Mohon tunggu...
Zahra Ardiva
Zahra Ardiva Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Never Give Up

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perubahan Logo "Larry Birds" Menuju Logo "X": Transformasi Identitas Baru Twiter Yang Menakjubkan

30 Juli 2023   13:37 Diperbarui: 31 Juli 2023   09:46 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tentu, tidak ada yang tidak tau mengenai logo twiter yang terkenal diseluruh dunia. Twiter mewakili banyak platform media sosial yang yang diluncurkan pada bulan Maret 2006. Twiter sudah mengalami tiga kali perubahan visual pada logonya, namun perubahan kali ini yang membuat kaget warganet yaitu transisi dari logo "Larry Birds" ke logo "X".

Artikel ini akan membahas mengenai proses perjalanan logo twiter dan arti dari logo "X" terbaru twiter. Mengapa logo "X" dijadikan representasi yang cukup kuat bagi twiter dalam perkembangan era media sosial saat ini.

Logo awal twiter "Larry Birds"

Logo pertama twiter adalah "Larry Birds" sebuah gambaran burung yang ceria dengan menghadap keatas. Logo ini menggambarkan semangat platform yang membawa banyak informasi secara waktu yang real seperti kicauan burung. Munculnya logo "Larry Birds" ini secara cepat menjadi ikonik dan dikenali seluruh dunia. Namun seiirin berjalannya waktu dan perkembangan perusahaan, Twiter mulai merancang logo baru yang lebih mewakili identitas twiter kedepannya.

Perubahan identitas menuju logo "X"

Transformasi perubahan logo yang dialami twiter dari "Larry Birds" ke logo "X" merupakan suatu proses yang cukup matang dan cermat yang dilakukan oleh tim desain dan manajemen perusahaan. Tujuan dari perubahan logo pada twiter adalah sebagai bentuk bagaimana twiter menjadii plaform yang lebih inklusif, inspiratif, dan nyaman bagi para penggunanya dalam bersosial media.

Beberapa langkah dalam proses membuat logo antaralain

1. Identifikasi nilai inti

Langkah awal dalam membuat logo yaitu menidentifikaasikan atau menentukan inti pesan yang ingin disampaikan oleh twiter kepada ppublik. tim desain menyadari bahwa twiter tidak hanya menjadi platform berbagi pesan pendek tetapitwiter juga ingin menunjukan semangat iklusifits dan semangat untuk merangkul banyak presepektif dan pemikiran.

2. Eksperimen dengan desain

Setelah mengidentifikasi nilai inti, tim desain twiter mulai bereksperimen dengan logo baru. Mencoba berbagai bentuk dan gaya untuk menemukan paduan yang tepat sehingga dapat merepresentasikan semangat,visi dan misi dari twiter.

Elon Musk  mengatakan arti "X" pada logo Twiter, yaitu untuk memberi gambaran atas ketidak sempurnaan seluruh pengguna, dan dari ketidaksempurnaan itulah yang membuat pengguna menjadi memiliki keunikanya sendiri. Selain itu, transformasi perubahan logo pada twiter diarahkan untuk mendukung bisnis yang nantinya akan berkembang.

Setelah Elon Musk membeli Twiter, nama perusahaan menjadi X Corp yang awalnya  Twiter Inc. Hal ini yang membuat, Elon Musk memiliki tujuan untuk mempercepat pembuatan "X". Tujuan lain dalam pembuatan logo “X” yaitu menyatukan platform media sosial ke dalam beragam layanan aplikasi lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun