Mohon tunggu...
Jihan fadillah
Jihan fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Artikel Mini Riset di SD Islam Imam Syafi'i Kisaran

23 Januari 2023   20:14 Diperbarui: 23 Januari 2023   20:27 598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh :

 Zainal Abidin S.Ag. MM.

Jihan Fadillah (083125511937)

 Ayu Sindi (085371449178)

Annisa Khairani Sitorus (085270200928)

 Asy Sara (085264127462)

Adelia Nurhafni (081274272512)

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Daar Al-Uluum Asahan-Kisaran, Jalan Mahoni (Sibogat), Kisaran Sumatera Utara

*Penulis Korespondensi: E-mail: Fadillahjihan092@gmail.com

Abstrak :  Tujuan penelitian ini Untuk melihat dan memperhatikan serta menerapkan bagaimana dan apa saja upaya yang telah dilakukan baik itu oleh pihak sekolah maupun pendidik untuk mensukseskan proses pembelajaran yang berlangsung selama ini di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN. Dan juga sebagai pembuktian dari teori-teori yang telah kami angkat di makalah sebelumnya yaitu tentang "unsur-unsur pendidikan"

Kata kunci :  Guru, Penyuluhan, Metode, Lingkungan

Abstrak : The purpose of this study is to see and pay attention and apply how and what efforts have been made by both the school and educators to make the learning process successful so far at SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN. And also as proof of the theories that we have raised in previous papers, namely about "educational elements".

Keywords : Teachers, Extension, Methods, Environment

PENDAHULUAN

Keberhasilan pendidikan dipengarui oleh perubahan dan pembaharuan dalam segala unsur-unsur yang mendukung pendidikan. Adapun unsur tersebut adalah siswa, guru, alat dan metode serta materi dan lingkungan pendidikan. Semua unsur tersebut saling terkait dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Keberhasilan pendidikan tentunya tidak lepas dari belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar dibutuhkan motivasi dalam belajar.

Perkembangan dunia pendidikan dari tahun ke tahun mengalami perubahan seiring dengan tantangan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di era global. Salah satunya adalah permasalahan yang dihadapi oleh bangsa kita adalah masih rendahnya kualitas pendidikan pada setiap jenjang. Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran serta perbaikan sarana dan prasarana pendidikan. Namun demikian mutu pendidikan yang dicapai belum seperti apa yang diharapkan. Perbaikan yang telah dilakukan tidak ada artinya jika tanpa dukugan dari guru, orangtua, siswa dan masyarakat.

Tujuan diselenggrakannya pendidikan formal adalah sebagai berikut : membantu lingkungan keluarga untuk mendidik dan mengajar, memperbaiki, memperluas pengetahuan dan tingkah laku peserta didik yang di bawa dari keluarga serta membantu pengembangan baka

Sebagaimana yang tertera dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional Pasal 1 Ayat 13 dijelaskan bahwa jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, non formal dan informal yang dapat saling memperkaya dan melengkapi. Dari UU di atas kita tahu antara tiga jalur pendidikan tersebut berkaitan dan berfungsi untuk saling melengkapi. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang memiliki kurikulum dan perencanaan yang sistematis memiliki beberapa fungsi antara lain :

Membantu lingkungan keluarga dalam mendidik dan mengajar tingkah laku anak sebagai peserta didik, memperbaiki dan memperluas pengetahuan yang mereka miliki, dan juga mengembangkan bakat mereka.

Mengembangkan kepribadian peserta didik melalui kurikulum yang ada, antara lain :

Peserta didik dapat bergaul dengna lingkungan sekolah dan juga dengan masyarakat sekitar.

Membiasakan pesserta didik untuk taat kepada peraturan dan kedisiplinan.

Mempersiapkan peserta didik untuk terjun di masyarakat sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Sedangkan tujuan pengadaan lembaga pendidikan formal adalah :

Sebagai tempat sumber ilmu pengetahuan

Tempat untuk mencerdaskan bangsa

Tempat untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan sebaai bekal hidup di masyarakat.

METODE PENELITIAN

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kulitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi (pengamatan), dengan sumber data utama adalah para pendidik dan peserta didik di SD IMAM SYAFI'I KISARAN.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Proses penyuluhan bahan ajar di SD IMAM SYAFI'I KISARAN

Sebagaimana yang di ketahui bahwa penyuluhan bahan ajar adalah suatu kegiatan mendidik sesuatu kepada individu maupun kelompok yaitu dengan memberi pengetahuan untuk mensukseskan proses pembelajaran.

Penyuluhan bahan ajar inidi laksanakan dengan tujuan agar penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran tidak monoton dan tidak menimbulkan rasa bosan kepada siswa. Dampak dari kegiatan penyuluhan bahan ajar ini dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam menyusun bahan ajar yang inovatif sehingga bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran.

Nah, kemudian bagaimana proses penyuluhan bahan ajar yang di lakukan oleh SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN ?

Jadi, menurut hasil pengamatan kami ada beberapa cara atau proses yang dilakukan oleh pihak sekolah SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN untuk mensukseskan proses pembelajaran yaitu sebagai berikut :

Pemaparan materi

Di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN sendiri memiliki keunggulan yang saat ini sedang di terapkan agar menjadi sebuah identitas SD tersebut, yaitu Tahfdizul Qur'an dan Bahas Arab yang saat ini sedang dijalankan agar menjadi bahasa pengantar setelah bahasa Indonesia.

Oleh karena itu di karenakan hal tersebut pihak sekolah menjadwalkan adanya penyuluhan bahan ajar bahasa Arab yang di laksanakan pada hari sabtu pukul 13.00 WIB setiap pekannya. Proses penyuluhan bahan ajar bahasa Arab ini yaitu meliputi pemaparan materi-materi yang akan di sampaikan kepada siswa saat KBM pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan di sekolah, contohnya yaitu seperti penggunakan kata kerja, isim dan mufrodat-mufrodat yang akan di hafalkan kepada siswa.

Selain itu pada proses penyuluhan bahan ajar ini juga pemapran materi-materi seputar istilah-istilah kalimat yang digunakan kesehariannya, seperti kalimat izin, permintaan maaf, meminjam barang dan lan sebagainya. Hal ini bertujuan bukan hanya agar siswadapat menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar kedua tetapi juga menjadikan guru sebagai role model yang dapat menjadi acuan siswa untuk menerapkan penggunaan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam artian ketika siswa diharapkan untuk bisa maka guru harus selangkah lebih bisa daripada yang di harapkan kepada siswa.

Kajian pendidikan

Di SD ISLAM IMAM SYAFI' KISARAN selama beberapa tahun belakangan sering melaksanakan kajian pendidikan dengan mengundang pengisi materi baik dilakukan secar offline maupun via zoom. Nah di dalam kajian pendidikan ini guru-guru di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN mendapatkan berbagai macam metode ataupun media yang dapat digunakan kepada peserta didik agar pembelajaran tidak terkesan membosankan.

Dalam kajian pendidikan ini juga membahas tentang bagaimana karakter anak yang sering di jumpai sekarang terutama dalam jenjang SD yang pada umumnya kinestetik, jadi bagaimana cara dalam menghadapi anak kinestetik agar dapat mengikuti KBM dengan baik. Dan biasanya kajian pendidikan penyuluhan bahan ajar ini dilaksanakan terjadwal yaitu satu kali setiap bulannya.

Alat dan metode yang di pakai pendidik SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN

Menurut Barnadib alat adalah "Suatu tindakan  atau perbuatan atau situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan".

Sedangkan metode adalah cara atau proses yang dilakukan pendidik kepad peserta didik dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Lalu, apa saja alat dan bagaimana metode yang digunakan pendidik SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN ?

Adapun alat yang digunakan oleh pendidik SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN yaitu :

Buku ajar (buku paket pegangan siswa)

Papan tulis dan spidol

Infocus (infokus ini tidak digunakan di semua mapel, akan tetapi di gunakan di mapel-mapel tertentu, contohnya seperti mapel siroh nabawiyah, Fiqih)

Speaker mp4 (speaker ini biasanya digunakan pada pelajaran tahfidz sebagai alat untuk memudahkan siswa dalam memuroja'ah hafalan)

Kemudian metode yang di gunakan pendidik SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN yaitu :

Metode ceramah

Metode tanya-jawab

Metode penugasan

Metode talqin (biasanya cara atau metode talqin ini di gunakan pada pembelajaran tahfidzul Qur'an dan hadits)

Metode outdoor ( biasanya materi yang menggunakan metode diluar ruangan ini yaitu meliputi tentang hewan, ciptaan Allah, dan dan penjaskes.)

