Mohon tunggu...
YUSNEDI
YUSNEDI Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi membaca, mendengar berita

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practices

15 Januari 2023   08:27 Diperbarui: 15 Januari 2023   08:33 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1   Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

AIR MOLEK, INDRAGIRI HULU, RIAU

Lingkup Pendidikan

SMK NEGERI 1 PASIR PENYU

Tujuan yang ingin dicapai

Mengatasi kurangnya motivasi siswa dalam numerasi pada  materi pelajaran produksi pengohan hasil hewani (Aksi 2)

Melalui penerapan model pembelajaran PjBL  dan   memasukan informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti tabel, grafik, bagan dalam meningkatkan numerasi, yang memungkinkan peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran (Aksi 2)

 

Penulis

YUSNEDI

Tanggal

 15 Januari   2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam numerasi pada  materi pelajaran produksi pengolahan hasil hewani

Berdasarkan kondisi diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan adalah:

Pengaruh kemajuan teknologi yakni media sosial dan game online

kurang optimalnya peran dan fungsi perpustakaan sekolah

kurangnya kesadaran pada peserta didik betapa pentingnya membaca

variasi pembelajaran yang menggunakan literasi dan numerasi oleh guru belum optimal

Siswa tidak paham manfaat dan literasi dan numerasi

Rendahnya minat siswa untuk maju atau mengggali potensi yang ada pada dirinya

Memberikan materi literasi dan numerasi kurang menarik

Minat baca siswa kurang

Siswa tidak tertarik / bosan mengunjungi perpustakaan

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :

 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena agar bisa digunakan sebagai referensi/inspirasi terbaik bagi rekan guru yang mengalami hal yang sama dengan permasalahan yang saya alami,sehingga berdampak pada perbaikan pembelajaran didalam kelas yang otomatis berdampak pada siswa belajar dengan lebih baik.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktek ini :

Saya sebagai guru mempunyai peran dan tanggung jawab untuk terus melakukan inovasi dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran baik dari metode,model dan media pembelajaran sehingga tujuan belajar dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Berdasarkan kajian literatur dan hasil wawancara yang saya lakukan,eksplorasi penyebab masalahnya antara lain :

Model pembelajaran untuk numerasi belum dilakukan inovativ/ secara baik

Metode pembelajaran yang menggunakan numerasi belum dilkukan dengan kurang kreatif

Materi numerasi kurang menarik bagi siswa

Media pembelajaran untuk numerasi belum digunakan dengan optimal

Daya pikir/nalar untuk numerasih rendah

Siswa tidak tertarik / bosan dengan numerasi

 

Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi guru adalah :

  • Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melaui proses pembelajaran yang menyenangkan.
  • Pemilihan media yang tepat agar merangsang anak untuk belajar.
  • Pemilihan model pembelajaran disesuaikan dengan karateristik materi pelajaran dan siswa.

Siapa saja yang terlibat ;

Dilihat dari tantangan tersebut,bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari segi kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari siswa adalah motivasi belajar.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menghadapi tantangan tersebut antara lain :

  • Meningkatkan motivasi siswa.
  • Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa.
  • Disini guru dalam mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa.
  • Pemilihan media pembelajaran.
  • Saya menggunakan media gambar dan teks yang sudah dipotong sesuai gambar,sebagai alat bantu agar siswa mudah membaca teks bahasa arab, saya juga menggunakan pembelajaran berbasis TPACK dengan menampilkan video gambar dan teks bahasa arab serta cara membacanya melaluli Powerpoint,sehingga siswa lebih mudah memahami.
  • Pemilihan model pembelajaran.
  • Guru memilih model pembelajaran disesuikan dengan karaterisik materi pembelajaran dan siswa.
  • Disini saya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan sintaks yaitu :

  • Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the essential question)
  • Peserta didik secara kelompok/individu dihadapkan pada situasi adanya permasalahan dan menentukan projek yang paling tepat cara mengatasi masalah.
  • Mendesain perencanaan projek
  • Peserta didik merancang projek baik desain/perencanaan, gambar, bahan, maupun teknis pengerjaannya.
  • Menyusun jadwal (Create a Schedule)
  • Peserta didik menyusun jadwal (waktu pelaksanaan), distribusi pekerjaan, dan presentasi.
  • Memonitor kemajuan projek (Monitor the Progress of the Project);
  • Peserta didik mengerjakan projek sesuai rancangan dan distribusi kerja serta menyampaikan progres/kemajuan pengerjaan projek.
  • Menguji hasil (Assess the Outcome)
  • Peserta didik memeriksa hasil projek; membandingkan dengan rancangan dan pendidik menilai kemajuan peserta didik.
  • Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
  • Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil projek yang sudah dijalankan.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari :

  • Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
  • Pemilihan media pembelajaran berupa “gambar dan teks yang sudah dipotong sesuai gambar “yang dipadukan dengan pembelajaran berbasis TPACK berupa video pembelajaran dapat merangsang siswa untuk aktif belajar.terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
  • Pemilihan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat menumbuhkan siswa berpikir kritis terlihat dari respon yang diberikan siswa dalam menanggapi pertanyaan guru seputar materi. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat antusias,karena pembelajaran sangat menyenangkan. Media yang digunakan sangat menarik sehingga materi dapat mudah dipahami.
  • Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan dari kemampuan guru mengelola pembelajaran berdasarkan penguasaan terhadap media, model, dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang sudah dibuat.
  • Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah Penggunaan media,model dan inovasi pembelajaran sebagai upaya perwujudan pembelajaran bermakna bagi siswa telah mampu mengembangkan kreativitas guru sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun