Temanggung, Yusuf Soleh ---Teori Belajar Gagne menekankan pada proses internal individu dalam memahami dan memproses informasi untuk mencapai perubahan perilaku yang relatif permanen.
Pengertian Teori Belajar Gagne:
Menurut Robert M. Gagne, belajar adalah perubahan perilaku yang relatif permanen yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman masa lalu atau pembelajaran yang direncanakan. Teori Gagne menekankan pada pemahaman dan pemrosesan informasi, serta mengidentifikasi komponen-komponen utama dalam belajar, yaitu kondisi internal, kondisi eksternal, dan hasil belajar.
Hirarki Hasil Belajar Gagne:
Gagne mengembangkan hirarki hasil belajar yang mencakup lima tingkatan:
1. Informasi Verbal: Pernyataan tentang informasi yang dipahami oleh individu.
2. Keterampilan Intelektual: Tindakan khusus dengan persyaratan yang diperlukan.
3. Strategi Kognitif: Keterampilan intelektual khusus yang berhubungan dengan pengaturan dan pengolahan informasi.
4. Sikap: Perubahan internal yang memengaruhi tindakan terhadap suatu objek atau peristiwa.
5. Keterampilan Motorik: Keterampilan yang melibatkan aktivitas fisik.
Tahapan Belajar Gagne:
Gagne mengidentifikasi delapan fase dalam proses belajar:
1. Fase Motivasi: Membangkitkan minat dan motivasi peserta didik.
2. Fase Pengenalan: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Fase Perolehan: Mengingat kembali konsep/prinsip yang diperlukan.
4. Fase Retensi: Menyajikan materi pembelajaran.
5. Fase Pemanggilan: Memberikan bimbingan belajar.
6. Fase Generalisasi: Memunculkan kinerja atau respons peserta didik.
7. Fase Penampilan: Memberikan umpan balik tentang kinerja.
8. Fase Umpan Balik: Menilai kinerja dan meningkatkan retensi dan transfer.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H