Tentu, tidak ada yang tidak tau mengenai logo twiter yang terkenal diseluruh dunia. Twiter mewakili banyak platform media sosial yang yang diluncurkan pada bulan Maret 2006. Twiter sudah mengalami tiga kali perubahan visual pada logonya, namun perubahan kali ini yang membuat kaget warganet yaitu transisi dari logo "Larry Birds" ke logo "X".
Artikel ini akan membahas mengenai proses perjalanan logo twiter dan arti dari logo "X" terbaru twiter. Mengapa logo "X" dijadikan representasi yang cukup kuat bagi twiter dalam perkembangan era media sosial saat ini.
Logo awal twiter "Larry Birds"
Logo pertama twiter adalah "Larry Birds" sebuah gambaran burung yang ceria dengan menghadap keatas. Logo ini menggambarkan semangat platform yang membawa banyak informasi secara waktu yang real seperti kicauan burung. Munculnya logo "Larry Birds" ini secara cepat menjadi ikonik dan dikenali seluruh dunia. Namun seiirin berjalannya waktu dan perkembangan perusahaan, Twiter mulai merancang logo baru yang lebih mewakili identitas twiter kedepannya.
Perubahan identitas menuju logo "X"
Transformasi perubahan logo yang dialami twiter dari "Larry Birds" ke logo "X" merupakan suatu proses yang cukup matang dan cermat yang dilakukan oleh tim desain dan manajemen perusahaan. Tujuan dari perubahan logo pada twiter adalah sebagai bentuk bagaimana twiter menjadii plaform yang lebih inklusif, inspiratif, dan nyaman bagi para penggunanya dalam bersosial media.
Beberapa langkah dalam proses membuat logo antaralain
1. Identifikasi nilai inti
Langkah awal dalam membuat logo yaitu menidentifikaasikan atau menentukan inti pesan yang ingin disampaikan oleh twiter kepada ppublik. tim desain menyadari bahwa twiter tidak hanya menjadi platform berbagi pesan pendek tetapitwiter juga ingin menunjukan semangat iklusifits dan semangat untuk merangkul banyak presepektif dan pemikiran.
2. Eksperimen dengan desain
Setelah mengidentifikasi nilai inti, tim desain twiter mulai bereksperimen dengan logo baru. Mencoba berbagai bentuk dan gaya untuk menemukan paduan yang tepat sehingga dapat merepresentasikan semangat,visi dan misi dari twiter.
Elon Musk mengatakan arti "X" pada logo Twiter, yaitu untuk memberi gambaran atas ketidak sempurnaan seluruh pengguna, dan dari ketidaksempurnaan itulah yang membuat pengguna menjadi memiliki keunikanya sendiri. Selain itu, transformasi perubahan logo pada twiter diarahkan untuk mendukung bisnis yang nantinya akan berkembang.
To embody the imperfections in us all that make us unique— Elon Musk (@elonmusk) July 23, 2023
Buying Twitter is an accelerant to creating X, the everything app— Elon Musk (@elonmusk) October 4, 2022
Setelah Elon Musk membeli Twiter, nama perusahaan menjadi X Corp yang awalnya Twiter Inc. Hal ini yang membuat, Elon Musk memiliki tujuan untuk mempercepat pembuatan "X". Tujuan lain dalam pembuatan logo “X” yaitu menyatukan platform media sosial ke dalam beragam layanan aplikasi lainnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H