- PEMBAHASAN
- 2.1 Kulit Ikan PariÂ
- Â Â Â Kulit ikan pari atau nama saintifiknya Gymura spp./Dasyatis spp, merupakan primadona baru bagi pecinta seni kulit. Dengan karakter permukaan kulit berupa butiran mirip mutiara menempel pada bagian tengah kulit, merupakan daya tarik tersendiri saat diaplikasikan menjadi sebuah karya seni. Kulit ikan pari sangat digemari di Thailand, Korea Selatan, Cina, Jepang, dan Italia. Peluang ini ditangkap oleh pemilik IKM White Blue dengan menggeluti bidang penyamakan kulit ikan pari.
Sumber : Tokopedia
Setelah mampu menghasilkan produk baru, maka IKM juga harus memiliki kemampuan memasarkan produk tersebut. Maka dilakukan pendampingan komersialisasi untuk produk memastikan produk IKM dapat sampai ke pasar. Mengingat pangsa pasar yang dituju adalah pasar ekspor maka diperlukan strategi pemasaran yang mampu menjangkau wilayah yang luas. Pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pemasaran atau dikenal dengan e-marketing dirasa menjadi salah satu solusi yang tepat. Chaffey (2009) menyatakan bahwa internet marketing merupakan eksternal perspektif mengenai penggunaan internet bersamaan dengan media tradisional untuk memberikan layanan kepada pelanggan. Internet marketing juga disebut sebagai pemasaran web, pemasaran online atau pemasaran produk atau jasa melalui internet (Shukla, 2010). Diharapkan dengan penggunaan e-marketing bagi perusahaan mampu menjangkau berbagai konsumen dengan cakupan luas.Â
2.1.1Deskripsi Ikan Pari
   Menurut Anonim (a) (2008), ikan pari merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk sub kelas Elasmobranchii. Ikan ini dikenal sebagai ikan batoid, yaitu sekelompok ikan bertulang rawan yang mempunyai ekor seperti cambuk. Kedudukan taksonomi ikan pari adalah sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
 Filum    : Chordata
Subfilum : Vertebrata
 Kelas    : Chondrichtyes
 Subkelas : Elasmobranchii
Famili    : Dasyatidae
Species   : Dasyatis sp.
      Bagian ini akan menjadi keras dan tegang apabila ikan pari merasa terancam, membentuk seperti pisau bergerigi dan memiliki bisa yang mengancam pemangsa (Anonim (a), 2009).
   2.1.2  Cara Pembuatan Dompet Ikan PariÂ
Pengerjaan produk kulit dengan konsep handmade memerlukan keahlian khusus. Selama ini sumber daya yang dimiliki IKM White Blue baru sebatas pada tenaga kerja bidang penyamakan dan pemolaan, belum memiliki tenaga kerja terampil bidang pengerjaan produk jadi (penjahitan).
Adapun materi pelatihan meliputi :
a. Teknik Pembuatan Pola
Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar penentuan ukuran dan bagian-bagian pola. Ada 2 materi pola yang diajarkan yaitu pembuatan pola dompet dan pembuatan pola strap jam
Teknik pemotongan bahan
Materi yang diberikan pada hari ke 2 meliputi cara pemotongan bahan sesuai pola yang sudah dibuat. Pada materi ini dijelaskan bagaimana memilih bagian kulit yang baik untuk digunakan sebagai produk, bagaimana memanfaatkan bahan kulit sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan tidak banyak bagian kulit yang terbuang. Proses pemotongan harus dilakukan dengan presisi sehingga sesuai dengan pola yang telah dibuat.
Teknik penjahitanÂ
Proses penjahitan dilakukan untuk menggabungkan 2 bagian kulit. Jahitan harus lurus dan rapi. Maka diajarkan bagaimana teknik menjahit dengan metode handmade, dimulai dengan pembuatan garis jahit , pembuatan lubang jahit dan penjahitan dengan cara manual menggunakan 2 jarum jahit.
Teknik pengerjaan tepian dan teknik finishing
Proses finishing dompet antara lain merapikan bagian sisi dompet bekas proses cutting, dilakukan pengamplasan dan pelapisan dengan wax sehingga tepian rapi. Kerapihan dan sentuhan estetika dalam finishing dompet harus dicurahkan setiap sisi karena merupakan salah satu faktor keindahan dompet
Pembuatan strap jam handmade
Pembuatan strap jam hampir sama dengan pola pembuatan dompet yang membedakan yaitu bentuk pola dan ukuran standar untuk pola strap jam. Perbedaannya pada tahap finishing. Strap jam yang telah selesai proses penjahitan dilakukan proses pengamplasan dan proses pelapisan wax pada sisi-sisi strap. Setalah semua proses tersebut dilakukan tahap terakhir adalah pemasangan buckle sesuai ukuran strap yang dibuat.
   2.2   Analisis KonsumenÂ
Produk yang sudah jadi dipasarkan kepada reseller dan konsumen  proses produksi (pemilihan kualitas bahan baku, pembuatan desain, pengguntingan pola, penggrendaan, penghalusan, pengecatan, pemotongan pola, pembentukan produk, penjahitan, finishing) kemudian dipasarkan dengan jangkauan lokal, nasional, regional dan internasional. En't Stingray Product memperoleh kulit samak dari Yogyakarta sebanyak 400 lembar/bulan. Kulit samak diolah menjadi produk dompet laki-laki (100 buah/bulan) dan wanita (70 buah/bulan), gantungan kunci (100 buah/bulan) Produk yang sudah jadi dipasarkan kepada reseller dan konsumen
.
   2.2.1 Kebutuhan KonsumenÂ
      konsumen merupakan hal yang penting dalam pemasaran karena berhubungan erat dengan keberhasilan industri untuk mencapai tujuannya yaitu keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen atas dasar preferensi konsumen (Yanuasti 2016). Preferensi konsumen terhadap atribut mutu produk kulit pari merupakan salah satu data yang dapat digunakan dalam mengevaluasi aspek pasar dari industri kerajinan produk kulit pari. Responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan konsumen atau pemakai produk kulit pari  produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen adalah dompet laki-laki. Karakteristik responden tentang uji kesukaan menunjukkan bahwa sebagian besar responden sudah mengetahui produk kulit pari tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan industri cukup efektif dengan jangkauan distribusi yang masih terbatas lokal, oleh karena itu, masih diperlukan strategi pengembangan pasar.
   2.2.2  Segmentasi PasarÂ
- Â Â Segmentasi Geografis
- Segmentasi kelayakan usaha dilakukan untuk mengetahui apakah usaha kerajinan produk kulit pari ini mendatangkan keuntungan atau tidak. Analisis ini menggunakan asumsi sebagai berikut. Umur proyek ditetapkan selama 10 tahun karena dianggap dapat mempresentasikan kondisi usaha yang dijalankan, biaya investasi di asumsikan dikeluarkan pada tahun ke-0, daftar nilai investasi awal (lahan atau bangunan dan peralatan produksi) adalah harga sekarang (2017).
- Segemntasi Demografis
         Berdasar umur konsumen dompet ikan pari  ini dapat dipakai oleh berbagai kalangan dari segala umur mulai dari anak kecil hingga dewasa.  Tetapi yang dominan yaitu dewasa terutama pria  dewasa.
- Segmentasi Psikografis
- Dompet ikan pari ini menargetkan konsumen yang biasa beraktivitas diluar rumah, karena  konsumen yang biasanya beraktivitas diluar rumah seperti bekerja merupakan konsumen yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menghabiskan waktu dirumah. Inilah yang membuat para konsumen ini terbiasa membeli dompet yang cukup bagus dan simple dan mudah untuk di pakai serta cocok untuk acara formal atau no formal.Â
- Segmentasi Pasar Pelaku
- Dompet ikan pari ini menargetkan kepada konsumen yang menyukai koleksi dompet yang simple da unik. Diharapkan dengan adanya dompet ikan pari  ini dapat menjadi salah satu perubahan gaya hidup dalam fashion jaman sekarang.
   2.3   Analisis PasarÂ
Bentuk pasar dari produk nugget ikan tenggiri kami ini adalah pasar oligopoli, sebab hanya ada beberapa penjual saja yang memasarkan produk dompet ikan pari, selain itu untuk menguasai harga dan menarik konsumen, produk kami menggunakan bentuk-bentuk dan warna yang menarik yang unik serta menawarkan bentuk  dan juga warna yang berbeda dengan yang lainnya.
- Bentuk PasarÂ
- Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu pasar persaingan tidak sempurna. Teori pasar persaingan monopolistik ini dikembangkan karena adanya ketidakpuasan pada analisis model persaingan pasar sempurna ataupun pasar monopoli.
- Pasar persaingan monopolistik ini adalah pasar dengan banyaknya para konsumen yang menghasilkan suatu komoditas yang berbeda-beda dan bisa disebut juga sebagai pasar yang adanya banyak penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan banyak produk yang berbeda-beda dalam hal kualitas, bentuk, dan juga ukuran produk tersebut.
- Dasar PersainganÂ
- 1. Identifikasi Pesaing
- a) Rival
- Berikut merk produk pesaing sesama produk dompet  diantaranya:
- - Dompet kulit buaya
- - Dompet kulit ilan lainnya
- 1. Jumlah Pesaing
- Diluaran sana memang sudah banyak orang yang menawarkan produk dompet dari kulit hewan lainnya bukan hanya 2 atau 3 saja melainkan puluhan produk yang ditawarkan, akan tetapi produk dompet ikan pari ini  berbeda dengan dompet ikan  lainnya karena motifnya sangat menarik dan kekinian.
- 3. Lokasi Perusahaan pesaing
- Lokasi untuk dompet ikan pari ini berada di Bandung, Jawa Barat. Sementara salah satu contoh lokasi perusahaan pesaing yang memiliki cabang di yogyakarta yaitu home made terkenal.
- Perencenaan PemasaranÂ
- Perencanaan pemasaran dompet ikan pari ini yaitu Tersebar di Market Place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.
- Target Pasar yaitu ibu rumah tangga, serta pelajar dan mahasiswa
- Rancangan  ProdukÂ
- 1. Rancangan Produk
- a) Bentuk
- b) warna
- c) Ukuran
- d) packaging
- Produk hasil kerajinan ikan menjadi dompet dengan bentuk yang unik serta warna yang menarik  karena dapat memberikan nilai tambah bagi produk ikan untuk lebih mendapatkan keuntungan bagi produsen.
   2.4.2 Penentuan HargaÂ
       Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para masyarkat menengah ke bawah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas barang, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata karena harus ssesuai sama produk yang dijual.
- Promosi
       Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha.Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut.Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya, Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan dompet promosi ini bermaksud maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
- DistribusiÂ
-    Distribusi penjualan dompet yaitu saluran yang pertama untuk wilayah pemasarannya wisata atau pasar . Saluran kedua untuk wilayah pemasarannya pasar dan mall . Jumlah penjualan dan nilai penyaluran untuk perbulan untuk masing-masing saluran yaitu saluran pertama dengan jumlah 20  dompet  dengan harga satunya yaitu Rp.80.000.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H