Mohon tunggu...
Yudhi Hertanto
Yudhi Hertanto Mohon Tunggu... Penulis - Simple, Cool and Calm just an Ordinary Man

Peminat Komunikasi, Politik dan Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Book Artikel Utama

Karena "Matra" adalah Mantra Digital

18 Agustus 2023   13:38 Diperbarui: 20 Agustus 2023   01:15 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Viral dan trending! Dua kata tersebut, menjadi urusan penting bagi pengguna media sosial. Baik untuk user komersil institusi maupun individual, tidak terkecuali. Pengelolaan media sosial menjadi vital, memastikan produk barang dan jasa merasuk ke benak audience.

Buku baru itu berjudul, Matra, Creative Writing for Digital Branding, 2023, karya Dr Rulli Nasrullah, MSi seorang akademisi sekaligus praktisi, dan doktor media sosial dari Universitas Gajah Mada. Tentu saja, buku ini merupakan olahan penulis dari pengalaman langsung.

Praktis, buku ini bukan textbook yang mengedepankan kedalaman teori, melainkan model tutorial yang dapat dipergunakan oleh para pembacanya. Terutama bagi yang tertarik untuk memahami cara kerja dan mendapatkan metode terbaik dalam bermain media sosial.

Pada buku setebal 68 halaman yang penuh warna-warni, dan dilengkapi dengan ilustrasi contoh dan praktik ini, kita mendapatkan pengetahuan yang padat meski ringkas. Luar biasa, berminat untuk melakukan pemesanan bisa melalui akun Instagram @kangarul.

Menurut pakar media sosial tersebut, era media sosial menempatkan"content is king" sesuai tuturan Bill Gates (1996), karena itu upaya untuk mendapatkan atensi dari para pengguna adalah tujuan utama.

Potensi di media sosial, berdasarkan we are social, lembaga pemeringkat digital, pada 2023 terdapat sekitar 60.4 persen dari populasi penduduk Indonesia, merupakan pengguna media sosial sekurangnya berjumlah 167 juta.

Problemnya kemudian adalah di dunia media sosial terjadi keberlimpahan informasi -overload information, dan hanya konten yang relevan yang mendapatkan perhatian netizen. 

Durasi pengambilan keputusan di media sosial juga terbilang singkat, hanya 1.7 detik. Dengan situasi psikologis itu, maka konten perlu direncanakan dan disusun guna mendapatkan impresi publik.

Meski tidak pernah ada formula atau rumus baku untuk mencapai kesuksesan di media sosial, namun buku panduan Kang Arul, demikian penulis akrab disapa, bisa menjadi resep atau mantra yang membuka potensi serta menciptakan peluang bagi merek -brand untuk dikenal dalam benak khalayak.

Di media sosial, interaksi pengguna -engagement atas sebuah posting konten yang menjadi sumber pertambahan followers merupakan pencapaian signifikan. 

Pola interaksi bisa dimulai dari sekedar like, love, repost hingga berkomentar, kesemuanya merupakan kombinasi dari kerangka meraih ketertarikan di media sosial.

Karena itu, MATRA menjadi penting. Perdefinisi, matra adalah ukuran atau dimensi, dan dalam konteks penulisan kreatif bagi digital branding, dibutuhkan dimensi kreatif konten. 

Kuncinya terletak pada apa yang diterangkan Kang Arul dalam lembar canvas model media sosial, secara special ada di dalam buku tersebut, dengan target mendorong kedekatan merek serta membangun brand awareness.

Bila telah disusun seluruuh matra dengan cakupan pesan, sasaran, target dan nilai tambah serta pemahaman mengenai competitor.

Maka keseluruhan hal tersebut perlu dilengkapi dengan upaya untuk melakukan follow up, serta push to call yang mendorong terbangunnya relasi lanjutan.

Buku ini jadi rekomendasi bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai pemilik merek, baik produk maupun jasa, hingga politisi yang sedang berupaya untuk meraih suara di kontestasi 2024 mendatang, selamat membaca dan mencoba!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun