Sekedar berbagi pengalaman, siapa tahu para pembaca pernah mengalami hal yang sama yang pernah saya alami tentang gangguan listrik. Beberapa hari sebelum tulisan ini saya buat, masalah gangguan listrik di rumah kembali terjadi. Ini sudah yang ke tiga kalinya gangguan terjadi dan masalah yang sama seperti yang terjadi sebelumnya.Â
Biang keroknya ada pada tiang penyangga di luar rumah. Hal ini diketahui setelah ada perbaikan sebelumnya dari petugas PLN. Namun rupanya gangguan masih terus terjadi. Bisa kapan saja, pagi, siang atau malam tanpa kompromi. Padahal lampu di rumah sebelah baik -- baik saja.
Oh iya, sekedar info saya bekerja dan sekaligus tinggal di kantor studio radio. Bisa dibayangkan bila gangguan listrik sering terjadi, tentu akan berimbas pada kerusakan perangkat elektronik di studio. Apalagi sebuah pemancar radio, rusak kecil bisa fatal akibatnya.
Layanan Pengaduan PLN
Sejalan dengan perkembangan zaman, saat ini beragam aplikasi menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Tidak terkecuali layanan PLN. Dengan hadirnya aplikasi PLN mobile sangat memudahkan pengguna mengakses layanan PLN. Mulai dari pembelian token, instalasi, pengaduan gangguan, dll.
Kembali ke gangguan listrik, terjadi pada suatu malam beberapa hari kemarin tepat saat saya akan mematikan pemancar karena radio sudah tutup siaran. Malam itu juga mulai turun hujan deras, ketika saya menyalakan lampu ruang rekaman, tiba -- tiba lampu seisi rumah padam.
Tak lama diruang pemancar ada bunyi tit ...tit ... tit ... terus berbunyi berulang -- ulang mirip bunyi granat di film yang akan meledak. Sementara itu ada juga nyala lampu merah kecil dibawah berkedip -- kedip. Hiiihhh .... tentu saja saya sangat panik bukan main. Langsung saya matikan daya listrik di mesin pemancar supaya lebih aman.
Dengan penerangan lilin, saya pun mencoba membuat laporan gangguan listrik di aplikasi PLN mobile. Setelahnya, muncul keterangan laporan yang saya buat, menjelaskan proses tunggu maksimal tiga jam dan perbaikan dilakukan sesuai kondisi di lapangan.
Hujan makin deras malam itu. Beberapa jam kemudian ada telepon whatsapp masuk dari petugas PLN memberitahu bahwa saya harus menunggu dulu sampai hujan reda. Saya sedikit lega dan mengiyakan saja menunggu petugas datang.
Waktu berlalu, sambil menunggu saya menonton tournament olah raga di handphone. Kembali beberapa jam Petugas PLN menghubungi saya dan menegaskan akan datang bila  hujan reda. Baiklah, saya maklumi memang hujan semakin malam semakin deras.
Masih sambil menonton pertandingan olahraga di handphone, secara berkala saya terus pantau progres pengaduan saya di aplikasi PLN mobile. Terlihat pada fitur pengaduan proses petugas masih dalam perjalanan. Baiklah saya tunggu saja.