Sukses dalam suatu hal.
Kita terkadang membiasakan diri untuk Menunda-nunda Waktu dalam menjalankan sebuah kegiatan atau pekerjaan, Hal ini merupakan sebuah perilaku yang tidak baik dan dapat menghambat kita dalam meraihPerilaku ini salah satu contoh tidak disiplin nya diri dalam menjalankan sebuah komitmen, jika kita terbiasa menunda-nunda Waktu, maka diri kita akan semakin menjadi orang yang pemalas.
Ketika sebuah mimpi untuk Sukses ingin kamu capai, namun tidak dibarengi dengan sebuah kedisiplinan yang diterapkan dan malah lebih menyukai menunda-nunda sebuah pekerjaan hal inilah yang akan membuat kamu gagal dalam meraih mimpimu.
Terdapat beberapa cara dalam mengatasi kebiasaan menunda-nunda ini, untuk dapat mengetahuinya, Yuk simak dan baca penjelasan di bawah ini cara mengatasi kebiasaan buruk tersebut yang membuat kita tidak disiplin pada diri sendiri.
1. Fokus Memulai Bukan Menyelesaikan
Ketika kamu baru saja mau memulai sebuah pekerjaan, namun kamu sudah Overwhelmed duluan, hal ini disebabkan kamu hanya memikirkan tentang cara penyelesaian tugas.
Padahal seharusnya kamu harus memulai langkah awal terlebih dahulu dan cobalah memulai saja, bukan hanya dipikirkan saja.
Mindset ini akan bantu kamu untuk berani mulai dan menikmati proses.
2. Scheduling
Menunda waktu biasanya terjadi karena kita merasa memiliki banyak waktu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan tersebut.
Agar kamu tidak seperti ini, kamu harus mulai belajar menghitung asumsi waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian tugas dan menjadwalkan deadlinenya.
3. Perjelas Objective
Sering menunda-nunda biasanya karena kamu tidak mengetahui apa yang harus kamu kerjakan dan bagaimana cara memulai pekerjaan tersebut.
Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat memperjelas poin-poin apa yang perlu kamu lakukan seperti Purpose, Vision & Activity.
4. Maafkan Diri
Menunda Waktu dan memunculkan sebuah rasa penyesalan dan menyalahkan diri, emosi negatif ini akan membuat kamu menuntut kita ke penundaan yang lain di masa mendatang.
Jadi cobalah untuk memanfaatkan dirimu sendiri dan memulai semuanya dengan perlahan.
5. Jangan Suka Menyalahkan Orang Lain
Ketika kita menunda-nunda sebuah pekerjaan yang sedang kita jalani, yang kemudian kita kerjaan di hari atau di Waktu ketika deadline sudah sangat mepet.
Kita terkadang suka menyalahkan orang lain dan tidak mau berintrospeksi diri, hal inilah yang kemudian bisa membuat diri kamu menjadi pribadi yang terbiasa tidak disiplin dan selalu merasa paling benar dan tidak mau disalahkan.
Sumber Informasi : Instagram @muhammadgssaputra (Influencer)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H