Mohon tunggu...
Yulya Yulimara
Yulya Yulimara Mohon Tunggu... Guru - Guru

Terbuka akan hal-hal positif, Berdamai dengan diri sendiri dan humoris menjadikan hidup lebih nyaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengintegrasikan TPACK Berupa Game Edukasi Wordwall

9 Februari 2024   07:40 Diperbarui: 9 Februari 2024   07:40 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Procedure Text dengan Mengintegrasikan TPACK Berupa Game Edukasi Wordwall 

 

PENDAHULUAN

1. SITUASI

  • Situasi yang melatar belakangi masalah adalah:

Pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata Pelajaran baru bagi siswa kelas VII semester ganjil.  Hal ini menimbulkan asumsi bahwa mata Pelajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing sulit untuk dipelajarari.  Dengan adanya asumsi tersebut, rendahnya penguasaan kosa -- kata serta prakonsep yang terjadi pada Sebagian besar siswa kelas VII, mengakibatkan rendahnya minat siswa untuk belajar sehingga siswa cenderung kurang aktif.    

Media berbasis teknologi digital merupakan hal yang tidak asing bagi peserta didik sebagai Gen Z.  Secara umum mereka terbiasa dan difasilitasi dengan perangkat dan aplikasi aplikasi digital dalam kehidupan sehari-hari.  Hal ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Inggris guna mencapai tujuan pembelajaran.

  • Praktik Baik ini perlu untuk dibagikan dengan alasan:

Selain sebagai pengalaman yang bisa meningkatkan motivasi penulis untuk terus belajar dan mengembangkan diri guna mengoptimalkan pembelajaran, hal ini juga diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi alternatif referensi yang dapat di gunakan oleh pembaca atau rekan guru yang lain.

2. TANTANGAN

2.1. Tantangan dari Peserta Didik

  • Adanya miskonsepsi atau prakonsep yang di bawa oleh siswa bahwa bahasa Inggris adalah Pelajaran baru yang sulit dipelajari
  • Rendahnya penguasaan kosa kata Sebagian besar siswa kelas 7
  • Belum terbiasa berbicara tentang suatu topik dalam pembelajaran pembelajaran

2.2. Tantangan yang berasal dari guru

Belum optimal menganalisis gaya belajar dan karakter siswa serta cenderung mengutamakan penyelesaian materi dari pada proses pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun