Mohon tunggu...
ZILVANA APRILIAPUTRI
ZILVANA APRILIAPUTRI Mohon Tunggu... Mahasiswa - I am a student pursuing an undergraduate degree in History at Padjadjaran University. Project Officer of WTSAR | Project Officer of Cadre School

I have an interest in writing. My topical interest are contemporary history, cultural issues, and past politics. I am experienced in various fields of writing, and have published three of writing.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Saminisme, Dari Gerakan Massa menuju Suku Bangsa

22 Juni 2024   03:56 Diperbarui: 22 Juni 2024   16:23 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A. Sejarah Samin dan Sedulur Sikep

Saminisme merupakan ajaran suatu tokoh Blora yang bernama Samin Surosentiko. Nama ini sendiri bukanlah nama asli. Samin memiliki arti "sami sami amin" yang merujuk pada pemaknaan demokrasi, yaitu pengutamaan kesepakatan atas suara orang banyak dalam memutuskan sesuatu. Tokoh yang kerap dipanggil Ki Samin itu, memiliki nama asli Raden Kohar. Ya, dari namanya dapat dilihat bahwa ia memiliki darah bangsawan. Alasan utama beliau mengganti nama menjadi Samin, tak lain tak bukan untuk kemudahan berbaur dengan masyarakat luas tanpa melihat kasta. Raden Kohar ini kelak akan menyebarluaskan suatu ajaran yang disebut dengan Sikep. 

Dalam buku "Agama Tradisional" karya Abdullah Masmuh, dkk menyatakan bahwa ajaran luhur Jawa yang nantinya kita kenal dengan Saminisme sudah diajarkan oleh ayahanda Ki Samin, yakni Raden Surowidjoyo. Beliau lah yang memulai perjuangan untuk melawan Belanda yang kerap merugikan masyarakat Blora melalui kebijakan-kebijakannya. Blora sendiri merupakan suatu wilayah di ujung timur Provinsi Jawa Tengah. Blora termasuk wilayah kaya sumber daya alam, terutama kayu jati dan migas nya. Faktor inilah yang menarik Belanda untuk mengeruk sumber daya alam di wilayah Blora. 

Untuk penggalian informasi lebih mendalam, saya berkesempatan mewawancarai Pramugi Prawiro Wijoyo atau akrab di sapa Mbah Pram. Ia merupakan generasi kelima Samin Surosentiko sekaligus Ketua Paguyuban Kerukunan Sedulur Sikep. Saat ditanyai mengenai Raden Surowidjoyo, beliau menjelaskan dengan begitu informatif kepada saya. "... Mbah Surowidjoyo itu dulu suka blusuk-blusuk buat bantuin warga yang kesusahan. Beliau juga mendirikan suatu kelompok di kalangan masyarakat itu di kasih nama Tiyang Sami Amin" terang Mbah Pram. Ia melanjutkan penuturannya, "... Samin itu kan nama orang mbak, dari tokoh namanya Samin Surosentiko, beliau terkenal dengan ajarannya yaitu Sikep. Sikep iku ajaran kuno Jawa. Sikep itu artinya bahwa manusia hidup di dunia ini harus jangkep. Artine jangkep iku ngerti mana yang baik dan mana yang tidak. Namun, jika melihat ada orang lain salah, ya jangan disalah-salahkan, jika ada orang jelek, ya jangan dijelek-jelekkan. Makanya yang mengikuti Ki Samin itu disebut Sedulur Sikep". Ajaran Sikep yang disebarkan oleh Samin ini sebenarnya memiliki tujuan utama yaitu menjaga kerukunan antar sesama. Masyarakat Samin ini selalu mandang setiap manusia sama dan setara, tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah. Penghargaan dan penghormatan terhadap orang lain itu begitu diutamakan, tidak ada yang namanya bertengkar dengan tetangga. 

Sebelumnya, telah disinggung bahwa ajaran Samin memang sudah dimulai dari Raden Surowidjoyo, yang melakukan aksi heroik nya untuk melawan kebijakan pemerintah kolonial. Namun, pengaruh Raden Surowidjoyo ini belum begitu luas, dan ia juga segera menghilang begitu saja dari mata publik. Banyak asumsi bahwa ia ditangkap oleh Belanda, namun belum ada bukti konkrit mengenai kematiannya. Beruntungnya, perjuangannya dalam membantu masyarakat kecil telah menginspirasi salah satu anaknya, Raden Kohar.

Raden Kohar atau biasa dipanggil Ki Samin memiliki karakter yang persis seperti ayahnya, peduli dengan masyarakat banyak. Ia gemar menggaungkan perlawanan menghadapi pemerintah kolonial dengan cara damai. Tidak ada pertempuran, tidak ada angkat senjata, tidak ada nyawa yang dikorbankan. Dilansir dari National Geographic, ajaran dan perjuangan Ki Samin semakin menguat setelah munculnya kebijakan pembatasan akses hutan Blora yang merupakan salah satu sumber daya penghasilan masyarakat. Ditambah pemberlakuan kebijakan pajak yang semakin menyengsarakan rakyat. Atas dasar rasa senasib sepenanggungan, akhirnya membuat ajaran ini semakin meluas dan terkenal. Apalagi penolakan akan kebijakan Belanda tidak menyertakan peperangan, melainkan dengan menunjukkan rasa ketidaksukaan dan mengasingkan diri. Menurut penjelasan Mbah Pram, masyarakat enggan untuk melakukan kerja bakti, meronda, dan membayar pajak. Bahkan, masyarakat menolak untuk bersekolah jika sekolah itu buatan Belanda. Sedulur Sikep/Wong Sikep (masyarakat penganut Saminisme) juga menolak kemajuan teknologi kedaerahnya jika itu bagian dari pengaruh Belanda. Mereka menerapkan prinsip hidup yang menjunjung kejujuran dan kesederhanaan.

B. Ajaran Luhur Samin

Gapura Desa Sambongrejo, Blora. Dok Pribadi: diambil pada 21 Januari 2023
Gapura Desa Sambongrejo, Blora. Dok Pribadi: diambil pada 21 Januari 2023

Setelah semakin banyak yang tergabung dalam Sedulur Sikep, pemberontakan dalam senyap itu terendus oleh Belanda. Akhirnya pemerintah kolonial turun tangan mengatasi ini. Ki Samin tertangkap dan diasingkan ke Padang. Namun ternyata, Saminisme tidak mengalami masa kadaluarsa. Ajaran luhurnya  masih melekat dan dianut oleh masyarakat Blora hingga saat ini. Mbah Pram menjelaskan mengenai pedoman ajaran Sikep yang bersumber pada kitab pusaka bernama Jamus Kalimosodo. "... Ajaran Saminisme iku sumbere saka Kitab Jamus Kalimosodo, yaitu kitab Jawa kuno" tuturnya. Beliau melanjutkan bahwa dalam ajaran Samin, terdapat tiga pedoman, lima larangan, dan lima tujuan. "Ngene mbak, kalo di Sedulur Sikep, ana telu pedoman, limo larangan, lan limo tujuan. Telu pedoman iku yo mbak, ana pengucap, pertikel, lan kelakuan" ucap Mbah Pram santai sambil sesekali mengisap rokok kreteknya. Pengucap, adalah pedoman dalam menjaga ucapan, jangan sampai menyakiti hati orang lain. Kemudian, Pertikel adalah pedoman dalam menjaga pikiran. Sedangkan Kelakuan berarti menjaga tingkah laku kita dalam bertindak sesuatu.

Selanjutnya Mbah Pram melanjutkan kembali penuturannya, "... sedulur sikep kui ora oleh sing jenenge jrengki, srei, panastein, dahpen, karo kemeren. Larangan kui mesti dijalankan oleh Sedulur Sikep, tujuane kui dinggo limo mbak, yaiku demen, becik, rukun, seger, waras".  Jrengki sendiri artinya jahat, jahil. Srei artinya menjegal, gemar menyalahkan orang lain dalam segala hal. Panastein artinya sikap mudah panas hati, setiap melihat tingkah laku orang suka bawaannya panas, dan gemar memanasi orang lain. Kemudian ada Dahpen artinya gemar mencela, gemar mencampuri urusan orang lain dan akhirnya berujung pada penyebaran fitnah yang menjerumuskan. Terakhir ada Kemeren artinya iri hati, bobotnya dalam ajaran Sikep ini paling kecil, karena dirasakan diri sendiri.

Sedangkan lima tujuan dalam Sikep itu ada Demen, bermakna suka, namun suka disini juga berarti menyukai sesuatu yang mendamaikan hati serta perasaan. Mbah Pram menjelaskan bahwa "... demen itu artine suka, seneng. Namun suka belum tentu demen. Ibarate nemu duit dijalan, kita pasti seneng, tapi akhirnya kita ga demen karena itu bukan uang kita". Kedua, Becik yang bermakna baik. Sama seperti sebelumnya pemaknaan becik tidak sesederhana baik dalam bayangan kita. Mbah Pram menjelaskan, "... Becik itu mbak artine baik, tapi baik belum tentu becik. Misale ada orang main judi, terus menang, pasti ada yang bilang dia beruntung. Tapi judi itu tidak baik, kita tidak tau itu uang siapa, dan itu haram". Ketiga ada Rukun, bermakna menjaga silaturahmi dengan sesama, menjaga kedamaian, saling menolong, dan jujur.  Mbah Pram menuturkan, "... Rukun iku sumber kehidupan. Hidup gotong royong sumbere saka rukun, kalau rukun dapat bersatu, kalau sudah bersatu gampang buat gotong royong. Sama seperti pancasila sila ketiga, iku awale yo saka rukun". Kemudian tujuan selanjutnya ialah Seger, seger disini berartikan segar yang melegakan hati, pikiran, dan perasaan. "Seger iku enak, tapi enak belum tentu seger. Contohnya ada orang jalan kaki jauh, kehausan, terus melihat ada es degan di depannya. Wong namanya lagi capek, ya mesti diminum to, glek glek glek enak. Tapi kan ga seger, ya mbak soale gatau iku punyae siapa," jelas Mbah Pram. Yang terakhir ada waras. Waras artinya sehat, tidak sakit. Namun sehat disini memiliki makna lebih luas, mencakup kesehatan fisik, pikiran, dan jiwa. Tidak semua yang sehat badannya atau luarnya, juga mencerminkan kesehatan yang sama didalamnya.  

C. Dijadikan Suku Bangsa

Pramugi Prawiro Wijoyo (66). Sumber: National Geograpic
Pramugi Prawiro Wijoyo (66). Sumber: National Geograpic

Dengan adanya pedoman dan ajaran luhur yang khas dari Sedulur Sikep atau penganut Saminisme, maka menimbulkan suatu keunikan tersendiri bagi kekayaan budaya Indonesia. Ajaran inilah yang kemudian menggugah minat dari tujuh pemerintah RI untuk mengesahkan Komunitas Samin atau Sedulur Sikep menjadi sebuah suku. Transformasi ini terjadi pada tahun 2007 silam dengan perwakilan langsung oleh Mbah Pramugi Prawiro Wijoyo. Mbah Pram menuturkan bahwa, "... Nah, pada waktu itu saya yang dilantik oleh Kemendagri pada tahun 2006, saya sebagai dewan pimpinan pusat paguyuban kerukunan sedulur sikep di Indonesia. Akhirnya pada tahun 2007, saya dipanggil lagi oleh Kemendagri Samin itu dicetuskan sebagai suku. Sukunya sebetulnya Jawa, tapi oleh Kemendagri, jika Sedulur Sikep hanya sekedar etnis, yang ngayomi itu hanya 7 kementerian. Diantaranya Kemendagri, Kemendikbud, Kemenag, BIN, Polri, MA, Kajagung. Nah, kalau saya rela Samin diputuskan sebagai suku, PBB ikut menjamin kelestarian, keselamatan warga Sedulur Sikep yang ada". Mbah Pram menambahkan, "... Sebenarnya saat saya dipanggil oleh pak menteri saya sempat menegaskan bahwa orang Samin itu sukunya tetap Suku Jawa". Penambahan tersebut memberikan informasi bahwasanya tujuan pemerintah mengangkat Samin sebagai suku tidak lain adalah untuk melestarikan kebudayaan yang memiliki karakteristik dan pedoman nya yang khas. Terdapat karakteristik dan nilai yang perlu dijaga supaya ajaran luhurnya tidak melebur begitu saja tergerus arus globalisasi.  

Sumber:

Pramugi Prawiro Wijoyo. 66 Tahun. Online via G-Meet. 16 Juni 2024 

Masmuh, Abdullah et. all. (2003). AGAMA TRADISIONAL Potret Kearifan Hidup Masyarakat Samin dan Tengger. Bantul: LKiS Yogyakarta 

Pranata, Galih. (2021). Akar Historis Saminisme dan Ajaran Filosofis Samin Surosentiko. National Geographic. Diakses pada 18 Juni 2024 melalui link url Akar Historis Saminisme dan Ajaran Filosofis Samin Surosentiko - Semua Halaman - National Geographic (grid.id)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun