Mohon tunggu...
YUHANA NOFIKA
YUHANA NOFIKA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN SUSKA

Bercerita

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Analisis Implementasi Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini

11 Desember 2024   00:47 Diperbarui: 11 Desember 2024   00:47 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Abstrak

Perkembangan motorik kasar anak usia dini sama pentingnya dengan aspek perkembangan yang lain. Apabila anak tidak mampu melakukan gerakan fisik dengan baik akan menumbuhkan rasa tidak percaya diri dan konsep diri negatif dalam melakukan gerakan fisik serta akan mengalami keterbatasan dalam hal melakukan aktivitas sehari-hari. Perkembangan motorik kasar anak akan berkembang dengan baik apabila diberikan stimulus yang mampu mendorong anak untuk bergerak, salah satu cara untuk mengembangkan motorik kasar adalah dengan kegiatan latihan gerak dan lagu. Kegiatan latihan gerak dan lagu dapat mempengaruhi semua bidang aspek perkembangan anak terutama perkembangan motorik kasar anak. Kegiatan latihan gerak dan lagu dilakukan untuk mengembangkan motorik kasar pada anak, Sehingga nantinya mampu membantu perkembangan motorik kasar anak agar tidak kaku, lincah dan anak lebih luwes dalam melakukan kegiatan yang nantinya akan berguna untuk kegiatan sehari-hari.

Kata kunci : Gerak dan lagu, Kemampuan motorik kasar

Abstract

Early childhood gross motor development is as important as other aspects of development. If a child is unable to carry out physical movements well, it will develop a sense of lack of self-confidence and a negative self-concept in carrying out physical movements and will experience limitations in carrying out daily activities. The development of children's gross motor skills will develop well if they are given stimuli that can encourage children to move. One way to develop gross motor skills is with movement exercises and songs. Movement and song training activities can influence all aspects of a child's development, especially the development of a child's gross motor skills. Movement and song training activities are carried out to develop gross motor skills in children, so that later they can help the development of children's gross motor skills so that they are not stiff, agile and children are more flexible in carrying out activities which will later be useful for daily activities.

Keywords : Movement and song, Gross motor skills

PENDAHULUAN 

Masa usia dini merupakan masa peletak dasar atau pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa yang diterima anak pada masa usia dini, apakah itu makanan, minuman, serta stimulasi dari lingkungan memberikan kontribusi yang sangat besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa itu dan berpengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya (Gerak et al., 2020)

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar dan menempati kedudukan sebagai golden age dan sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia, hal ini sebagaimana dikemukakan Direktorat PAUD dikutip (Na'Im et al., 2021). Disebut golden age, karena anak usia dini berada pada masa lima tahun pertama yang merupakan masa emas perkembangan anak. Anak pada usia tersebut mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangannya, termasuk perkembangan fisik-motoriknya

Perkembangan anak usia dini sifatnya holistik, yaitu dapat berkembang optimal apabila sehat badannya, cukup gizinya dan didik secara baik dan benar. Anak berkembang dari berbagai aspek yaitu berkembang fisiknya baik motorik kasar maupun halus, berkembang aspek kognitif, aspek Bahasa, aspek sosial dan emosional. Perkembangan motorik kasar merupakan hal yang sangat penting untuk distimulus  bagi anak usia dini. Sebenarnya anggapan bahwa perkembangan motorik kasar akan berkembang dengan secara otomatis dengan bertambahnya usia anak, merupakan anggapan yang keliru. Karena perkembangan motoric kasar anak juga harus distimulus dengan baik.

Menurut (Irwansyah et al., 2021) bahwa perkembangan motorik kasar pada anak perlu adanya bantuan dari para pendidik di lembaga pendidikan usia dini yaitu dari sisi apa yang dibantu, bagaimana membantu yang tepat/appropriate, bagaimana jenis latihan yang aman bagi anak sesuai dengan tahapan usia dan bagaimana kegiatan fisik motorik kasar yang menyenangkan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun