Mohon tunggu...
Yusnita Yusuf
Yusnita Yusuf Mohon Tunggu... Guru - Guru

Nama Saya Yusnita, Saya lahir dan dibesarkan di Palembang. Sejak kecil saya tinggal dan menetap di Palembang. Saya seorang gurui sekolah dasar yang suka membaca, memasak dan melakukan perjalanan wisata. Saya suka membaca karena membaca merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperoleh pengetahuan baru. Saya juga menyukai memasak karena menghasilkan sesuatu yang konkret, yaitu hidangan yang dapat dinikmati, bisa dapat mengontrol jenis dan bahan yang digunakan, lebih sehat dan juga lebih ekonomis. Alasan saya menyukai perjalanan wisata karena dapat memberikan kegembiraan dan keingintahuan. Perjalanan memberikan kesempatan untuk menjelajahi tempat - tempat baru, mencoba pengalaman baru, dan menemukan hal - hal baru yang belum pernah ditemui sebelumnya. Ini dapat menjadi bentuk liburan dan dan penyegaran fikiran yang sangat diperlukan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

30 November 2023   23:22 Diperbarui: 30 November 2023   23:39 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A.  JUDUL

Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SD Plus IGM Palembang

B.  PENDAHULUAN

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah rendahnya minat membaca peserta didik. Setelah diidentifikasi, penyebab masalahnya adalah strategi  pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan materi pembelajaran

Best practice ini penting dibagikan karena berisi pengalaman terbaik terkait keberhasilan menyelesaikan masalah selama proses pembelajaran, sebagian besar guru mengalami permasalahan yang sama yaitu rendahnya minat membaca peserta didik.

Peran saya sebagai  sumber belajar, fasilitator, motivator, pengelola kelas, pembimbing, dan evaluator. Tanggung jawab saya menciptakan pembelajaran berkualitas, bermakna bagi peserta didik, menerapkan strategi/ model dan media pembelajaran variatif sehingga tujuan pembelajaran tercapai

C.  PEMBAHASAN

Tantangan dalam pembelajaran yaitu strategi dalam pemilihan model dan media yang cocok dengan materi pembelajaran. Upaya menyelesaikan permasalahannya dengan menggunaan model pembelajaran PBL, media pembelajaran berbasis TPACK berupa ppt/video pembelajaran. Penyelesaian tantangan melibatkan kepala sekolah, rekan sejawat guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik

Langkah-langkah untuk menghadapi tantangan yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran, membuat media pembelajaran yang cocok dengan materi pelajaran

Prosesnya pada tahap persiapan, guru dengan bimbingan dosen dan guru pamong mendesain pembelajaran yang inovatif, diperkuat dengan arahan dan masukan teman-teman satu kelompok. Tahap Pelaksanaan, melaksanakan desain pembelajaran yang telah dibuat sesuai dengan sintaks PBL. Kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Tahap Evaluasi dan Refleksi, merefleksi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sudah menyelesaikan permasalahan atau belum, serta menentukan rencana tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya.

Pihak yang terlibat yaitu kepala sekolah, teman sejawat, dan peserta didik. Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi yaitu kompetensi guru, sarana prasarana (LCD, speaker, jaringan), media pembelajaran (bahan ajar, LKPD, lembar evaluasi, video pembelajaran, power point, media kartu kata dan kartu gambar)

peserta didik lebih bersemangat saat pembelajaran, terlatih mempresentasikan   hasil kerja kelompoknya, meningkatnya minat membaca

Hasil pembelajaran dengan menerapkan model PBL sangat efektif karena mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, terlihat dari kesimpulan pembelajaran yaitu adanya peningkatan minat baca semua peserta didik yang berjumlah 25 orang dan sudah mencapai tujuan pembelajaran terbukti dengan nilai evaluasi mandiri peserta didik 85 % di atas KKM

Respon positif dari kepala sekolah dan rekan sejawat dalam pembelajaran dengan memberi penguatan untuk selalu menerapkan model PBL dan media pembelajaran yang bervariasi. Respon peserta didik mereka senang bahagia karena proses pembelajaran menerapkan motode bervariasi dan media yang menarik sehingga pelajaran mudah dipahami

D.  KESIMPULAN

Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat membaca peserta didik, meningkatkan pengetahuan, keterampilan berpikir kritis, kemampuan sosial, interaksi, komunikasi dan kolaborasi. Melalui tindak lanjut yang cermat dan berkelanjutan, best practice PBL dapat terus ditingkatkan dalam  mencapai tujuan pembelajaran

E.  DAFTAR PUSTAKA

Kristina Rahayu Ningtyas, Raras Setyo Retno, Prijo Trijono. Tahun 2023

Meningkatkan Minat Baca melalui Model Pembelajaran PBL ( Problem Based Learning )Dengan Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Wonokerto Kabupaten Kediri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun