SEJARAH DAN MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN AL MA'RUF CANDISARI MRANGEN DEMAK
Dosen pengampu
Moh. Farhan, S.Pd.I., S.Hum., M.Pd.I.
Disusun Oleh:
Zahrotun Nafisah(31502100121)
Email:zahrotunnafizah5@gmail.com
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam .Pondok pesantren al ma'ruf merupakan salah satu komponen lembaga yang berjuang mendidik masyarakat dengan pendidikan secara holistik yaitu dengan memberikan pendidikan agama maupun dengan keilmuan dan kemampuan lain agar dapat membekali peserta didik siap menjadi agen perubahan.dengan Program unggul hafalan al quran.manajemen dalam pendidikan sangat penting.karena manajemen sebagai pendukung utama majunya sebuah pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah dan manajemen kurikulum tahfizul quran di ponpes al ma'ruf candisari.dalam pelaksanaan pembelajaran tahfizul quran menggunakan metode setoran dan murajaah,teknik bimbingan dan setor hafalannya bergantian dalam satu ruangan.
Kata Kunci:Sejarah,Manajemen.
PENDAHULUAN
Pondok pesantren Al-Ma'ruf merupakan pondok pesantren yang memiliki takhasus pada bidang hafalan al quran.semua santri konsentrasi untuk menghafal Al-Quran tetapi jika tidak sanggup membaca al quran dengan baik maka di perkenankan juga mengaji bin-nadzor.pondok pesantren ini selain mencetak generasi penghafal Al-Quran juga tidak meninggalkan kitab kitab salafi.
Manajemen dalam pendidikan islam sangat penting.karena manajemen sebagai pendukung utama majunya sebuah pendidikan.manajemen dalam arti mengatur segala sesuatu agar di lakukan dengan baik,tepat dan tuntas.hal tersebut juga di syariatkan dalam ajaran islam dan di sukai allah.dengan manajemen yang baik tentunya dapat menghasilkan tingginya kualitas lembaga pendidikan.
Manajemen kurikulum Tahfizul Qur'an di pondok pesantren Al -Ma'ruf meliputi perencanaan,pelaksanaan,dan evaluasi.
Al quran diartikan sebagai kalam allah yang di turunkan kepada nabi Muhammad sebagai mukjizat dengan perantara malaikat jibril,di sampaikan dengan jalan mutawatir dan membacanya di nilai ibadah.tidak pernah merugi bagi orang yang belajar al quran dan memahaminya,dari zaman dahulu sampai sekarang al quran tetap terjaga ke aslinya dan kemurniaannya.namun secara operasional menjadi tugas dan kewajiban umat islam untuk memeliharannya,salah satunya dengan menghafalkannya.allah telah berjanji dalam al quran surat al hijr ayat 9 yang artinya:"sesungguhnya kamilah yang menurunkan al quran dan sesungguhnya kami benar benar memeliharanya.(Q.S al hijr:9).
PEMBAHASAN
Profil Pondok Pesantren Al Ma'ruf
Sejarah Berdirinya Dan Perkembangan Pondok Pesantren Al Ma'ruf
Yayasan pondok pesantren ini didirikan pada tahun 2000,di latar belakang adanya keinginan masyarakat sekitar pada yayasan pendidikan yang mampu menampung dan memberikan pengajaran pada anak mereka yang menginginkan anaknya menjadi hafiz.pesantren ini di asuh oleh K.Masrum Kholil dan ibu Nur Hayati.beliau adalah alumni ponpes lirboyo dan ponpes BUQ Bentengan Demak.pada tahun pertama pondok pesantren hanya mendapatkan santri baru 17 orang santri,dan lama kelamaan santrinya bertambah banyak.
Pondok pesantren Al Ma'ruf merupakan salah satu komponen lembaga yang berjuang mendidik masyarakat dengan pendidikan secara holistik,yaitu dengan memberikan pendidikan agama maupun dengan ke ilmuwan dan kemampuan lain agar dapat membekali peserta didik siap menjadi agen perubahan.dengan Program unggulan hafalan Al Quran,sima'an mingguan.
Pondok pesantren ini sejak awal memang sudah berencana untuk mendirikan pesantren yang memiliki takhasus pada bidang hafalan al quran,dengan corak pesantren semi tradisional modern.semua santri di konsentrasikan untuk menghafal,namun bagi yang belum sanggup membaca Al Quran dengan baik dan benar di perkenankan juga mengaji Al Quran bin nadzar.pesantren ini memberi batasan waktu dan usia bagi para santri,terbuka bagi pelajar tingkat SD/MI,MTS/SMP, hingga MA bagi santri yang hanya ingin berkonsentrasi belajar mondok saja atau menghafal Al Quran.dengan berkembang nya pondok pesantren ini sekarang jumlah santri sudah banyak,dari berbagai daerah.
Pondok pesantren Al Ma'ruf sekarang ini memiliki beberapa yayasan pendidikan islam diantaranya:
Pendidikan Formal :
TK AL-MA'RUF
MI AL-MA'RUF
SMPIT AL-MA'RUF
MA AL-MA'RUF
Pendidikan non formal:
TPQ Al-Ma'ruf
Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Ma'ruf
Madrasah Diniyah Wustho Al-Ma'ruf
Madrasah Diniyah Ulya Al-Ma'ruf
Pondok Pesantren Putra Putri Al-Ma'ruf
Letak Geografis Pondok Pesantren Al Ma'ruf
Secara Geografis Pondok Pesantren Al-Ma'ruf berada di desa candisari kecamatan mrangen kabupaten Demak.
Keadaan Pengurus,Ustadz Dan Santri Di Pondok Al Ma'ruf
Keadaan Pengurus
Pengurus di dalam dunia pesantren memiliki peranan yang sangat penting,karena Pengurus adalah penggerak santri dan sosok yang sangat berjasa di dalam suatu organisasi,tanpa adanya Pengurus mungkin peraturan peraturan tidak akan berjalan dengan baik.
Selain itu Pengurus juga ada yang merangkap sebagai ustadzah,karena dari Pengurus juga ada yang memiliki kelebihan di bidang tahfiz,sehingga ia di beri kepercayaan oleh ibu nyai untuk mengantikannya ketika berhalangan.
Keadaan Ustadzah
Ustadzah memiliki peranan penting guna menunjang kelancaran dalam proses menghafal Al Quran.karena ustadzah yang mengajarkan ilmu al quran baik dari makhraj ,tajwid,maupun yang lainnya.dengan demikian keadaan ustadzah harus di perhatikan.
Keadaan Santri
Santri merupakan salah satu komponen dalam proses pendidikan.dari hasil wawancara dengan ketua pondok pesantren di peroleh bahwa pondok pesantren memiliki 87 santri,semuanya santri putra dan putri.
Syarat Menjadi Ustadzah Dan Santri Tahfizul Quran
Ustadzah yang mengajarkan di pondok pesantren Al-ma'ruf harus memenuhi berbagai syarat.syarat utama yang harus di miliki adalah hafiz walaupun masih dalam proses minimal sudah mencapai 10 juz,menguasai tajwid,bacaan baik dan profesional.adapun tugas ustadzah mengantikan bu nyai ketika berhalangan.
Begitu pula santri.untuk menjadi santri tahfizul quran di pondok pesantren Al-Ma'ruf tidak lah mudah.untuk menjadi santri bil-ghoib para santri harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus di penuhi.dan adapun syarat Menjadi santri bil-ghoib antara lain:
Niat yang ikhlas
Izin dari orang tua
Tekad yang kuat dan sungguh sungguh
Menguasai ilmu tajwid
Hafal juz amma
Hafal surah surah pilihan
Sarana Dan Prasarana
Sarana Dan prasarana merupakan komponen yang utama dan sangat mendukung untuk tercapainya tujuan dalam proses kegiatan tahfizul Quran.sarana dan prasarana harus di miliki baik lembaga formal maupun non formal sebagai tolak ukur terhadap tingkat kemajuan dan kualitas lembaga itu sendiri.sarana dan prasarana yang di miliki pondok pesantren Al-Ma'ruf adalah sebagai berikut.
Kantor
Kamar Pengurus
Kamar Santri
Masjid
Koperasi
Ruang Tamu
Kamar Mandi
Perpustakaan
2.Manajemen Kurikulum Tahfizul Quran Di Pondok Peaantren Al Ma'ruf
Perencanaan (planning)
Proses perencanaan pembelajaran tahfizul quran ponpes al ma'ruf di lakukan melalui 4 tahap,yaitu:
Penentuan tujuan
Adapun tujuan pembelajaran tahfizul quran yaitu:
Agar santri mampu menghafal al quran
Mampu sima'anÂ
Memiliki perilaku yang baik bahkan di harapkan memiliki perilaku dalam al quran
Metode tahfizul quran
Di Pondok ini menggunakan dua metode setoran dan muraja'ah.kalau setoran adalah dengan setoran hafalan yang baru,kalau muraja'ah itu mengulang yang sudah di hafal.
Materi tahfizul quran
Materi adalah jabatan dari kemampuan dasar yang berisi tentang materi pokok dan bahan ajar.Materi pembelajaran tahfizul quran yang ada di pondok ini meliputi hafalan,tahsinul quran,tilawah,tajwid.pemberian materi ini dengan tujuan untuk santri baru di beri kursus kemampuan dasar agar yang baru mengikuti bisa mengejar kemampuan yang telah di miliki santri senior.
Media tahfizul quran
Pondok pesantren Al ma'ruf merupakan pondok pesantren salaf tradisional sehingga media utama yang di gunakan di pondok ini adalah mushaf al quran,adapun untuk media pendukungnya santri ialah menggunakan buku buku yang berkaitan dengan al quran.
Evaluasi tahfizul quran
Evaluasi merupakan proses yang di lakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan bisa berjalan sesuai dengan target yang di harapkan. Evaluasi hafalan al quran di pondok al ma'ruf di bagi menjadi 3 yaitu:
Evaluasi harian
Evaluasi mingguan
Evaluasi bulanan
Pelaksanaan(Actuating)
Metode pembelajaran di pondok al ma'ruf di bagi menjadi dua yaitu metode sorotan dan muraja'ah,adapun kegiatan sorotan di laksanakan pada waktu habis subuh dan metode muraja'ah di laksanakan pada waktu habis isya'.proses pelaksanaan di lakukan di lingkungan pondok,untuk setoran biasanya di lakukan di masjid,lalu untuk muraja'ah di lakukan di ndalem.
Evaluasi(Evaluating)
Pelaksanaan evaluasi pondok pesantren ini sudah sesuai dengan perencanaanya yang meliputi:
Evaluasi harian
Evaluasi harian di lakukan setelah santri selesai menyetorkan hafalan per satu lembar.jika dari bacaan dan menghafal di ketahui masih banyak yang salah maka harus mengulang hafalannya dan apabila di ketahui tidak banyak kesalahan maka boleh melanjutkan hafalannya ke halaman berikutnya.
Evaluasi mingguan
Evaluasi mingguan menggunakan sistem sima'an estafet atau sima'an secara bergantian.
Evaluasi bulanan
    Untuk evaluasi bulanan juga menggunakan sistem sima'an.bedanya adalah kalau evaluasi mingguan menggunakan sima'an estafet sedangkan sima'an bulanan menggunakan sima'an satu juz di baca satu santri.
PENUTUP
Pondok pesantren Al-Ma'ruf didirikan pada tahun 2000.di latar belakang adanya keinginan masyarakat sekitar pada yayasan pendidikan yang mampu memberikan pengajaran pada anak mereka yang menginginkan anaknya menjadi hafiz.pondok pesantren Al-Ma'ruf berada di mrangen kabupaten Demak.pondok pesantren ini memang dari awal sudah berencana untuk mendirikan pesantren yang memiliki takhasus pada bidang hafalan Al Quran.pondok pesantren Al-Ma'ruf sekarang ini memiliki beberapa yayasan pendidikan islam diantaranya pendidikan formal dan pendidikan non formal.
Manajemen kurikulum di pondok pesantren Al-Ma'ruf antara lain:Â
perencanaan
Dalam tahap perencanaan tahfizul quran Pondok pesantren Al ma'ruf di lakukan oleh pihak yayasan dan Ustadz ustadzah dengan cara:
Merumuskan dan menetapkan tujuan program pembelajaran tahfizul Quran yang hendak di capai.
Menetapkan kurikulum dan materi pembelajaran tahfizul Quran yang menjadi acuan dalam proses pelaksanaan pembelajaran tahfizul Quran.
Menentukan penilaian terhadap keberhasilan santri.
Pelaksanaan
Untuk pelaksanaan pondok pesantren Al-Ma'ruf menggunakan metode setoran dan muraja'ah.keberhasilan metode setoraan dan muraja'ah ini di pengaruh dengan adanya hubungan yang baik antara Pengurus,pengasuh,ustadzah,dan para santri.
Evaluasi
Pengawasan terhadap pembelajaran di lakukan penanggung jawab pembelajaran tahfizul Quran yaitu pengasuh pondok.sedangkan evaluasi secara formal tidak ada,tetapi di tekanan secara praktis dan lisan yang di lakukan tiap saat.Pelaksanaan evaluasi dalam pondok pesantren Al-Ma'ruf sudah sesuai dengan perencanaanya,yang meliputi evaluasi harian,mingguan,dan bulanan.
DAFTAR PUSTAKA
Engkoswara dan Aan Komariah,Administrasi Pendidikan,Bandung:Alfabeta,2010
Kementerian Agama RI,Al-quran dan Tafsirnya,Jakarta:Lentera Abadi,2010
Nazaruddin,Manajemen Pembelajaran,Implementasi Konsep,Karakteristik,Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum,(Yogyakarta:Teras,2007),hlm 131
Suwarti,"Pelaksanaan Program Tahfizul Al-Quran(Semarang 2009)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H