Memahami Implementasi Kurikulum Merdeka 2023 Bagi Madrasah
Sumber: Shofar Sholahudin
Prinsip Pembelajaran diantaranya
- Berorientasi pada masa depan
- Berorientasi pada nilai ibadah
- Dirancang sesuai karakteristik peserta didik
- Membangun pembelajaran sepanjang hayat
- Mendukung pengembangan kompetensi dan karakter secara holistik
- Dirancang sesuai kontekstual dengan melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra
Analisis Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang dicapai pada tiap fase pada tiap jenjang dari fondasi PAUD. Kekhususan untuk pendidikan dasar dan menengah Capaian Pembelajaran disusun untuk setiap mata pelajaran. Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran diberikan pada setiap fase diantaranya ada Fase Pondasi RA, Fase A MI kelas 1-2, Fase B MI kelas 3-4, Fase C MI kelas 5-6, Fase D MTS kelas 7-9, Fase E MA/MAK Kelas 10 dan Fase F MA/MAK Kelas 11-12.
Komponen Capaian Pembelajaran
- Rasional Mata Pelajaran
- Tujuan Mata Pelajarann
- Karakteristik Mata Pelajaran
- Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan
- Capaian dalam setiap fase menurut elemen
Setiap Capaian Pembelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku pada mata pelajaran tersebut. Masing-masig elemen tersebut sendiri menunjang pembelajaran.
Teknik Perumusan Tujuan Pembejaran (TP)
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran secara langsung melalui Capaian Pembelajaran
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan menganalisi "kompetensi" dan "lingkup materi" pada Capaian Pembelajaran
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran lintas elemen
Tujuan Pembelajaran
- Kompetensi : sikap, pengetahuan, ketrampilan
- Lingkup Materi : ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
- Mengembangkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai secara utuh dalam satu fase
- ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linier dari awal hingga akhir fase
- ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan kompetensi dalam satu fase
Komponen ATP Â
- Tujuan Pembelajaran
- Materi
- Kelas
- Semester
- Alokasi Waktu
Penyusunan Modul Ajar
Pilihan Dokumen Perencanaan PembelajaranÂ
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Modul Ajar
Perbedaan Komponen Minimum RPP dan Komponen Minimum Modul Ajar
komponen minimum RPP :
- Tujuan Pembelajaran
- Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran
- Asesmen pembelajaran diawal dan diakhir untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran
komponen minimum modul ajar :
- Tujuan Pembelajaran
- Langkah-Langkah atau kegiatan pembelajaran
- Rencana Asesmen di awal
- Rencana Asesmen di akhir pembelajaran
- Media Pembelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H