Suatu saat pembelajaran matematika  dilakukan lewat whatsapp grup.  Di akhir pembelajaran, bu guru memberikan pertanyaan pada siswa untuk mengecek pemahaman.  Hari itu materinya adalah operasi hitung bilangan bulat.
Bu guru: Â Untuk mengecek pemahaman kalian tentang operasi hitung bilangan bulat hari ini, Â berapakah hasil dari (12+15):3?
Dalam waktu bersamaan beberapa jawaban langsung masuk.
Siswa A : 27 : 3= 9
Siswa B: 9..
Siswa C : 9 Bu..
Bu guru (sambil tersenyum puas) : Pintar semua. Pertanyaan berikutnya, berapakah hasil dari 24:6x2?
Siswa perlu waktu beberapa detik untuk berpikir. Â Dan seperti pada pertanyaan pertama beberapa jawaban masuk hampir bersamaan .
Siswa C : 8
Siswa D : delapan
Siswa E : 8 Bu..
Siswa F : Pasti 8!
Bu guru : Bagus anak-anak. Â Siswa C, D, dan E benar, Â tapi F masih belum benar. Kira-kira dimana kesalahannya?
Tidak ada jawaban. Â Siswa F diam sambil berpikir keras. Â Jawabannya 'kan sama-sama 8. Kok bisa salah?Â
Diam- diam siswa F dijapri oleh ketua kelasnya.
Ketua kelas : Eh, Â kalau ngomong sama bu guru yang sopan.. Â Jangan membentak begitu.
Siswa F : Lho, Â ku tidak membentak.. Â Aku terlalu bersemangat saja..
Ketua kelas : Buktinya cuma jawabanmu yang salah?
Siswa F terdiam. Â Mungkin benar juga ya? Â Sama- sama delapan mengapa dia sendiri yang salah? Waduh, Â tidak enak juga jika dianggap siswa yang tidak tahu sopan santun. Â Cepat-cepat siswa F menulis di grup.
Siswa F : Bu, Â benarkah jawabannya 8 ?
Bu guru : Pintar, benar sekali.
Siswa F : Mohon maaf atas ketidak sopanan saya sehingga jawaban yang semula salah. Â Saya bukan membentak, tapi semangat Bu..
 Bu guru tidak segera menjawab, lalu mengetik agak lama.  Siswa F sudah mulai deg-deg an.  Yang lain juga menyimak penuh rasa ingin tahu.
Akhirnya jawaban yang ditunggu- tunggu muncul juga.Â
Bu guru: Jawaban siswa F yang pertama tidak benar bukan karena kurang sopan.  Dalam matematika tanda seru (!) berarti faktorial.  n! artinya perkalian mulai dari 1 sampai bilangan n.  Jadi jika siswa F menjawab 8! Itu artinya 1.2.3.4.5.6.7.8.= 40.320. Tidak ada kaitannya dengan sopan atau tidak..  (emoticon senyum)
Siswa F menghela nafas lega.Â
Siswa F : terima kasih Bu, Â (emoticon malu)
Ketua kelas diikuti siswa yang lain : wk.. wk.. Â Terima kasih, Bu.
Pembelajaran diakhiri dengan satu pesan dalam benak F dan anak-anak yang lain.  Hati-hati chatting dengan guru matematika, karena tanda  bisa memiliki makna yang berbeda.
Salam matematika :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H