Lingkungan SD ISLAM IMAM SYAFI'I dalam proses pembelajaran

Dalam mencapai keberhasilan belajar, lingkungan merupakan salah satu faktor penunjang. Tempat dan lingkungan belajar yang nyaman memudahkan siswa untuk berkonsentrasi. Dengan mempersiapkan lingkungan yang tepat, siswa akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan dapat menikmati proses belajar yang siswa lakukan.

Dalam buku dasar-dasar pendidikan yang di kutip oleh Marlina Ghazali :

"Lingkungan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berada diluar diri anak. Dalam artian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar anak, baik berupa benda-benda, peristiwa-peristiwa yang terjadi maupun kondisi masyarakat terutama yang dapat memberi pengaruh kuat kepada anak didik yaitu lingkungan yang mana terjadi proses pendidikan berlangsung dan lingkungan anak-anak bergaul sehari-hari"

Lingkungan belajar merupakan wilayah dengan segenap isinya yang saling berhubungan dengan kegiatan belajar. Lingkungan belajar perlu didesain agar mendukung kegiatan belajar sehingga dapat meningkatkan kenyamanan individu-individu yang menempati lingkungan tersebut untuk melakukan kegiatan belajar.

Dari berbagai pengertian-pengertian lingkungan belajar atau lingkungan pendidikan yang telah di paparkan di atas, maka pengamtan kami terkait dengan lingkungan pendidikan di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN Alhamdulillah terbilang baik.

Lingkungan pendidikan ini dapat meliputi berbagai faktor salah satunya adala bagaimana interaksi antara pendidik dengan peserta didik maupun antar sesama peserta didik. Karena dengan interkasi dan komunikasi yang baik antar warga lingkungan sekolah maka otomatis akan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman yang mana hal tersebut dapat mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Oleh karena itu kami mengamati bahwasanya interaksi antara pendidik dengan peserta didik maupun antar sesama peserta didik di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN Alhamdulillah terbilang baik, hal ini kami lihat dari kepedulian pendidik kepada siswa yang sangatlah tinggi begitupun keperdulian antar sesama siswa yang juga sangat tinggi, contoh sederhana nya seperti di jam istirahat pertama adalah jadwal anak-anak bermain dan memakan makanan ringan, maka jika ada salah seorang siswa yang tidak membawa makanan temannya akan saling berbagi dan makan bersama, begitupun antara pendidik dan peserta didik, jika ada siswa yang tidak membawamakan siang maka hal itu menjadi tanggung jawab guru di dalam kelas agar sang anak makan siang yaitu seperti menelpon wali murid untuk mengingatkan bekla makan siang atau dengna membelikan makanan kepada siswa.

KESIMPULAN

Setelah kami melakukan mini riset di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN, maka dapat di simpulkan hasil dari penelitian pembahasan kami yaitu :

Proses penyuluhan bahan ajar yang dilaksanakn di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN meliputi dua proses yaitu :

Pemaparan materi

Kajian pendidikan

Adapun alat yang digunakan oleh pendidik SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN yaitu :

Buku ajar (buku paket pegangan siswa)

Papan tulis dan spidol

Infocus (infokus ini tidak digunakan di semua mapel, akan tetapi di gunakan di mapel-mapel tertentu, contohnya seperti mapel siroh nabawiyah, Fiqih)

Speaker mp4 (speaker ini biasanya digunakan pada pelajaran tahfidz sebagai alat untuk memudahkan siswa dalam memuroja'ah hafalan)

Kemudian metode yang di gunakan pendidik SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN yaitu :

Metode ceramah

Metode tanya-jawab

Metode penugasan

Metode talqin (biasanya cara atau metode talqin ini di gunakan pada pembelajaran tahfidzul Qur'an dan hadits)

Metode outdoor ( biasanya materi yang menggunakan metode diluar ruangan ini yaitu meliputi tentang hewan, ciptaan Allah, dan dan penjaskes.)

Lingkungan pendidikan yang kami amati di SD ISLAM IMAM SYAFI'I KISARAN Alhamdulillah terbilang baik, hal ini kami lihat dari kepedulian pendidik kepada siswa yang sangatlah tinggi begitupun keperdulian antar sesama siswa yang juga sangat tinggi.

DAFTAR PUSTAKA

Gamal Thabroni.,Pendidikan Formal:Pengertian,tingkat,dan Jenis Program:serupa.id

Uyoh Sadullah, Pengantar filsafat Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2007), h.60

Marlina Gazali, Dasar-Dasar Pendidikan, (Bandung: Mizan, 1998), h. 24

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun