Nicolaus F. Kuswanto: Mempertimbagkan Pasar Baru Seni Rupa
Di zaman serba internet dan media sosial, setiap kali mendengar share, viral, virtual, mapun online, bagi dunia pasar sebagian besar muaranya adalah transaksi online. Lebih-lebih saat pandemi Covid-19, saat pertemuan antar orang dibatasi protokol kesehatan. Beragam barang ditawarkan, tidak terkecuali benda seni yang memiliki harga tinggi. Permasalahannya untuk urusan karya seni rupa apakah upaya ini berhasil menarik pembeli?Â
Senin (20/7/2020) saya mewawancarai seorang art dealer sekaligus pemilik Galeri Zen1 Nicolaus F. Kuswanto seputar trik dan strateginya membidik pasar baru seni rupa. Nico mengatakan lima tahun terakhir, akibat perekonomian dunia yang tengah melambat, Â pasar seni rupa ikut terkoreksi. Menurut Nico yang juga art dealer di balai lelang baik di Hong Kong dan London yang terus ia ikuti bersama koneksitasnya, menunjukkan kecenderungan yang sama: lesu. Tentu imbas ini juga mempengaruhi pasar di Indonesia.
Awalnya, tahun politik memiliki pengaruh terhadap pasar seni rupa, sebagaimana transaksi di perdagangan scara umum. Semua orang menunggu kegaduhan akibat  tahun politik mereda, kemudian bisa beranjak membaik. Tetapi, begitu sudah menunjukkan pasar bergeliat dengan ditunjukkan oleh maraknya event seni rupa dan berbagai aktivitas pameran dan art fair, pasar seni rupa kembali lesu akibat pandemi Covid-19.
Ini sungguh berbeda dengan isu sentimen anjloknya pasar karena krisis global. Pandemi Covid -19 benar-benar memporak-porandakan sendi ekonomi. Alhasil ekonomi tidak bergerak. "Boro-boro membicarakan pasar seni rupa, membicarakan kebutuhan hidup saja sangat sulit," kata Nico.
Pertanyaan awal dalam berbincangan live di Bali Cap Macan Channel ternyata mendorong saya untuk mengetahui lebih lanjut apakah Nico optimistis terhadap situasi seperti saat ini? Ia dengan tegas mengatakan sangat optimistis, karena peminat karya seni rupa, khususnya yang baru-baru saat ini memiliki banyak waktu luang untuk berfikir mengoleksi karya seni rupa.Â
Tentu, ini bagi mereka yang memiliki simpanan uang dengan kebutuhan pokoknya telah terpenuhi.Situasi pelik ini oleh Nico justru dimanfaatkan dengan berbagai pendekatan dengan menyebar informasi tentang karya dan bidikan akhirnya mereka para eksekutif  muda adalah mengoleksi karya seni. Memang para art dealer untuk saat ini masih belum berani memasang target, namun setidaknya apa yang dilakukan Nico justru dapat menjaring pasar baru dan terbukti secara angka mulai menunjukkan ada reaksi positif.
Ketika ditanya tentang infrastruktur seni rupa, khususnya di Bali yang mendorong pasar, Nico mengapresiasi semuanya berjalan baik, hanya saja masih ada kekurangan dalam sinergitas program. Bali sebagai magnet pariwisata dunia mestinya memanfaatkan koneksitas event seni rupa agar dikelola lebih baik lagi.Â
Event seni rupa di belahan dunia telah membuktikan berhasil menarik wisatawan untuk datang, dan tentunya galeri-galeri seni serta studio seniman lainnya akan ikut menyambutnya. Bali masih perlu terobosan dan kebijakan-kebijakan baru yang melibatkan campur tangan pemerintah daerah.
Nico mengaku sering menerima kritik yang dilontarkan relasinya, kenapa setiap event seni rupa yang bisa menjadi acuan geliatnya seni rupa di Bali kebanyakan tidak berlanjut? "Kritik itu tentu harus dijawab bersama dan bukan menjadi cibiran, melainkan sebagai masukan untuk terus berbenah, dan merealisasikannya menjadi program," tambah Nico.