RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDIFERENSIASI
MODA DALAM JARINGAN (DARING)
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Nama Pembuat       : Yudi Hamdan Dardiri, S.Pd., M.Pd.
Identitas Sekolah     : SMP Negeri 2 Talaga
Mata Pelajaran       : Matematika
Materi Pokok         : Himpunan
Kelas / Semester      : VII/Ganjil
Alokasi Waktu        : 2 JP
A. Â KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual.
3.4.1 Menjelaskan pengertian himpunan.
3.4.2 Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan.
3.4.3 Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan.
4.4.1 Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan.
4.4.2 Membuat hasil karya bisa berupa gambar, Tulisan, rekaman, video presentasi hasil pemahaman konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan.
B. Â TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi, tanya jawab dan mengamati rekaman peserta didik dapat:
- Menjelaskan pengertian himpunan dengan tepat.
- Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan dengan benar.
- Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan dengan benar.
- Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan dengan benar.
- Membuat hasil karya bisa berupa gambar, Tulisan, rekaman, video presentasi hasil pemahaman konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan secara kreatif dan inovatif.
C. Â MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media Belajar
Sumber Belajar
Laptop/ Smartphone
Recording
Zoom
Google form
Buku siswa Matematika Kelas VII semester 1
LKPD
Handout
D. Â KEGIATAN PEMBELAJARANÂ
Persiapan
- Guru menyajikan daftar dan membagikan hasil pengolahan data instrument gaya belajar yang diisi sebelumnya di room chat.
- Guru memetakan kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan profil belajar peserta didik.
- Peserta didik melihat hasil pengolahan data instrument gaya belajar dan mengatahui jenis gaya belajar apa yang mereka miliki.Â
- Peserta didik mengisi presensi on line yang dishare guru di room chat dengan link http://gg.gg/absensionlinesmpn2talaga.
Pendahuluan
- Salam dan doa bersama
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
- Guru membagikan rekaman untuk anak auditori tentang kumpulan hewan. (DK)
- Guru membagikan pdf berisi gambar-gambar kumpulan makanan yang disajikan di meja hidangan di suatu restoran untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar visual. (DK)
- Guru meminta anak yang kinestetik untuk bertanya kepada orang tuanya terkait silsilah keluarga dari garis nasab kakek dan nenek. (DK, DPs)
- Peserta didik mencatat hasil pengamatan gambar-gambar, menyimak rekaman audio yang dibagikan guru dan hasil bertanya kepada orang tua di lembar observasi yang dibagikan guru. (DPs, DPr)Â
- Guru meminta beberapa peserta didik untuk mempresentasikan hasil observasi dan membahasnya di forum diskusi virtual zoom meeting untuk menemukan konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan. (DPs, DPd)Â
- Peserta didik mengerjakan LKPD untuk memperkuat pemahaman materi tentang konsep himpunan. (DPs, Â DPd)Â
- Peserta didik melakukan diskusi melalui Group Diskusi WhatsApp dengan dibimbing oleh guru(communication) untuk menyelesaikan LKPD. (DPs)Â
- Peserta didik yang telah Memahami konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan diminta menyelesaikan soal-soal tantangan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik diminta untuk bekerja secara mandiri dan pemeriksaan antar teman.
- Peserta didik yang hanya bisa sebagian memahami konsep himpunan dan dan terkadang masih salah membedakan kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan mendalami materi sendiri. Jika mengalami kesulitan, peserta didik diminta menanyakan kepada bererapa teman di yang dianggap lebih menguasai sebelum bertanya langsung pada guru. Guru akan sesekali mengklarifikasi untuk memastikan tidak ada miskonsepsi. Â
- Peserta didik yang belum Memahami konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan akan mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang konsep himpunan. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini.
8. Sebagai tugas akhir Peserta didik diminta menyajikan hasil karya bisa berupa gambar, Tulisan, rekaman, video presentasi hasil pemahaman konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan atau produk lainnya. (DPd)
PenutupÂ
- Refleksi dilakukan di Group Diskusi WhatsApp.
- Guru menjelaskan kegiatan mandiri yang dilanjutkan di rumah melalui link Google Form yang dikirim lewat Whats App Group (Mandiri).
- Guru mengakhiri pembelajaran daring dengan doa bersama dan salam serta memotivasi peserta didik untuk selalu semangat, bahagia dan menjaga kesehatan dengan melaksanakan protocol kesehatan 5M.Â
Keterangan
LKPD
:
Lembar Kerja Peserta Didik
DK
:
Diferensiasi Konten
DPs
:
Diferensiasi Proses
DPd
:
Diferensiasi Produk
E. PENILAIAN
1. Tehnik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global,Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif.Â
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Produk
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Sikap : terlampir
b. pengetahuan : terlampir
c. Keterampilan : terlampir
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H