Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Ditiru Tak Digugu

11 Februari 2019   09:18 Diperbarui: 11 Februari 2019   23:34 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrated by : pixabay.com

"Mungkin, Anak itu dari keluarga brokenhome!"
"Tenggelamkan!"
"Kalau aku, Besok anak itu tak akan lihat matahari lagi!"
"Pasti Anak itu hadiah kuaci, Bang!"
"Bisa jadi, Bapak itu..."

Seratus enambelas tanggapan. Tujuhpuluh tiga komentar. Empat puluh kali, dibagikan! Aku terdiam, video itu terlanjur viral! Mataku beralih dari layar hp. kureguk kopi pagi. mengambil nafas dalam. menerawangi perasaan orang-orang yang ada dalam video itu. Aku tahu, siapapun berhak berkomentar terhadap video itu. Seorang murid, berlaku tak pantas pada seorang guru. Semua sepakat, itu bukan etika moral yang diinginkan.

"Anak kurang ajar! Siapa yang ngajari begitu!"
"Jangan menghakimi. Kita belum tahu, cerita sebenarnya seperti apa?"
"Ini pengaruh media sosial yang..."
"Pemerintah perlu menyikapi...
"Buat Undang-undang Perlindungan Guru. Agar..."

Akh...! Sudah seratus empat puluh komentar. Belum sempat satupun kubalas. Kulanjutkan membaca komentar yang terus hadir. Seperti bola salju. Butiran es, mengajak seluruh salju di sekitarnya membentuk lingkaran besar. Menjadi sarang laba-laba.

"Tak bisa sepenuhnya, menyalahkan siswa itu! Orang tua saat ini..."
"Susah mencari sosok yang bisa dijadikan panutan! Sekarang ini, banyak..."
"Kesejahteraan guru harus ditingkatkan! Maka pilihlah Capres nomor urut..."

Kututup layar hp, kembali kureguk kopi. matahari sudah semakin tinggi. Jalanan Kota Curup, sudah mulai sepi. Termasuk Kedai Kopi ini.

Dari pangkalan ojek, Goni lambaikan tangan menyapaku. Kuanggukkan kepala, mengajak ke Kedai Kopi. Sedikit enggan, Goni melangkah pelan menghampiriku. Segera bertukar salam.

"Baru narik?"
"Tapi gratisan, Bang!"
"Kenapa? Kok bisa?"
"Ongkos ojek lima ribu. Aku di serahkan selembar biru..."
"Limapuluh ribu? Wah! Rezeki pagi!"
"Mana ada kembalian, Bang!"
"Lah? Jadi.."
"Balik kanan, Bang!"

Goni garuk kepala. Banyak kudengar cerita seperti itu. Pasti keputusan sulit. Kutepuk pelan bahu Goni.

"Anggap aja, sedekah pagi!"
"Tapi terpaksa, Bang!"
"Haha..."
"Aku belum ngopi. Abang traktir, ya?"
"Pesan aja!"

Goni segera beranjak memesan kopi. Kunyalakan rokok. hpku sejak tadi tak berhenti bergetar. Duaratus empatpuluh notifikasi! Tapi, aku enggan membaca lagi. Goni kembali duduk di sampingku. Sekilas anggukkan kepala, meraih bungkus rokokku. Sambil tersenyum malu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun