influencer yang cocok dengan konten yang diterbitkan. Dengan melihat seorang influencer turut membagikan konten kita, konsumen pun diharapkan juga akan serta-merta membagikan kembali konten yang tersebut. okdork.com menyebutkan dalam hasil penelitiannya bila satu orang yang memiliki pengaruh ikut membagikan sebuah konten maka hasilnya konten tersebut akan kembali dibagikan sebesar 31,8% di sosial media.

Sebuah konten yang dapat dibagikan oleh pembacanya menjadi ukuran seberapa menarik konten yang diterbitkan. Semakin tinggi tingkat konten yang dibagikan, berarti semakin bermanfaat juga konten yang diterbitkan. Konten saat ini merupakan senjata utama dalam persaingan dunia daring. Semakin menarik konten yang dibagikan semakin aktif juga alat pemasar daring yang digunakan tetap bekerja, baik situs yang terus didatangi terus menerus oleh pengunjung dan juga sosial media yang terus mendapat pengunjung dan likes yang banyak. Keaktifan pemasar pun menjadi kunci dalam terus tersedianya konten pemasaran yang bermanfaat bagi konsumen.

Semoga bermanfaat!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun