Ini hari ketiga kami menggunakan Eurail Pass. Tiket terusan kereta cepat ini memang sebaiknya digunakan untuk rute-rute panjang, yang membutuhkan waktu minimal tiga jam perjalanan. Atau perjalanan yang berjarak minimal 500 kilometer.
Jarak  Interlaken di Swiss ke kota Paris di Prancis sekitar 625 kilometer. Sudah lintas negara. Kami menggunakan Viza Schengen, kecuali Rifqi Nafiz. Anak sulung saya itu pemegang visa student di Jerman yang setiap tahun diperpanjang. Visa Schengen meliputi 26 negara yang berada dalam wilayah schengen, dan beberapa negara Eropa yang berada diluar wilayah schengen.
DAFTAR NEGARA UNTUK VISA SCHENGEN
Visa Schengen meliputi 26 negara yang berada dalam wilayah schengen, dan beberapa negara Eropa yang berada diluar wilayah schengen.
Berikut daftar negara untuk Visa Schengen:
1. Austria
2. Belgia
3. Belanda
4. Italia
5. Spanyol
6. Perancis
7. Jerman
8. Yunani
9. Republik Ceko
10. Hungaria
11. Portugal
12. Luxembourg
13. Liechtenstein
14. Swiss
15. Polandia
16. Denmark
17. Finlandia
18. Iceland
19. Norwegia
20. Swedia
21. Estonia
22. Slovakia
23. Slovenia
24. Lithuania
25. Latvia
26. Malta
27. Monaco
28. San Morino
29. Vatican
30. Andorra
31. Cyprus
32. Kosovo
33. Croatia
34. Bosnia and Herzegovina
35. Romania
36. Serbia
37. Bulgaria
38. Albania
39. Montenegro
40. Macadonia
![Stasiun Milan. (Dokpri)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/03/24/tgv-1-5ab68380dcad5b68b57be282.jpg?t=o&v=770)
Di Basel harus ganti kereta dengan tujuan Paris, Prancis. Dan, Â TGV 9210 sudah standby di jalur sebelah. Jadi bergegas kami menyeret koper yang besar itu. Untung tak ada tangga yang harus dilewati.
TGV Lyria adalah perusahaan pengoperasian kereta cepat paling top yang beroperasi di jalur yang menghubungkan Prancis dengan Swiss. Perusahaan ini kerjasama antara SNCF di Prancis dengan kepemilikan 74%, dan 26% sisanya dimiliki  perusahaaan SBB CFF FFS di Swiss.
![Paris Gare de North. (Dokpri)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/03/24/paris-north-5ab68220dd0fa841275dc9f2.jpg?t=o&v=770)
![sumber foto: revolvy.com](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/03/24/tgv-5ab6824bbde5751d8f661762.jpg?t=o&v=770)
Pokoknya naik TGV Lyria rasanya lebih nyaman  dibanding naik pesawat. Perjalanan dari Basel SBB di Switzerland ke Stasiun Paris Gare de Lyon yang lebih 3 jam itu, seperti tak terasa dan tidak membosankan.
ZT-TGV Lyria, 30 Desember 2017