Mohon tunggu...
Zahra Salsabiila
Zahra Salsabiila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun

Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Masih Efektifkah Kegiatan OPSPEK di Perguruan Tinggi?

8 Januari 2022   11:17 Diperbarui: 8 Januari 2022   11:30 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pandemi Covid-19 memaksa manusia untuk terus beradaptasi. Banyak kegiatan akhirnya dilakukan secara daring. Tidak terkecuali, OPSPEK di perguruan tinggi. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif dan negatifnya tersendiri terhadap mahasiswa.

Kegiatan OPSPEK sudah tentu tidak asing lagi di mata mahasiswa. Setiap mahasiswa  baik di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta mengalaminya. Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, kegiatan OPSPEK ini bahkan dilakukan dalam beberapa tingkatan. Mulai dari tingkat universitas, fakultas hingga tingkat program studi atau jurusan. Tak jarang berlangsung lebih dari 2 semester.

OPSPEK (Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus) merupakan program kegiatan yang diadakan pada permulaan jenjang perkuliahan yang bertujuan untuk mengenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru. Meski namanya beberapa kali mengalami perubahan seperti saat ini diberi nama PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tetapi istilah OPSPEK lebih familiar dan masih sering digunakan oleh orang banyak saat ini.

Dalam prakteknya isi dari kegiatan OPSPEK ini walau berpedoman kepada peraturan yang telah ditetapkan kementerian pendidikan, hal ini kembali lagi tergantung kepada universitas terlebih lagi kepada panitia dan senior yang langsung berinteraksi dalam kegiatan. Sehingga bagaimana jalannya kegiatan OPSPEK bersifat relative, antar perguruan tinggi bisa berbeda. Jangankan antar perguruan tinggi, antar jurusan dalam satu fakultas atau satu universitas bisa berbeda.

Mahasiswa mengalami berbagai kesulitan dimasa pandemi ini. Untuk bisa mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas saja, mahasiswa sudah dihadapi oleh berbagai kesulitan. Mulai dari fasilitas yang belum memadai, terkendala kuota dan jaringan, juga harus memahami materi yang diberikan dosen ditengah-ditengah berbagai kendala yang dialami.

Ditengah kesulitan yang dihadapinya untuk memahami dan menjalani tugas pokok sebagai mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran kuliah secara daring, mahasiswa juga dihadapi dengan kegiatan OPSPEK yang rasanya tak kunjung usai. Hal ini terjadi pada mahasiswa di perguruan tinggi yang menerapkan ospek tingkat universitas, fakultas hingga program studi. Karena biasanya ospek tingkat program studi dilaksanakan pada semester yang semakin atas.

Kegiatan OPSPEK yang diadakan tingkat program studi tak jarang bersamaan dengan pelaksanaan perkuliahan di semester 2, 3 dst. Dengan kondisi materi perkuliahan yang semakin kompleks, juga tugas-tugas yang menyertainya. OPSPEK yang dihadapi sering kali tugasnya jauh lebih banyak dan merepotkan dibandingkan kegiatan pembelajaran. Sehingga mau tak mau fokus mahasiswa terbagi-bagi. Tak jarang mahasiswa menjadi hilang fokus terhadap pembelajaran bahkan sampai jatuh sakit. Seringkali tugas OPSPEK yang diberikan diluar konteks yang seharusnya. Juga masih adanya di senioritas di beberapa tempat.

Menurut Suharyanto H. Soro (2011), model OPSPEK yang ideal adalah seluruh civitas akademika (pimpinan universitas, dosen, pegawai, dan pengelola lembaga kemahasiswaan) berpartisipasi dalam tugas atau tanggung jawab masing-masing. Pimpinan, dosen dan pegawai berperan sebagai aktor, dengan tujuan untuk menciptakan kreativitas peserta OPSPEK sehingga memungkinkan mereka untuk memperoleh perubahan psikologis yang positif. Pada saat yang sama, pengurus kelompok atau lemabaga mahasiswa bertindak sebagai pelaksana di lapangan. Model ini mengantarkan kegiatan OPSPEK berjalan sesuai dengan tujuan awal.

Berdasar realita yang terjadi, panitia penyelenggara kegiatan OPSPEK seharusnya mempertimbangkan berbagai hal dalam pelaksanaannya. Salah satunya kegiatan yang dilaksanakan harus berlandaskan dan sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Salah satunya yaitu kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan (asas humanis).

Kegiatan OPSPEK yang dilakukan semestinya berjalan lurus, searah dan fokus pada tujuan diselenggarakannya kegiatan. Berfokus pada pengenalan-pengenalan dan hal-hal baru yang ada dalam dunia perkuliahan. Sehingga nantinya mahasiswa bisa beradaptasi dengan perbedaan-perbedaan dan hal-hal baru yang dihadapi. Sehingga hal-hal yang tidak berkaitan tidak perlu dimasukan kedalam agenda OPSPEK. Kemudian harus adanya pengawasan yang ketat dari Kementrian dan juga pihak Universitas atas berjalannya kegiatan OPSPEK agar berjalan sebagaimana mestinya.

Kegiatan OPSPEK di Jerman di selenggarakan dalam rentang waktu yang singkat, hanya berjalan sekitar dua sampai tiga hari yang berfokus pada pengenalan dunia kampus. Selanjutnya di Jepang kegiatan OPSPEK memiliki sisi menarik, dimana para senior berperan mendampingi dan melayani para junior untuk membantunya mengenal dunia kampus. Dan beberapa negara lain seperti Inggris, Amerika, Singapura yang orientasi kegiatan OPSPEKnya diadakan diskusi dan berfokus pada pengenalan dunia perkuliahan bagi mahasiswa sebagai bekal untuk beradaptasi.

Melihat realita praktik OPSPEK yang terjadi di dalam negeri maupun di luar negeri, alangkah baiknya jalannya kegiatan OPSPEK yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Indonesia berpusat secara penuh kepada peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. Kemudian Peraturan yang diciptakan mengatur secara serempak kegiatan dan periode waktu terselenggaranya OPSPEK dan juga mengedepankan nilai-nilai intelektual. Tidak lupa juga jalannya kegiatan harus diawasi secara penuh serta adanya sinergi yang kuat antar pihak-pihak yang menyelenggarakan kegiatan ini.

Semoga kedepannya kegiatan OPSPEK di perguruan tinggi semakin diisi dengan nilai-nilai positif dan tidak lupa mempertimbang aspek-aspek lainnya. Sebab, kegiatan OPSPEK memegang peranan penting sebagai kegiatan yang mengenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru. Jangan sampai OPSPEK yang semula bertujuan untuk membentuk mental yang baik bagi mahasiswa sebagai bekal untuk menjalani dunia yang baru, malah menanggalkan rasa trauma bagi mahasiswanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun