LK 3.1 Â Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
AIR MOLEK, INDRAGIRI HULU, RIAU
Lingkup Pendidikan
SMK NEGERI 1 PASIR PENYU
Tujuan yang ingin dicapai
Mengatasi kurangnya motivasi siswa dalam numerasi pada  materi pelajaran produksi pengohan hasil hewani (Aksi 2)
Melalui penerapan model pembelajaran PjBL  dan  memasukan informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti tabel, grafik, bagan dalam meningkatkan numerasi, yang memungkinkan peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran (Aksi 2)
Â
Penulis
YUSNEDI
Tanggal
 15 Januari  2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam numerasi pada  materi pelajaran produksi pengolahan hasil hewani
Berdasarkan kondisi diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
Pengaruh kemajuan teknologi yakni media sosial dan game online
kurang optimalnya peran dan fungsi perpustakaan sekolah
kurangnya kesadaran pada peserta didik betapa pentingnya membaca
variasi pembelajaran yang menggunakan literasi dan numerasi oleh guru belum optimal
Siswa tidak paham manfaat dan literasi dan numerasi
Rendahnya minat siswa untuk maju atau mengggali potensi yang ada pada dirinya
Memberikan materi literasi dan numerasi kurang menarik
Minat baca siswa kurang
Siswa tidak tertarik / bosan mengunjungi perpustakaan
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :
Â
Praktik ini penting untuk dibagikan karena agar bisa digunakan sebagai referensi/inspirasi terbaik bagi rekan guru yang mengalami hal yang sama dengan permasalahan yang saya alami,sehingga berdampak pada perbaikan pembelajaran didalam kelas yang otomatis berdampak pada siswa belajar dengan lebih baik.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktek ini :
Saya sebagai guru mempunyai peran dan tanggung jawab untuk terus melakukan inovasi dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran baik dari metode,model dan media pembelajaran sehingga tujuan belajar dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Berdasarkan kajian literatur dan hasil wawancara yang saya lakukan,eksplorasi penyebab masalahnya antara lain :
Model pembelajaran untuk numerasi belum dilakukan inovativ/ secara baik
Metode pembelajaran yang menggunakan numerasi belum dilkukan dengan kurang kreatif
Materi numerasi kurang menarik bagi siswa
Media pembelajaran untuk numerasi belum digunakan dengan optimal
Daya pikir/nalar untuk numerasih rendah
Siswa tidak tertarik / bosan dengan numerasi
Â
Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi guru adalah :
- Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melaui proses pembelajaran yang menyenangkan.
- Pemilihan media yang tepat agar merangsang anak untuk belajar.
- Pemilihan model pembelajaran disesuaikan dengan karateristik materi pelajaran dan siswa.
Siapa saja yang terlibat ;
Dilihat dari tantangan tersebut,bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari segi kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari siswa adalah motivasi belajar.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menghadapi tantangan tersebut antara lain :
- Meningkatkan motivasi siswa.
- Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa.
- Disini guru dalam mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa.
- Pemilihan media pembelajaran.
- Saya menggunakan media gambar dan teks yang sudah dipotong sesuai gambar,sebagai alat bantu agar siswa mudah membaca teks bahasa arab, saya juga menggunakan pembelajaran berbasis TPACK dengan menampilkan video gambar dan teks bahasa arab serta cara membacanya melaluli Powerpoint,sehingga siswa lebih mudah memahami.
- Pemilihan model pembelajaran.
- Guru memilih model pembelajaran disesuikan dengan karaterisik materi pembelajaran dan siswa.
- Disini saya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan sintaks yaitu :
- Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the essential question)
- Peserta didik secara kelompok/individu dihadapkan pada situasi adanya permasalahan dan menentukan projek yang paling tepat cara mengatasi masalah.
- Mendesain perencanaan projek
- Peserta didik merancang projek baik desain/perencanaan, gambar, bahan, maupun teknis pengerjaannya.
- Menyusun jadwal (Create a Schedule)
- Peserta didik menyusun jadwal (waktu pelaksanaan), distribusi pekerjaan, dan presentasi.
- Memonitor kemajuan projek (Monitor the Progress of the Project);
- Peserta didik mengerjakan projek sesuai rancangan dan distribusi kerja serta menyampaikan progres/kemajuan pengerjaan projek.
- Menguji hasil (Assess the Outcome)
- Peserta didik memeriksa hasil projek; membandingkan dengan rancangan dan pendidik menilai kemajuan peserta didik.
- Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
- Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil projek yang sudah dijalankan.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari :
- Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
- Pemilihan media pembelajaran berupa “gambar dan teks yang sudah dipotong sesuai gambar “yang dipadukan dengan pembelajaran berbasis TPACK berupa video pembelajaran dapat merangsang siswa untuk aktif belajar.terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
- Pemilihan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat menumbuhkan siswa berpikir kritis terlihat dari respon yang diberikan siswa dalam menanggapi pertanyaan guru seputar materi. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat antusias,karena pembelajaran sangat menyenangkan. Media yang digunakan sangat menarik sehingga materi dapat mudah dipahami.
- Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan dari kemampuan guru mengelola pembelajaran berdasarkan penguasaan terhadap media, model, dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang sudah dibuat.
- Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah Penggunaan media,model dan inovasi pembelajaran sebagai upaya perwujudan pembelajaran bermakna bagi siswa telah mampu mengembangkan kreativitas guru sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H