Mohon tunggu...
Shafira Yurie
Shafira Yurie Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Manajemen Pemasaran

13 Desember 2017   14:48 Diperbarui: 13 Desember 2017   15:02 633
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Bagi bisnis kecil, setiap uang yang dikeluarkan itu sangat berharga. Bisnis kecil beriklan  untuk memanfaatkan keuntungan terbaik dari penjualan.

Dari iklan harus menghasilkan penjualan yang lebih besar dan lebih banyak keuntung.

Memilih media yang tepat adalah sebuah langkah penting guna mengembangkan penjualan dan rencana pemasaran. Tidak ada media yang lebih baik. Media yang tepat untuk satu bisnis belum tentu tepat bagi bisnis yang lain.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari berbagai media periklanan :

1. Periklanan media sosial

Internet telah berkembang menjadi media yang menghubungkan hubungan sosial. Media sosial telah mengalami pertumbuhan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

Kelebihan

Media sosial dapat membangun hubungan pelanggan dan menawarkan jangkauan yang luar biasa. Menawarkan jangkauan yang luas dengan potensi viral marketing. Traffic yang dihasilkan bisa sangat ditargetkanAlat media sosial relatif murah.

Kekurangan

Penargetan sangat rendah karena keragaman dan luasnya khalayak sehingga ROI rendah akibat pengunjung yang tidak terkonversi. Pengunjung menggunakan media sosial untuk bersosialisasi dan tidak tertarik dengan iklan. Traffic sebelumnya dalam tahap belajar dari proses pembelian. Oleh karena itu jauh lebih penting untuk menginformasikan dan mengajarkan dibanding menjualnya langsung. Media sosial dapat menjadi alat branding yang sulit bagi bisnis kecil, dan tidaklah mudah membangun awareness. Untuk itu buatlah semenarik mungkin agar menghasilkan traffic.

2. Iklan banner

Iklan banner merupakan salah satu bentuk dominan dari iklan online. Ini merupakan tampilan iklan grafis yang unik dengan ukuran khas spanduk.

Kelebihan

Dengan penempatan dan desain yang baik, iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. Iklan benner adalah alat branding yang sangat baik. Penayangan iklan mudah dilacak dengan alat pelacakan yang tersedia. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

Kekurangan

Beberapa jenis iklan banner sering terlihat menjengkelkan dan sangat mengganggu. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan. Harga iklan menurun akibat desain banner.

3. Iklan direct mail

Direct mail sering disebut pemasaran langsung. Pemasaran langsung adalah teknik pemasaran di mana penjual mengirimkan pesan pemasaran langsung ke pembeli. Direct mail meliputi katalog atau literatur produk lainnya dengan peluang memesan, surat penjualan, dan surat penjualan dengan brosur.

Kelebihan

Pesan iklan ditargetkan untuk mereka yang paling mungkin membeli produk atau jasa. Pemasaran dapat dipersonalisasi sehingga membantu meningkatkan respons positif. Efektivitas kampanye dapat dengan mudah diukur memiliki kontrol penuh atas penyajian pesan iklan. Kampanye iklan tersembunyi dari pesaing sehingga mereka terlambat untuk bereaksi. Keterlibatan aktif dapat diperoleh dari pasar sasaran.

Kekurangan

Beberapa orang tidak menyukai tawaran dalam bentuk surat. Terkadang mereka membuangnya tanpa membuka terlebih dahulu. Sumber daya perlu dialokasikan untuk pemeliharaan daftar. Keberhasilan kampanye semacan ini tergantung pada kualitas.

4. Iklan koran

Koran adalah salah satu media tradisional yang banyak digunakan oleh bisnis. Bisnis besar maupun kecil mengiklankan bisnis mereka di sini.

Kelebihan

Memungkinkan Anda menjangkau sejumlah orang di wilayah geografis tertentu. Anda memiliki fleksibilitas dalam menentukan cerita yang ingin di komunikasikan. Pasaran iklan tidak terbatas, pembaca dapat kembali ke pesan Anda lagi dan lagi jika diinginkan. Bantuan grafis dalam menciptakan dan memproduksi salinan iklan biasanya tersedia. Iklan membantu mencerminkan perubahan pasar. Iklan yang diputuskan untuk dijalankan hari ini dapat berada di tangan pelanggan Anda dalam waktu satu atau dua hari.

Kekurangan

Space iklan bisa mahal. Iklan harus bersaing melawan kekacuan pengiklan lain, termasuk iklan besar yang dijalankan supermarket dan department store serta iklan pesaing. Re-produksi foto yang kurang membatasi kreativitas. Koran adalah media yang berorientasi pada harga, kebanyakan iklan untuk penjualan. Koran biasanya dibaca sekali dan kemudian dibuang. Koran adalah media yang sangat terlihat sehingga pesaing Anda dapat dengan cepat bereaksi. Dengan meningkatnya popularitas internet, koran menghadapi penurunan pembaca dan penetrasi pasar. Semakin banyak pembaca sekarang yang beralih dari versi cetak ke versi online.

5. Iklan majalah

Majalah lebih fokus. Meskipun harga lebih mahal, majalah merupakan alternatif bagi iklan surat kabar. Media ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audience yang sangat bertarget.

Kelebihan

Memungkinkan penargetan pembaca yang lebih baik, karena Anda dapat memiliki publikasi majalah yang melayani audience yang spesifik atau editorial yang mengkhususkan diri dalam topik yang menarik bagi audience. Keterlibatan pembaca tinggi. Itu artinya lebih banyak perhatian kepada iklan Anda. Kualitas kertas lebih baik. Hal ini memungkinkan re-produksi warna yang lebih baik dan iklan lebih berwarna.

Kekurangan

Waktu panjang berarti bahwa Anda harus memastikan rencana beberapa minggu atau bulan sebelumnya. Lead time yang lebih lambat mempertegas risiko iklan Anda dapat disalip oleh kejadian/peristiwa. Ada kebebasan yang terbatas dalam hal penempatan iklan dan format.  Biaya space dan tata letak iklan lebih mahal.

6. Iklan radio

Kelebihan

Radio merupakan media semesta, karena bisa dinikmati di mana saja -- di rumah, tempat kerja, bahkan di dalam mobil. Format acara yang luas menawarkan efisiensi dana periklanan Anda untuk segmen yang dirumuskan secara sempit konsumen yang laing mungkin untuk menanggapi tawaran anda. Memberikan kepribadian bisnis melalui terciptanya promosi yang menggunakan bunyi dan suara. Pertolongan kreatif sering tersedia. Tarif secara umum dapat dinegosiasikan. Dalam waktu sepuluh tahun terakhir ini, tarif iklan radio kenaikannya tidak terlalu signifikan dibanding media lain.

Kekurangan

Karena pendengar radio tersebar di banyak stasiun, Anda mungkin harus beriklan secara bersamaan di stasiun berbeda untuk menjangkau target oemirsa. Pendengar tidak bisa kembali ke poin penting iklan. Iklan merupakan gangguan dalam hiburan. Oleh karena itu, beriklan di radio memerlukan beberapa pemaparan untuk memastikan para pendengarnya "tune-out" dan memastikan retensi pesan. Radio adalah media latar belakang. Kebanyakan pendengarnya mendengarkan sambil melakukan sesuatu. Itu artinya iklan Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan perhatian mereka.

7. Iklan televisi

Kelebihan

Televisi memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang pada tingkat nasional atau regional dalam waktu singkat. Stasiun televisi independen dan kabel menawarkan peluang baru untuk menentukan penonton lokal. Televisi menjadi media yang menggunakan gambar dan suara. Ia menawarkan kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan penglihatan, suara, dan gerak.

Kelemahan

Pesan bersifat sementara, dan mungkin memerlukan beberapa eksposur agar iklan naik di atas keruwetan. Iklan terbatas, kebanyakan iklan hanya tiga puluh detik atau kurang. Hal itu membatasi informasi yang ingin Anda sampaikan. Relatif lebih mahal dalam hal biaya kreatif, produksi dan airtime.

8. Telemarketing

Telemarketing atau penjualan melalui telepon adalah sebuah sistem yang efektif untuk mengenalkan perusahaan kepada calon pelanggan dan mengatur waktu pertemuan.

Kelebihan

Menyediakan tempat di mana Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan calon pelanggan -- menjawab pertanyaan, atau keprihatinan mereka tentang produk, atau layanan Anda. Sangat mudah bagi calon pelanggan menemukan orang yang tepat untuk diajak bicara. Lebih hemat biaya dibanding penjualan langsung. Hasil yang sangat terukur. Meningkatkan efisiensi karena Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan melalui telpon. Alat yang hebat untuk meningkatkan hubungan dan menjaga kontak dengan pelanggan yang sudah ada, serta mengenalkan produk baru kepada mereka. Membuatnya mudah untuk memperluas wilayah penjualan.  Telemarketingmemungkinkan Anda untuk menelepon calon pelanggan lokal, nasional bahkan glonbal.

Kekurangan

Semakin banyak orang yang enggan untuk telemarketing. Lebih banyak orang yang menggunakan teknologi untuk menyaring penelepon yang tidak diinginkan, khususnya telemarketer. Banyak bisnis yang menggunakan telemarketing. Dapat menggunakan jasa dari luar, ada kekurangan pengendalian karena yang melakukan panggilan bukan karyawan Anda mungkin perlu menyewa seorang profesioal untuk menyiapkan sebuah script yang dikarang dengan baik dan efektif. Biaya  bisa sangat mahal jika menggunakan jasa dari luar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun