Mohon tunggu...
Zakiyah Darojah
Zakiyah Darojah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memberdayakan Pesantren, Inovasi Strategis menuju Indonesia Emas 2045

22 Oktober 2024   14:07 Diperbarui: 22 Oktober 2024   14:15 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam perjalanan menuju tahun 2045, Indonesia dihadapkan pada sebuah peluang emas yang dikenal sebagai bonus demografi. Fenomena ini ditandai dengan melimpahnya populasi usia produktif yang, jika dimanfaatkan dengan bijak, dapat menjadi kekuatan pendorong kemajuan bangsa. 

Di tengah euforia menyambut era ini, kita tidak boleh melupakan peran vital institusi pendidikan, khususnya pesantren, dalam membentuk generasi yang akan menjadi tulang punggung Indonesia di masa depan. Sebelum membahas maka berikut penjabaran dari bonus demografi. 

Bonus demografi adalah keuntungan ekonomi yang disebabkan oleh rasio ketergantungan, yang paling rendah dalam sejarah perjalanan penduduk. Keuntungan ekonomi yang dapat diperoleh suatu negara ketika rasio ketergantungan, yaitu perbandingan antara penduduk yang tidak bekerja (anak-anak dan lansia) dengan penduduk yang berusia produktif, berada pada tingkat terendah. Ini dikenal sebagai bonus demografi. 

Saat ini, lebih banyak orang dalam usia kerja, meningkatkan potensi produksi dan konsumsi. Ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang pesat karena populasi yang produktif dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pendapatan nasional dan inovasi. 

Bonus demografi memberi negara peluang untuk mengoptimalkan investasi sumber daya manusia, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Namun, untuk memanfaatkan bonus demografi, kebijakan yang tepat dan infrastruktur yang memadai diperlukan. Agar tenaga kerja siap menghadapi tantangan pasar, pelatihan keterampilan dan pendidikan berkualitas tinggi harus diprioritaskan. 

Tambahan pula, sangat penting untuk menyediakan lapangan kerja yang cukup dan sistem perlindungan sosial yang kuat untuk mencegah masalah sosial yang dapat muncul akibat pengangguran atau ketidakpuasan ekonomi. Bonus demografi dapat menjadi katalisator utama pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan jika tindakan ini dilakukan.

Pesantren, sebagai lembaga pendidikan islam tertua dj Indonesia, telah berpartisipasi dalam pendidikan dan membuktikan bahwa pesantren daoat berdiri dan menghadapi perkembangan dan perubahan zaman. 

Dalam menyambut era bonus demografis ini, sangat diperlukan adanya inovasi dalam institusi pendidikan, khusus nya pesantren sebagai pembentuk generasi Indonesia di masa mendatang. 

Oleh karena itu, Dalam membentuk pemberdayaan pesantren diperlukan inovasi strategis guna menuju Indonesia emas 2045, maka ada strategi yang diperlukan dalam pembentukan nyanya karena dalam era bonus demografis menuntut pesantren untuk melakukan transformasi yang lebih besar dan inovatif. 

Mengapa? Karena Dalam era bonus demografis pasti akan adanya ledakan dalam pencarian kerja, dalam hal ini pesantren juga dituntut agar lebih dapat mempersiapkan lulusan yang tidak hanya mumpuni dalam keagamaan tetapi juga mampu dan memiliki ketrampilan yang dapat digunakan sebagai kebutuhan saat pencarian kerja. 

Pada era bonus demografis persaingan antara lulusan pesantren tidak hanya akan bersaing secara nasional tetapi menjadi lebih luas yakni global, inovasi yang besar juga diperlukan sebagai acuan lulusan pesantren dapat bersaing dengan talenta seluruh dunia. Maka diperlukan pengajaran yang dapat menyongsong hal tersebut. 

Perkembangan teknologi yang pesat juga menuntut pesantren dalam beradaptasi. Hal ini diperlukan adanya integrasi dalam pengajaran yang ada di pesantren. Sehingga dapat beradaptasi dan tidak tertinggal pada era bonus demografis ini. 

* Strategi inovasi pesantren di masa depan

1. Kurikulum pembelajaran di pesantren yang perlu memadukan antara pembelajaran agama, sains, dan ketrampilan. 

2. Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan efektivitas dan jangkauan pendidikan di pesantren, yang biasanya hanya pembelajaran agama tapi dapat di padukan dengan teknologi yang sesuai dengan zaman Dan contoh dari Hal ini bisa berupa, pengenalan pemprograman atau coding dalam lingkup pesantren. Seperti pada zaman sekarang ada nya pesantren atau pondok modern. 

3. Pesantren perlu membangun jaringan kerjasama yang luas dalam memperkuat posisi nya di era ini. Kolaborasi dengan industri sebagai bentuk pelatihan magang, kolaborasi dengan Perguruan tinggi untuk program studi nya dapat dilakukan sebagai bentuk kerjasama nya. 

4. Pengembangan soft skills, selain keterampilan teknis, juga dibutuhkan adanya pengembangan dalam soft skills. Hal ini seperti adanya pelatihan dalam komunikasi dengan bahasa bahasa, pelatihan kepemimpinan dan manajemen, pelatihan kewirausahaan. 

Meski dari beberapa strategi diatas terlihat menjanjikan tetapi terdapat beberapa hambatan atau tantangan yang ada. Berikut Hambatan atau tantangan ; 

1. Keterbatasan sumber daya : Banyak pesantren, terutama yang berada di daerah terpencil, mungkin terdapat adanya keterbatasan dalam menghadapi kendala finansial dan infrastruktur yang diperlukan dalam melangsungkan strategi diatas. 

2. Kurang merata akses teknologi dan internet yang menghambat dalam implementasi dari inovasi yang dapat dilakukan dalam menghadapi era sekarang dan mendatang. 

3. Mengintegrasikan Kurikulum Modern dan Teknologi Kurikulum pesantren tradisional sangat menekankan studi agama, namun untuk berkembang di era bonus demografi, pesantren harus mengintegrasikan kurikulum yang lebih seimbang yang menggabungkan pendidikan agama dengan keterampilan praktis, pengetahuan ilmiah, dan kemahiran teknologi. 

Hal ini memerlukan pemikiran ulang tentang metode pengajaran, investasi pada infrastruktur digital, dan pelatihan pengajar agar dapat memanfaatkan teknologi secara efektif di kelas. 

4. Mengembangkan Keterampilan Lunak dan Pola Pikir Kewirausahaan Selain keterampilan teknis, era bonus demografi menuntut lulusan yang memiliki keterampilan lunak yang kuat seperti komunikasi, berpikir kritis, dan kepemimpinan. 

Pesantren harus mengedepankan pengembangan kemampuan tersebut, serta menumbuhkan pola pikir kewirausahaan yang memberdayakan santri dalam mengidentifikasi peluang dan menciptakan nilai ekonominya sendiri. Hal ini dapat mencakup pengenalan kursus kewirausahaan, program bimbingan, dan proyek bisnis langsung. 

5. Membangun Ekosistem Kolaboratif Agar tetap relevan dan kompetitif, pesantren perlu secara proaktif membangun kemitraan dan jaringan kolaboratif dengan industri, universitas, dan lembaga pendidikan lainnya. 

Aliansi strategis ini dapat memberikan kesempatan magang, peluang penelitian, dan program bersama yang berharga yang memaparkan siswa pada tantangan dunia nyata dan membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan. Membina ekosistem ini juga akan membantu pesantren tetap gesit dan responsif terhadap kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang. 

Dengan mengatasi tantangan-tantangan utama ini melalui strategi inovatif, pesantren dapat memposisikan diri sebagai katalis dividen demografi Indonesia, dengan menghasilkan lulusan yang tidak hanya berlandaskan nilai-nilai agama. 

namun juga diperlengkapi untuk berkembang dalam perekonomian global yang didorong oleh teknologi di masa depan. 

Dengan adanya hal ini maka juga sangat diperlukan adanya dukungan yang sangat besar dalam pengimplementasian yang dilakukan. Yaitu, dukungan dari masyarakat dengan partisipasinya yang aktif dalam mendukung pesantren, pemerintah yang dapat membuat kebijakan yang dapat mendukung hal tersebut dan pengalokasian dana yang mendukung juga, dan masih banyak lagi. 

Kesimpulan

Bonus demografi 2045 menawarkan peluang emas bagi Indonesia untuk melompat menjadi negara maju. Namun, peluang ini hanya akan terwujud jika kita mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing global. Pesantren, dengan sejarah panjang dan perannya yang vital dalam masyarakat Indonesia, memiliki posisi strategis dalam upaya ini.

Inovasi perencanaan strategis pada institusi pesantren bukan sekadar pilihan, melainkan keharusan. Dengan memadukan kearifan tradisional dan inovasi modern, pesantren dapat menjadi ujung tombak dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia. Transformasi ini membutuhkan komitmen, kerja keras, dan kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat.

Melalui langkah-langkah inovatif yang telah diuraikan, pesantren tidak hanya akan mampu bertahan di era bonus demografi, tetapi juga akan menjadi katalis perubahan yang membawa Indonesia menuju kejayaannya. Mari bersama-sama mendukung dan berkontribusi dalam transformasi pesantren, demi masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun