Mohon tunggu...
ZAIS MUBAROK
ZAIS MUBAROK Mohon Tunggu... Guru - Mengajar menjadi Guru

Aktif dalam menulis artikel pendidikan, politik serta sosial

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami IKM 2023 Bagi Madrasah Setiap Fase

31 Januari 2023   09:44 Diperbarui: 31 Januari 2023   09:50 1402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memahami Implementasi Kurikulum Merdeka 2023 Bagi Madrasah

Sumber: Shofar Sholahudin

Prinsip Pembelajaran diantaranya

  • Berorientasi pada masa depan
  • Berorientasi pada nilai ibadah
  • Dirancang sesuai karakteristik peserta didik
  • Membangun pembelajaran sepanjang hayat
  • Mendukung pengembangan kompetensi dan karakter secara holistik
  • Dirancang sesuai kontekstual dengan melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang dicapai pada tiap fase pada tiap jenjang dari fondasi PAUD. Kekhususan untuk pendidikan dasar dan menengah Capaian Pembelajaran disusun untuk setiap mata pelajaran. Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran diberikan pada setiap fase diantaranya ada Fase Pondasi RA, Fase A MI kelas 1-2, Fase B MI kelas 3-4, Fase C MI kelas 5-6, Fase D MTS kelas 7-9, Fase E MA/MAK Kelas 10 dan Fase F MA/MAK Kelas 11-12.

Komponen Capaian Pembelajaran

  • Rasional Mata Pelajaran
  • Tujuan Mata Pelajarann
  • Karakteristik Mata Pelajaran
  • Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan
  • Capaian dalam setiap fase menurut elemen

Setiap Capaian Pembelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku pada mata pelajaran tersebut. Masing-masig elemen tersebut sendiri menunjang pembelajaran.

Teknik Perumusan Tujuan Pembejaran (TP)

  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran secara langsung melalui Capaian Pembelajaran
  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan menganalisi "kompetensi" dan "lingkup materi" pada Capaian Pembelajaran
  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran lintas elemen

Tujuan Pembelajaran

  • Kompetensi : sikap, pengetahuan, ketrampilan
  • Lingkup Materi : ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  • Mengembangkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai secara utuh dalam satu fase
  • ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linier dari awal hingga akhir fase
  • ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan kompetensi dalam satu fase

Komponen ATP  

  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi
  • Kelas
  • Semester
  • Alokasi Waktu

Penyusunan Modul Ajar

Pilihan Dokumen Perencanaan Pembelajaran 

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  • Modul Ajar

Perbedaan Komponen Minimum RPP dan Komponen Minimum Modul Ajar

komponen minimum RPP :

  • Tujuan Pembelajaran
  • Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran
  • Asesmen pembelajaran diawal dan diakhir untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran

komponen minimum modul ajar :

  • Tujuan Pembelajaran
  • Langkah-Langkah atau kegiatan pembelajaran
  • Rencana Asesmen di awal
  • Rencana Asesmen di akhir pembelajaran
  • Media Pembelajaran

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun