Mohon tunggu...
Yudi Hamdan Dardiri
Yudi Hamdan Dardiri Mohon Tunggu... Guru - Matematika

SMPN 2 Talaga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) Berdiferensiasi

12 Juli 2021   19:47 Diperbarui: 12 Juli 2021   20:04 8991
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDIFERENSIASI

MODA DALAM JARINGAN (DARING)

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nama Pembuat            : Yudi Hamdan Dardiri, S.Pd., M.Pd.

Identitas Sekolah        : SMP Negeri 2 Talaga

Mata Pelajaran             : Matematika

Materi Pokok                : Himpunan

Kelas / Semester          : VII/Ganjil

Alokasi Waktu              : 2 JP

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual.

3.4.1 Menjelaskan pengertian himpunan.

3.4.2 Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan.

3.4.3 Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.

4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan.

4.4.1 Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan.

4.4.2 Membuat hasil karya bisa berupa gambar, Tulisan, rekaman, video presentasi hasil pemahaman konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan.


B.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi, tanya jawab dan mengamati rekaman peserta didik dapat:

  1. Menjelaskan pengertian himpunan dengan tepat.
  2. Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan dengan benar.
  3. Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan dengan benar.
  4. Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan dengan benar.
  5. Membuat hasil karya bisa berupa gambar, Tulisan, rekaman, video presentasi hasil pemahaman konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan secara kreatif dan inovatif.

C.  MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

Media Belajar

Sumber Belajar

Laptop/ Smartphone

WhatsApp

Recording

Zoom

Google form

Buku siswa Matematika Kelas VII semester 1

LKPD

Handout


D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN 

Persiapan

  1. Guru menyajikan daftar dan membagikan hasil pengolahan data instrument gaya belajar yang diisi sebelumnya di room chat.
  2. Guru memetakan kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan profil belajar peserta didik.
  3. Peserta didik melihat hasil pengolahan data instrument gaya belajar dan mengatahui jenis gaya belajar apa yang mereka miliki. 
  4. Peserta didik mengisi presensi on line yang dishare guru di room chat dengan link http://gg.gg/absensionlinesmpn2talaga.

Pendahuluan

  1. Salam dan doa bersama
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti

  1. Guru membagikan rekaman untuk anak auditori tentang kumpulan hewan. (DK)
  2. Guru membagikan pdf berisi gambar-gambar kumpulan makanan yang disajikan di meja hidangan di suatu restoran untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar visual. (DK)
  3. Guru meminta anak yang kinestetik untuk bertanya kepada orang tuanya terkait silsilah keluarga dari garis nasab kakek dan nenek. (DK, DPs)
  4. Peserta didik mencatat hasil pengamatan gambar-gambar, menyimak rekaman audio yang dibagikan guru dan hasil bertanya kepada orang tua di lembar observasi yang dibagikan guru. (DPs, DPr) 
  5. Guru meminta beberapa peserta didik untuk mempresentasikan hasil observasi dan membahasnya di forum diskusi virtual zoom meeting untuk menemukan konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan. (DPs, DPd) 
  6. Peserta didik mengerjakan LKPD untuk memperkuat pemahaman materi tentang konsep himpunan. (DPs,  DPd) 
  7. Peserta didik melakukan diskusi melalui Group Diskusi WhatsApp dengan dibimbing oleh guru(communication) untuk menyelesaikan LKPD. (DPs) 
  • Peserta didik yang telah Memahami konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan diminta menyelesaikan soal-soal tantangan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik diminta untuk bekerja secara mandiri dan pemeriksaan antar teman.
  • Peserta didik yang hanya bisa sebagian memahami konsep himpunan dan dan terkadang masih salah membedakan kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan mendalami materi sendiri. Jika mengalami kesulitan, peserta didik diminta menanyakan kepada bererapa teman di yang dianggap lebih menguasai sebelum bertanya langsung pada guru. Guru akan sesekali mengklarifikasi untuk memastikan tidak ada miskonsepsi.  
  • Peserta didik yang belum Memahami konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan akan mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang konsep himpunan. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini.

8. Sebagai tugas akhir Peserta didik diminta menyajikan hasil karya bisa berupa gambar, Tulisan, rekaman, video presentasi hasil pemahaman konsep himpunan, kumpulan yang termasuk himpunan, dan kumpulan yang termasuk bukan himpunan atau produk lainnya. (DPd)

Penutup 

  1. Refleksi dilakukan di Group Diskusi WhatsApp.
  2. Guru menjelaskan kegiatan mandiri yang dilanjutkan di rumah melalui link Google Form yang dikirim lewat Whats App Group (Mandiri).
  3. Guru mengakhiri pembelajaran daring dengan doa bersama dan salam serta memotivasi peserta didik untuk selalu semangat, bahagia dan menjaga kesehatan dengan melaksanakan protocol kesehatan 5M. 

Keterangan

LKPD

:

Lembar Kerja Peserta Didik

DK

:

Diferensiasi Konten

DPs

:

Diferensiasi Proses

DPd

:

Diferensiasi Produk

E. PENILAIAN

1. Tehnik Penilaian

a. Penilaian Sikap : Beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global,Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif. 

b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis

c. Penilaian Keterampilan : Produk

2. Bentuk Instrumen Penilaian

a. Sikap : terlampir

b. pengetahuan : terlampir

c. Keterampilan : terlampir

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun