Mohon tunggu...
YWAM_JP NEWS
YWAM_JP NEWS Mohon Tunggu... Mahasiswa - YW Al Muhajirien Jakapermai

YWAM_JP NEWS adalah blog Bidang Sekretariat Yayasan Waqaf (YW) Al Muhajirien Jakapermai, yang mengelola Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, Kota Bekasi, dan Grand Wisata, Kabupaten Bekasi. Blog ini berisi tentang kegiatan-kegiatan sekolah yang dikelola yayasan ini, serta tulisan lepas lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membidik Target Pasar Sekolah-sekolah Islam Al Azhar

18 September 2023   13:36 Diperbarui: 18 September 2023   13:49 480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : Dok. Humas SD islam Al Azhar 9 Kemang Pratama.

Oleh. Muhammad Eko Purwanto

Tidak lama lagi, Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, akan melaksanakan proses penerimaan murid baru (PMB) untuk TP. 2024-2025. Hal ini dilakukan jauh-jauh hari sebagai upaya memberi ruang berfikir dan pengambilan keputusan bagi orang tua murid, agar kelak mereka tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari, serta mempersiapkan diri agar calon-calon siswa yang berminat belajar di Sekolah-sekolah Islam Al Azhar mempersiapkan diri, baik secara mental maupun akademis. Oleh karena itu, pihak Humas YW Al Muhajirien Jakapermai sejak dini mempersiapkan berbagai instrumen pemasarannya agar pada saatnya nanti, dapat memenuhi target murid yang direncanakan.

Instrumen pemasaran yang digunakan antara lain melalui media sosial, seperti: Instagram, Facebook, Tiktok, Website, WhatsApp, dan lain-lain. Sementara content yang dibuat, berupa Video, Flyer, publikasi foto-foto kegiatan dan lain-lain. Semua media dan content ini ditujukan untuk menyebarkan informasi bahwa di Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata siap melaksanakan proses penerimaan murid baru (PMB) TP. 2024-2025.

Sumber Gambar : Dok. Humas SD islam Al Azhar 9 Kemang Pratama.
Sumber Gambar : Dok. Humas SD islam Al Azhar 9 Kemang Pratama.

Sarana Komunikasi dan Informasi

Sebagai sarana komunikasi antar humas sekolah dan YW Al Muhajirien Jakapermai, dalam mempersiapkan segala sesuatunya dalam mempublikasikan Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di kompleks Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, pihak sekretariat yayasan telah memfungsikan Microsof TEAMS sebagai sarana interaksi antar unit sekolah di YW Al Muhajirien Jakapermai. Aplikasi ini dimanfaatkan sebagai ikhtiar untuk mempermudah melakukan koordinasi antar unit kerja, sekaligus sebagai alat untuk saling berkoordinasi. Manfaat lainnya dari Microsoft Teams antara lain, sebagai berikut:

  • Kolaborasi antar Humas. Microsoft Teams memungkinkan setiap Humas di seluruh unit kerja, untuk dapat bekerjasama dengan pihak kesekretariatan secara efektif, dengan memungkinkan seluruh unit kerja berbagi file, berinteraksi dalam tugas, dan mengadakan pertemuan secara virtual, setiap saat.
  • Komunikasi yang Terpadu. Seluruh unit kerja di YW Al Muhajirien Jakapermai dapat mengirim pesan instan, melakukan panggilan suara atau video call, dan mengadakan pertemuan langsung dengan tim humas masing-masing sekolah, dalam satu platform yang terintegrasi.
  • Manajemen Proyek yang Terpusat. Microsoft Teams menyediakan berbagai alat manajemen proyek yang memungkinkan, setiap unit kerja dapat merencanakan, mengorganisasikan, mengatur, melacak tugas-tugas dan deadline proyek, membuat jadwal, dan mengelola proyek secara efektif dan efisien.
  • Integrasi dengan Aplikasi dan Layanan Lain. Teams terintegrasi dengan berbagai aplikasi Microsoft, seperti: Word, Excel, dan PowerPoint, serta dengan layanan lain seperti: SharePoint dan OneDrive, sehingga memudahkan akses dan berbagi informasi antar aplikasi.
  • Penyimpanan Data Aman. Microsoft Teams telah dirancang dengan fitur keamanan tinggi, termasuk enkripsi data dan kontrol akses yang kuat, sehingga seluruh data dari unit-unit kerja dapat dipastikan dalam kondisi aman.
  • Peningkatan Produktivitas. Melalui fitur-fitur seperti pemberitahuan real-time, peringatan tugas, dan kemampuan untuk mengakses informasi secara cepat, Microsoft Teams dapat membantu meningkatkan produktivitas dari seluruh unit kerja di YW Al Muhajirien Jakapermai.
  • Pengelolaan Pertemuan yang Mudah. Dalam aplikasi microsoft Teams juga menawarkan pengaturan pertemuan yang mudah, termasuk kemampuan mengatur jadwal pertemuan, mengundang peserta, dan berbagi presentasi atau file selama pertemuan.
  • Akses dari Mana Saja. Microsoft Teams dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk desktop, laptop, tablet, dan ponsel, sehingga aktivitas unit-unit kerja di bawah pengelolaan YW Al Muhajirien Jakapermai dapat tetap terhubung dan produktif di mana saja.

Sumber Gambar : Dok. Humas TK islam Al Azhar 11 Kemang Pratama.
Sumber Gambar : Dok. Humas TK islam Al Azhar 11 Kemang Pratama.

Mengelola Pasar Sasaran

Dalam dunia pemasaran, komunikasi memainkan peran penting dalam mempengaruhi pemikiran dan perilaku konsumen. Salah satu aspek yang sangat penting dalam komunikasi pemasaran adalah kejelasan dan kemampuan untuk mengartikulasikan dan menulis pesan yang efektif. Oleh karena itu, kemampuan tim Humas yayasan untuk mengartikulasikan (articulatable) dan menulis (writable) menjadi sangat urgent untuk dipahami.

Articulatability, atau kemampuan untuk mengartikulasikan, merupakan kemampuan individual atau organisasi untuk menyampaikan ide atau pesan dengan jelas dan efektif. Dalam konteks pemasaran, hal ini berarti memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada target audiens, dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Pesan yang dapat diartikulasikan dengan baik, akan lebih mudah dipahami oleh konsumen potensial, dan akan lebih mungkin dapat mempengaruhi pemikiran dan perilaku mereka.

Di sisi lain, writability adalah kemampuan untuk menulis pesan pemasaran dengan cara yang efektif. Dalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital, kemampuan menulis secara efektif menjadi semakin penting. Menulis iklan, konten web, posting media sosial, dan materi pemasaran lainnya, merupakan bagian penting dari strategi pemasaran digital. Menulis dengan baik akan memperkuat merek (brand), sehingga mampu menginformasikan pesan yang kuat dan dapat merangkul audiens lebih luas. Pertanyaannya, mengapa kemampuan mengartikulasikan dan menulis penting dalam pemasaran ?

Pertama, karena komunikasi yang jelas dan efektif membantu kita dalam menyampaikan nilai dan manfaat produk, atau layanan jasa pendidikan kepada target pasar. Jika pesan pemasaran tidak bisa diartikulasikan dan disampaikan dengan jelas, maka pesan ini tidak akan efektif dalam mempengaruhi pikiran dan perilaku konsumen.

Sumber Gambar : Dok. Humas TK islam Al Azhar 8 Jakapermai.
Sumber Gambar : Dok. Humas TK islam Al Azhar 8 Jakapermai.

Kedua, karena dalam dunia yang semakin kompetitif, kemampuan mengartikulasikan dan menulis pesan pemasaran akan menciptakan keunggulan kompetitif bagi brand (merek) yang sedang kita tawarkan. Ketika kita dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan menarik, maka kita dapat mengemas brand (merek) lebih menarik perhatian konsumen, daripada brand (merek) pesaing, yang pesannya samar atau ambigu.

Ketiga, karena dengan adanya media sosial dan internet, kemampuan menulis yang baik sangat diperlukan dalam menghasilkan konten yang menarik dan berharga bagi konsumen. Konten adalah kunci dalam pemasaran digital, dan marketer  yang mampu menulis konten penuh makna, akan dapat membangun citra brand (merek) yang kuat.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana kita dapat meningkatkan kemampuan dalam mengartikulasikan dan menulis pesan pemasaran yang efektif ? Pertama, kita harus memiliki pemahaman yang kuat tentang audiens yang menjadi pasar sasaran (target market). Hal ini mencakup pemahaman tentang nilai, kebutuhan, dan preferensi audiens. Melalui pemahaman ini, kita dapat menyusun pesan yang sesuai dan menarik bagi audiens kita. 

Kedua, kita harus mempertimbangkan gaya komunikasi dan bahasa yang digunakan dalam pesan yang akan kita sampaikan. Sehingga pesan harus disampaikan dengan cara yang sesuai dengan merek jasa pendidikan kita dan audiens. Menggunakan bahasa yang relevan dan mudah dimengerti, akan memudahkan audiens dapat memahami pesan dengan baik dan audiens mudah mempertimbangkan tawaran kita.

Ketiga, kita harus menguasai teknik penulisan yang efektif. Ini melibatkan penggunaan struktur kalimat yang baik, pengaturan pikiran yang terorganisir, dan gaya penulisan yang menarik. Teknik-teknik ini akan memastikan bahwa pesan pemasaran ditulis dengan cara yang menarik dan mempengaruhi target market yang kita tuju.

Sumber Gambar : Dok. Humas SMP islam Al Azhar 6 Jakapermai.
Sumber Gambar : Dok. Humas SMP islam Al Azhar 6 Jakapermai.

Mengingat pentingnya kemampuan mengartikulasikan dan menulis pesan pemasaran yang efektif, maka humas yayasan dan sekolah dapat melakukan investasi dalam mengembangkan kemampuan ini. Pihak Humas dan marketing yayasan bisa melakukan pelatihan dan pembinaan tim pemasaran, melalui pelatihan dan workshop penulisan content. Dengan meningkatnya kemampuan dalam mengartikulasikan dan menulis, maka kita dapat memaksimalkan dampak pesan pemasaran dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di era digital sekarang ini ?! Wallahu A'lamu Bishshawwab.

Bekasi, 18 September 2023.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun