Mohon tunggu...
ZIAN FAUZAN RAMADHAN
ZIAN FAUZAN RAMADHAN Mohon Tunggu... Editor - Content Creator

Menulis bukan hanya menyampaikan isi hati dan Pikiran, namun menulis merupakan suatu cara berkomunikasi dan menyampaikan pandangan kepada orang lain

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

5 Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda-Nunda Waktu, yang Dapat Menghambat Kita Dalam Meraih Sukses

9 Desember 2022   11:19 Diperbarui: 9 Desember 2022   12:20 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Atasi Kebiasaan Menunda Waktu atau Pekerjaan dengan 5 Hal ini agar menjadi Pribadi yang Disiplin - Sumber Foto : Pixabay

Kita terkadang membiasakan diri untuk Menunda-nunda Waktu dalam menjalankan sebuah kegiatan atau pekerjaan, Hal ini merupakan sebuah perilaku yang tidak baik dan dapat menghambat kita dalam meraih Sukses dalam suatu hal.

Perilaku ini salah satu contoh tidak disiplin nya diri dalam menjalankan sebuah komitmen, jika kita terbiasa menunda-nunda Waktu, maka diri kita akan semakin menjadi orang yang pemalas.

Ketika sebuah mimpi untuk Sukses ingin kamu capai, namun tidak dibarengi dengan sebuah kedisiplinan yang diterapkan dan malah lebih menyukai menunda-nunda sebuah pekerjaan hal inilah yang akan membuat kamu gagal dalam meraih mimpimu.

Terdapat beberapa cara dalam mengatasi kebiasaan menunda-nunda ini, untuk dapat mengetahuinya, Yuk simak dan baca penjelasan di bawah ini cara mengatasi kebiasaan buruk tersebut yang membuat kita tidak disiplin pada diri sendiri.

1. Fokus Memulai Bukan Menyelesaikan

Ketika kamu baru saja mau memulai sebuah pekerjaan, namun kamu sudah Overwhelmed duluan, hal ini disebabkan kamu hanya memikirkan tentang cara penyelesaian tugas.

Padahal seharusnya kamu harus memulai langkah awal terlebih dahulu dan cobalah memulai saja, bukan hanya dipikirkan saja.

Mindset ini akan bantu kamu untuk berani mulai dan menikmati proses.

2. Scheduling

Menunda waktu biasanya terjadi karena kita merasa memiliki banyak waktu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan tersebut.

Agar kamu tidak seperti ini, kamu harus mulai belajar menghitung asumsi waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian tugas dan menjadwalkan deadlinenya.

3. Perjelas Objective

Sering menunda-nunda biasanya karena kamu tidak mengetahui apa yang harus kamu kerjakan dan bagaimana cara memulai pekerjaan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat memperjelas poin-poin apa yang perlu kamu lakukan seperti Purpose, Vision & Activity.

4. Maafkan Diri

Menunda Waktu dan memunculkan sebuah rasa penyesalan dan menyalahkan diri, emosi negatif ini akan membuat kamu menuntut kita ke penundaan yang lain di masa mendatang.

Jadi cobalah untuk memanfaatkan dirimu sendiri dan memulai semuanya dengan perlahan.

5. Jangan Suka Menyalahkan Orang Lain

Ketika kita menunda-nunda sebuah pekerjaan yang sedang kita jalani, yang kemudian kita kerjaan di hari atau di Waktu ketika deadline sudah sangat mepet.

Kita terkadang suka menyalahkan orang lain dan tidak mau berintrospeksi diri, hal inilah yang kemudian bisa membuat diri kamu menjadi pribadi yang terbiasa tidak disiplin dan selalu merasa paling benar dan tidak mau disalahkan.

Sumber Informasi : Instagram @muhammadgssaputra (Influencer)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun